Tidak Hanya Menyehatkan, Ini 11 Manfaat Temulawak untuk Wajah!

manfaat-temulawak-untuk-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Temulawak adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Rimpang yang satu ini umumnya diolah menjadi minuman yang dipercaya dapat menambah stamina. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan, ternyata terdapat banyak sekali manfaat temulawak untuk wajah yang juga tidak boleh dilewatkan, lho!

Kandungan Temulawak

Temulawak atau yang memiliki nama ilmiah (Curcuma xanthorrhiza) adalah salah satu jenis tanaman dari famili Zingiberaceae atau Temu-temuan. Tanaman temulawak dimanfaatkan bagian rimpangnya dan umumnya diolah menjadi minuman.

Temulawak memiliki bentuk rimpang yang sangat mirip dengan kunyit, namun jika diperhatikan keduanya memiliki beberapa perbedaan. Temulawak memiliki warna kuning-oranye yang lebih kalem dibandingkan dengan kunyit. Terdapat juga perbedaan lainnya mulai dari bentuk daun, aroma, hingga rasa.

Memiliki bentuk yang mirip, kandungan dan manfaat keduanya memiliki kesamaan. Baik kunyit maupun temulawak, sama-sama memiliki manfaat untuk kesehatan hingga kecantikan.

Temulawak memiliki kandungan utama kurkumin yang merupakan salah satu jenis polifelol. Kemudian temu lawak juga memiliki kandungan minyak atsiri yang mengandung berbagai senyawa organik seperti phelandren, xanthorrizol, sineal, turmerol dan borneol.

Selain itu, temulawak juga memiliki kadunagan protein, karbohirat, dan berbagai mineral seperi mangan, besi, kalium, natrium dan magnesium. Berkat semua kandungan senyawa tersebut, temulawak pun banyak diambil manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat Temulawak

Manfaat temulawak untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragunkan lagi, tetapi tentunya berbeda dengan manfaat temulawak untuk kecantikan. Masih banyak orang yang belum mengetahui berbagai macam manfaat temulawak untuk wajah.

Berikut adalah 11 manfaat temulawak untuk wajah yang wajib Anda ketahui!

1. Membantu mengatasi jerawat

Jerawat merupakan peradangan pada wajah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Faktor pemicunya sangat beragam mulai dari faktor hormon, polusi, hingga kebiasaan kurang bersih membersihkan wajah. Munculnya jerawat memang sangat meresahkan karena selain menimbulkan rasa sakit, jerawat juga sering kali merusak penampilan kita.

Manfaat temulawak untuk wajah yang pertama adalah untuk mengatasi jerawat. Temulawak dipercaya memiliki efek antiinflamasi untuk membantu meredakan peradangan jerawat dan membuat jerawat menjadi lebih cepat kering.

2. Menghaluskan wajah

Manfaat temulawak untuk wajah yang kedua adalah menghaluskan wajah. Siapa yang tidak menginginkan wajah yang halus? Wajah yang kasar umumnya disebabkan oleh wajah yang kering. Wajah yang kasar bukan hanya terlihat kurang menarik, tetapi juga membuat kita lebih sulit untuk mengaplikasikan make up.

Perawatan wajah menggunakan masker temulawak secara rutin dipercaya dapat memelihara kulit sehingga kulit pun akan menjadi lebih halus. Wajah pun menjadi lebih segar dan make up akan telihat lebih menyatu dengan wajah.

3. Kulit menjadi lebih cerah

Manfaat temulawak untuk wajah selanjutnya adalah dapat mencerahkan kulit. Temulawak memiki khasiat untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Penumpukan sel kulit mati di wajah memang merupakan salah satu penyebab dari kulit yang kusam dan gelap.

Exfoliating wajah secara rutin untuk mengangkat sel kulit mati sangatlah penting untuk mengemablikan kecarahan kulit. Temulawak dapat membantu proses exfoliating tersebut dan mewujudkan kulit cerah yang Anda impikan.

4. Mengencangkan kulit

Menjaga kekencangan dan elastisitas kulit merupakan hal yang sangat penting. Jika kulit tidak terlihat kencang, maka penampilan seseorang akan terlihat kurang segar dan terlihat lebih tua dari usianya. Mengencangkan kulit bisa dilakukan dengan cara alami yaitu menggunakan temulawak.

Penggunaan temulawak secara rutin dipercaya dapat mengahasilkan kulit yang lebih kencang. Kandungan antioksidan dalam temulawak memiliki peran dalam proses mambantu mengencangkan kulit.

