11 Manfaat Telur Asin yang Jarang Diketahui

gambar-telur-asin-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah kamu termasuk orang yang suka makan telur asin? Suatu hal yang wajar bila banyak orang yang suka mengonsumsi telur asin karena rasanya yang lezat. Akan tetapi, apakah kamu tahu dibalik rasanya yang lezat terdapat beberapa manfaat telur asin yang bisa membuat kamu terkesan.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut mengenai telur asin. Ketahui apa itu telur asin, kandungan gizi telur asin, manfaat telur asin bagi tubuh, dan informasi lainnya melalui penjelasan di bawah ini.

Apa itu telur asin?

Telur asin adalah telur yang telah mengalami proses pengawetan dengan menggunakan garam sehingga mampu bertahan lama. Bahan utama telur asin yang biasa digunakan oleh produsen adalah telur bebek. Mengapa demikian?

Mengapa telur bebek sering dipakai untuk membuat telur asin?

Sebenarnya, telur asin bisa menggunakan telur ayam sebagai bahan utama. Akan tetapi, hampir semuanya menggunakan telur bebek atau telur itik. Ini dikarenakan telur bebek atau telur itik memiliki kualitas cangkang yang lebih baik dalam menyerap garam sehingga lebih mudah untuk pengawetan.

Selain itu, tekstur yang dimiliki oleh telur bebek lebih kenyal dan rasanya lebih gurih daripada telur ayam. Dalam hal kandungan gizi, telur bebek memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi terutama kandungan protein. Ukuran telur bebek pun lebih besar daripada telur ayam sehingga memiliki kepuasan yang lebih tinggi saat menyantapnya.

Kandungan gizi telur asin

Telur asin yang umumnya menggunakan telur bebek memiliki kandungan gizi yang banyak. Protein merupakan kandungan gizi utama yang ada di dalam telur asin. Kandungan gizi lainnya yang cukup tinggi pada telur asin adalah kandungan kolesterol.

Anda perlu berhati-hati terhadap kandungan kolesterol yang ada di dalam telur asin terutama bagi Anda yang berisiko mengonsumsi kolesterol berlebih. Telur asin juga mengandung asam amino.

Kandungan gizi lainnya yang cukup penting adalah kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda. Telur asin juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin B kompleks, vitamin A, dan vitamin E.

Beberapa mineral seperti zat besi, kalsium, fosfor, sodium, dan magnesium juga ada di dalam sebuah telur asin. Beberapa kandungan gizi tersebut menjadikan telur asin memiliki banyak manfaat.

Manfaat telur asin bagi tubuh

Anda perlu mengetahui bahwa ada beberapa manfaat telur asin bagi tubuh. Selayaknya telur, telur asin memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Penggunaan telur bebek dan serangkaian proses pembuatan telur asin berkontribusi terhadap manfaat telur asin yang hadir.

Berikut ini adalah beberapa manfaat telur asin bagi tubuh:

1. Melakukan regenerasi sel

Manfaat telur asin yang paling umum diketahui adalah meregenerasi sel-sel tubuh yang telah rusak. Kandungan protein di dalam telur asin mampu mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak sehingga sel-sel tubuh yang sehat bisa diproduksi yang berguna bagi tubuh.

2. Meningkatkan massa otot

Telur asin memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang tinggi pada telur asin mampu membangun dan membentuk massa otot sehingga menjadi lebih padat dan kuat.

Inilah sebabnya para atlit atau orang-orang yang memiliki aktivitas fisik tinggi perlu mengonsumsi telur terutama bagian putihnya saja karena kaya akan kandungan protein. Jadi, apabila Anda adalah orang yang aktif secara fisik maka konsumsi telur asin bisa membantu untuk meningkatkan massa otot sehingga tidak mudah lelah.

3. Menjaga kesehatan tulang

Protein yang dikandung oleh telur asin merupakan protein hewani. Manfaat protein hewani ini baik untuk menjaga kesehatan tulang. Konsumsi telur asin akan membuat massa tulang Anda tetap bertahan.

Manfaat telur asin juga bisa untuk mencegah osteoporosis. Hal ini merupakan hal yang penting terutama bagi wanita yang telah menopause. Asupan telur asin bisa menjaga tulang Anda tetap sehat walaupun telah masuk pada masa menopause.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Manfaat telur asin bisa meningkatkan metabolisme yang terjadi di dalam tubuh. Kandungan protein pada telur memberikan energi yang cukup pada sel-sel tubuh untuk mencerna, mendistribusikan, dan memanfaatkan zat-zat gizi dari makanan dan minuman. Ini membuat tubuh mendapatkan manfaat makanan yang baik untuk tumbuh kembang.

5. Mengatasi tekanan darah tinggi

Apakah Anda memiliki masalah hipertensi? Konsumsi telur asin bisa mengatasi masalah tekanan darah tinggi Anda. Manfaat telur asin melalui kandungan protein bisa menurunkan tekanan darah terhadap dinding arteri.

Hipertensi penting untuk diatasi karena bisa memicu penyakit jantung, stroke, dan masalah sistem kardiovaskular lainnya. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi bagian putih pada telur asin bisa menurunkan tekanan darah.

6. Menurunkan kadar lipid darah

Kadar lipid darah seperti kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi tidak baik bagi kesehatan tubuh. Ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi masalah medis lainnya seperti penyakit degeneratif. Kandungan yang ada pada telur asin bisa menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida di dalam darah.

7. Mengatasi masalah anemia

Manfaat telur asin juga bisa mengobati dan mencegah masalah anemia. Kandungan zat besi yang ada di dalam telur asin bisa membantu tubuh untuk mengatasi anemia defisiensi besi. Gejala-gejala anemia seperti pusing, mual, kelelahan, dan lainnya bisa diredakan dengan mengonsumsi telur asin.

8. Membantu perkembangan otak

Manfaat telur asin juga bisa mendukung perkembangan otak. Otak yang berkembang dengan baik adalah dambaan setiap orang. Hal yang dibutuhkan agar otak bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik adalah omega 3.

Telur asin mengandung omega 3 yang membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak. Omega 3 juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya gangguan pada otak. Ibu hamil dan anak-anak perlu mengonsumsi telur asin.

9. Menjaga kesehatan kulit

Ternyata manfaat telur asin tidak hanya untuk kesehatan organ dalam atau tulang saja. Telur asin juga memiliki manfaat untuk kulit. Asupan telur asin bisa menjaga kesehatan kulit. Ini dikarenakan kandungan vitamin E yang ada di dalam telur asin.

Selain itu, vitamin E juga bisa mencerahkan kulit dan menghaluskan kulit. Kulit Anda juga akan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti iritasi, gatal-gatal, ruam, dan lain-lain. Konsumsilah telur asin untuk mendapatkan manfaat tersebut.

10. Menjaga kesehatan mata

Selain kesehatan kulit, telur asin juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A membantu tubuh untuk menjaga mata tetap memiliki penglihatan yang baik. Berbagai masalah mata bisa dicegah dengan asupan vitamin A yang cukup. Anda bisa mendapatkan vitamin A dengan mengonsumsi telur asin.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang baik akan menjaga tubuh tetap fit. Manfaat telur asin bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Di dalam telur asin terdapat selenium yang bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dengan begitu, pengonsumsian telur asin secara rutin mampu menjaga vitalitas tubuh Anda.