Terbit: 28 Januari 2019
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sedang mencari alternatif makanan sehat? Teripang emas bisa jadi salah satu yang patut dipertimbangkan untuk Anda konsumsi. Ada banyak sekali manfaat teripang emas untuk kesehatan tubuh kita, mulai dari menyembuhkan penyakit ringan hingga penyakit berat sekalipun

10 Manfaat Teripang Emas untuk Kesehatan

Mengenal Teripang Emas

Teripang emas adalah hewan laut yang masuk ke dalam jenis Echinodermata. Ini berarti ia sama seperti bulu babi dan bintang laut. Kelebihan teripang emas salah satunya terletak pada kemampuannya untuk melakukan regenerasi sel. Berangkat dari hal tersebut, teripang emas atau gamat emas dianggap mampu untuk menyembuhkan sejumlah penyakit, di samping banyaknya kandungan zat bergizi yang dimilikinya.

Teripang emas termasuk hewan laut yang geraknya lambat. Hewan ini biasanya dapat kita temukan di sekitar pasir dalam laut, dan daerah yang banyak terdapat terumbu karang. Lebih jauh, teripang emas maupun jenis teripang lainnya dalam konteks ekosistem laut memiliki fungsi sebagai deposit feeder dan suspension feeder. Saat ini, tercatat ada sekitar 1250 spesies teripang yang tersebar di seluruh lautan dunia, termasuk teripang emas.

Sebagian besar populasi teripang berada di wilayah Samudera Pasifik termasuk di Indonesia. Bahkan, di area-area tertentu yang jauh dari kegiatan eksploitasi, intensitas kepadatan populasinya bisa mencapai 35 ekor per meter persegi.

Manfaat Teripang Emas untuk Kesehatan

Teripang emas atau gamat emas menyimpan sejumlah khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan dan mencegah serta mengatasi berbagai penyakit yang menyerang tubuh jika Anda mengonsumsinya secara rutin. Manfaat teripang emas untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

1. Menurunkan Kolesterol dan Mengurangi Resiko Jantung

Teripang emas mengandung lemak yang sehat. Oleh sebab itu, hewan laut ini diklaim mampu mengurangi kadar kolesterol yag ada di dalam tubuh. Sebagaimana yang kita ketahui, kolesterol merupakan hal yang tidak boleh dianggap remeh begitu saja. Kadar kolesterol yang tinggi bisa saja menjadi awal dari munculnya penyakit-penyakit lainnya yang lebih serius seperti penyakit jantung dan juga darah tinggi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Prof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia bersama dengan MA Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia, diketahui bahwasanya teripang emas memiliki kadar asam docosahexanat (DHA) yang bisa dikatakan tinggi, yakni mencapai 3,69%. Zat DHA ini merupakan obat yang ampuh untuk mengurangi trigliserida darah yang umumnya menjadi salah satu penyebab dari penyakit jantung.

2. Menyembuhkan Luka Lebih Cepat

Zat Gamapeptide yang mampu meregenerasi sel dengan cepat pada teripang emas juga secara langsung berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan luka. Hebatnya, ini tidak hanya berlaku untuk luka luar, namun juga luka yang terjadi di dalam tubuh. Bentuknya pun bisa berupa pil obat atau salep. Cara mengobati luka dengan teripang emas yakni dengan minum pil atau mengoleskan salep tersebut langsung ke bagian tubuh yang mengalami luka.

3. Membasmi Bakteri dan Virus

Mengonsumsi gamat emas bisa membantu tubuh untuk dapat membasmi infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Sistem kekebalan alami pada tubuh pun diklaim akan meningkat seiring dengan konsumsi teripang emas yang rutin dilakukan. Tak heran, baik penyakit maupun luka bisa sembuh dengan segera jika Anda mengonsumsi teripang emas.

4. Pencegah Kanker dan Tumor

Manfaat teripang emas selanjutnya berkaitan dengan penyakit kronis seperti kanker maupun tumor. Teripang emas memiliki kandungan seperti holothurinoside A, B, C, dan D serta desholoturin A yang mampu bekerja aktif mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker lebih lanjut, termasuk saat terjadinya proses metastatis.

5. Anti Peradangan

Khusus Anda yang mungkin tengah mengalami peradangan seperti peradangan tulang atau disebut juga arthritis, teripang emas bisa jadi solusi jitu untuk mencegah dan mengatasi permasalahan kesehatan yang satu ini. Kandungan zat seperti mukopolysakarida dan glucosamine ditengarai mampu menghasilkan anti radang yang baik.

