Manfaat Teripang bagi Kesehatan

Doktersehat-manfaat-teripang
Photo Credit: Flickr.com/riccardo_disipio

DokterSehat.Com – Teripang adalah hewan laut bertubuh panjang yang habitatnya berada di terumbu karang atau ekosistem lamun. Sejumlah penelitian mengungkapkan, teripang ternyata mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin B1, B2, B3 dan Vitamin A.

Selain itu, masih ada berbagai mineral seperti zat besi, kalsium, seng, dan magnesium. Kandungan ini memungkinkan teripang menjadi sumber makanan yang bermanfaat bagi kesehatan. Melihat banyaknya kandungan gizi di dalamnya, apa sajakah manfaat teripang yang bisa didapatkan oleh tubuh?

Dari hasil penelitian para ilmuwan, teripang dianggap memiliki kandungan Cell Growth Factor atau faktor generasi sel. Karena itu, teripang mampu merangsang regenerasi sel dan jaringan tubuh manusia yang telah rusak untuk menjadi normal kembali.

Misalnya pada kasus diabetes melitus, selain diminum teripang juga dapat dioleskan pada luka yang sudah membusuk, bahkan yang nyaris diamputasi. Ini menunjukkan bahwa kandungan yang ada pada teripang mampu bekerja dengan baik sehingga luka dapat pulih kembali dengan cepat.

Senada dengan hal ini, menurut Dr. Ir. Ahkam Subroto,M.App Sc dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), kandungan protein tinggi pada teripang yang mencapai 86 % baik untuk diberikan pada penderita diabetes. Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya, produksi insulin pun meningkat.

Tentang khasiat teripang untuk penyembuhan penyakit jantung, hal itu dikemukakan oleh dua orang peneliti yaitu Prof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia dan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia.

Mereka menyatakan bahwa kandungan asam docosahexanat (DHA) pada teripang bisa menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Hal ini telah dibuktikan ketika meneliti kandungan asam lemak teripan stichopus chloronotus, hasilnya kandungan DHA teripang relatif tinggi yaitu 3,69 %.

Sementara itu, menurut Prof. Dr. Hassan Yaakob, Phd, dari Universitas Malaysia dalam sebuah penelitiannya menyebutkan, bahwa teripang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mengurangi rasa sakit dan gatal pada permukaan kulit, menurunkan kadar gula, merontokkan racun pada hati, menyembuhkan maag, serta dapat menyembuhkan asma kronis.

Selain itu, teripang juga dapat digunakan untuk bahan perawatan kecantikan dan penyembuh luka bagi para ibu usai bersalin, karena kandungan protein dan kolagen teripang yang tinggi.

Khasiat Teripang untuk Pengobatan Penyakit

Selain beberapa manfaat teripang seperti yang dijelaskan oleh para ahli di atas, terdapat beberapa manfaat teripang lainnya yang Anda harus tahu, di antaranya:

  • Menurunkan risiko kanker

Teripang adalah hewan laut yang kaya akan antioksidan, di antaranya glucosamine dan chondroitine. Keduanya berperan untuk mencegah masuknya berbagai penyakit akibat radikal bebas. Salah satu penyakit yang bisa muncul akibat radikal bebas adalah penyakit kanker. Konsumsi teripang dapat mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Selain itu, teripang juga mengandung berbagai komponen seperti desholothurin A, holothurinoside A, B, C, dan D. Bahan aktif antitumor ini bekerja pada proses petumbuhan sel kanker pada berbagai tahap perkembangan dan juga pada proses metastasis.

  • Menurunkan kadar kolesterol

Semakin tinggi kadar kolesterol jahat dalam tubuh maka risiko munculnya penyakit akan semakin besar, antara lain: penyakit jantung koroner, obesitas hingga penyumbatan pembuluh darah.

Trigliserida merupakan salah satu komponen pembentuk kolesterol. Makin tinggi kadar trigliserida dalam tubuh, maka otomatis kadar kolesterol juga akan meningkat. Pada dinding tubuh teripang terdapat berbagai protein, yaitu glisin, alanin, asam glutamat, dan arginine, yang dapat membantu mengurangi trigliserida dan kolesterol dalam darah.

  • Menjaga kesehatan pembuluh darah

Zat fucosylated chondroitin sulfate (FCS) pada teripang bersifat antikoagulan sehingga mencegah terjadinya pembekuan darah. Manfaat teripang yang bisa Anda dapatkan adalah terjaganya kesehatan pembuluh darah sekaligus mengurangi risiko terjadinya kerusakan jantung

  • Mengatasi radang sendi

Bahan kimia tertentu pada teripang, disebut kondroitin, glukosamin, dan mukopolisakarida ternyata bermanfaat untuk menjaga keseimbangan prostaglandin. Terjaganya  keseimbangan prostaglandin dalam tubuh dapat membantu tubuh menangani gangguan artritis.

  • Membantu mengatasi luka

Manfaat teripang juga bisa Anda dapatkan apabila teripang sudah tersaji dalam bentuk obat. Khasiat teripang yang bisa diberikan adalah mempercepat proses penyembuhan luka luar maupun luka dalam. Selain itu, teripang juga dapat dioleskan langsung untuk membantu membentuk jaringan baru yang rusak karena luka.

Nah, itulah beberapa manfaat teripang yang berguna bagi kesehatan Anda. Karena itu mulai sekarang jangan takut melihat bentuknya dan jangan sungkan-sungkan untuk melahapnya. Selamat mencoba.