5. Menyamarkan noda hitam

Paparan sinar matahari dan radikal bebas, bekas jerawat, dan gejala penuaan bisa memicu timbulnya noda hitam pada wajah. Jika dibiarkan, noda hitam bisa semakin banyak jumlahnya dan akan semakin sulit ditutupi.

Cara menyamarkan noda hitam bisa dilakukan dengan menggunakan masker secara rutin. Salah satu masker alami yang bisa Anda gunakan untuk membantu menyamarkan noda hitam adalah masker temulawak.

6. Melembapkan kulit

Khasiat temulawak untuk wajah yang tidak kalah penting selanjutnya adalah menjaga kelembapan kulit. Banyak orang yang berpendapat bahwa jenis kulit yang berminyak adalah yang paling bermasalah, tentunya hal ini tidak sepenuhnya benar. Pada dasarnya masalah kulit kering juga tidak bisa dianggap sepele.

Kulit kering lebih rentan terhadap iritasi jika dibandingkan dengan kulit berminyak. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa menjaga kelembapan kulit menjadi sangat penting. Kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik adalah salah satu ciri kulit sehat.

7. Mencegah terjadinya penuaan dini

Khasiat temulawak untuk wajah yang banyak dipercaya selanjutnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Perawatan anti-aging merupakan hal yang penting dilakukan, bahkan ketika baru memasuki usia 20-an.

Terdapat berbagai macam pilihan perawatan anti-aging, tapi jika menginginkan yang paling aman, maka sebaiknya pilihlah perawatan secara alami. Anda bisa memilih temulawak sebagai salah satu perawatan anti-aging.

8. Meremajakan kulit

Gejala penuaan sudah terlanjur muncul? Jangan khawatir! Anda juga bisa meremajakan kulit dengan berbagai macam perawatan. Manfaat temulawak untuk wajah ternyata tidak hanya dapat mencegah gejala penuaan, tapi juga bisa membantu meremajakan kulit.

Perawatan dengan temulawak dapat memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit pun menjadi lebih sehat. Kulit yang sehar akan terlihat lebih segar sehingga Anda pun akan terlihat lebih muda.

9. Menyamarkan bekas luka di wajah

Bekas luka di kulit adalah hal yang mengganggu, terutama jika letaknya di bagian wajah. Khasiat temulawak untuk wajah lainnya adalah dapat membantu menyamarkan bekas luka di wajah. Manfaat temulawak untuk wajah yang satu ini tentunya baru akan menunjukkan hasil jika dilakukan secara rutin dan konsisten.

10. Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang besar bisa menjadi masalah yang serius untuk sebagian orang. Selain sulit untuk ditutupi dengan make up, pori-pori yang besar juga membuat wajah rentan terhadap jerawat. Temulawak bisa menjadi salah satu solusi untuk masalah tersebut karena temulawak dipercaya dapat membantu mengecilkan pori-pori.

11. Antioksidan bagi kulit

Manfaat temulawak untuk wajah yang terakhir adalah dapat menjadi antioksidan alami. Sebagai antioksidan alami, temulawak dapat membantu memelihara kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah kulit akibat radikal bebas yang mungkin menyerang Anda.

Cara Menggunakan Temulawak

Manfaat temulawak untuk wajah bisa didapatkan dengan dua cara yaitu dengan konsumsi sari temulawak atau dengan menggunakan masker temulawak. Pilihlah temulawak bubuk untuk dijadikan masker agar penggunaannya lebih mudah.

Anda juga bisa mencampurkan bahan lainnnya seperti madu, minyak zaitun, hinga lemon untuk bahan masker. Pemilihan bahan campuran bisa disesuakan dengan kebutuhan kulit Anda. Lakukanlah perawatan secara rutin agar lebih efektif.

Perawatan wajah menggunakan bahan alami merupakan perawatan jangka panjang yang hasilnya tidak dapat dirasakan secara instan. Maka dari itu, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam menjalaninya. Setiap perawatan juga mungkin memiliki efek yang berbeda pada setiap orang.

Jika perawatan menggunakan temulawak memberikan efek positif pada wajah Anda, maka Anda bisa melanjutkannya. Apabila yang muncul justru efek negatif, itu tandanya terdapat ketidakcocokan Antara kulit Anda dan temulawak, sehingga lebih baik mencari jenis perawatan lainnya. Selamat mencoba!