Pengonsumsi gamat emas akan merasakan nyeri dan sakit yang tidak terlalu parah. Ini dimungkinkan oleh karena zat-zat tersebut bekerja menurunkan prostaglandin yang menyebabkan peradangan tersebut terasa amat menyakitkan.

6. Mencegah Diabetes

Gamat emas juga sarat akan kandungan protein, bahkan persentasenya mencapai 86,8%. Hal ini secara langsung menjadikan teripang emas juga bermanfaat bagi Anda yang mengalami penyakit diabetes. Kandungan protein tersebut dinilai ampuh untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh. Maka dari itu, bagi Anda yang tengah menderita diabetes tidak ada salahnya memasukkan teripang emas ke dalam daftar menu makanan sehat sehari-hari oleh karena manfaat teripang emas juga berkaitan dengan penyembuhan penyakit ini. Protein dalam teripang emas juga bermanfaat bagi kesehatan liver, menjaga tekanan darah, dan meningkatkan massa tulang.

7. Mencegah Gangguan Hati Hingga Alzheimer

Bicara tentang manfaat teripang emas bagi kesehatan tubuh seakan tidak ada habisnya. Satu lagi khasiat gamat emas yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin adalah bisa terhindar dari gangguan liver hingga penyakit seperti Alzheimer sekalipun. Hal ini disebabkan adanya kandungan phenol dan antioksidan yang terdapat pada tubuh teripang emas.

8. Memperbaiki Fungsi Ginjal

Teripang emas juga cocok untuk Anda yang menderita gangguan fungsi ginjal, atau sekedar ingin menjaga ginjal agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Dikutip dari Health Line, manfaat teripang emas bagi ginjal telah dibuktikan oleh sebuah studi terbaru, di mana teripang emas diklaim mampu mengontrol tingkat oksidasi yang berpotensi mengganggu kinerja ginjal.

9. Mengatasi hipertensi

Hipertensi juga merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa diatasi dengan mengonsumsi teripang emas secara rutin. Meskipun fakta ini masih belum kuat pembuktiannya, namun tidak ada salahnya jika Anda yang menderita hipertensi ingin mencobanya membuktikan manfaat teripang emas yang satu ini.

10. Meningkatkan Gairah Seksual

Manfaat teripang emas untuk meningkatkan gairah seksual ini juga belum bisa dibuktikan secara kuat kebenarannya. Seperti pada poin sebelumnya, Anda yang ingin meningkatkanperforma’ di atas ranjang bersama pasangan mungkin bisa mencoba membuktikannya.

Kandungan Gizi Teripang Emas

Teripang emas yang memiliki nama ilmiah Golden Stichoupus Variegatus menjadi satu diantara 1250 jenis teripang yang ada di dunia. Dari 1250 spesies teripang tersebut, teripang emas bersama dengan sejumlah spesies teripang lainnya seperti teripang dongnga (Stichopu Ssp.), teripang koro (Microthele Nobelis), teripang putih (Holothuria Scabra), dan teripang pandan (Theenota Ananas) menjadi spesies teripang unggulan oleh karena banyaknya kandungan zat gizi yang dimiliki, di mana semua zat tersebut memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Zat-zat tersebut antara lain meliputi:

  • Protein
  • Kolagen
  • Omega-3, Omega-6, dan Omega-9
  • Asam Amino
  • DHA
  • Asam Lemak Esensial
  • Glucosamine
  • Philinopside A dan E
  • Chondroitin
  • Cell Growth Factor
  • Antiseptik organik
  • Mineral
  • Gamapeptide
  • Glikosida Keratin
  • Mukopolisakarida

Selain 15 zat di atas, masih banyak lagi kandungan zat bermanfaat yang ada di dalam tubuh seekor teripang emas. Itu dia mengapa spesies teripang yang satu ini diklaim sangat baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, khusus zat Gamapeptide hanya dimiliki oleh teripang emas atau gamat emas, di mana zat ini dinilai ampuh untuk mengatasi sejumlah gangguan kesehatan pada tubuh dan menjaga kesehatan tubuh seperti kulit misalnya. Selain manfaat teripang emas untuk kulit, manfaat lainnya meliputi:

  • Mempercepat regenerasi sel
  • Mencegah Inflamasi
  • Mengurangi rasa sakit
  • Menjaga kelancaran aliran darah

Konsumsi Teripang Emas untuk Tubuh yang Sehat

Manfaat gamat emas atau teripang emas sangat banyak sebagaimana sudah dijelaskan. Tidak hanya penyakit ringan, penyakit berat pun bisa diatasi dengan mengonsumsi gamat emas secara rutin. Akan tetapi, perlu diingat jika hal ini juga harus diimbangi dengan pola makan yang teratur dan gizi yang seimbang. Semoga bermanfaat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi