Terbit: 26 Juni 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Meski tidak terlalu populer di Indonesia, manfaat teh rooibos sudah cukup populer di beberapa negara. Teh herbal yang berasal dari daun fermentasi semak Aspalathus linear ini adalah tanaman asli Afrika Selatan. Apa saja khasiat teh rooibos bagi kesehatan? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

10 Manfaat Teh Rooibos, Menjaga Kesehatan Kulit hingga Jantung

Apa itu Teh Rooibos?

Teh rooibos adalah teh yang juga dikenal sebagai red tea atau red bush tea. Teh ini dibuat dengan cara memfermentasi semak. Proses fermentasi ini membuat warna semaknya berubah menjadi merah-cokelat. Teh rooibos juga ada yang dibuat tanpa proses fermentasi atau dikenal sebagai green rooibos.

Teh rooibos hijau tanpa fermentasi memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi. Sementara teh rooibos yang difermentasi memiliki rasa yang lebih manis.

Kandungan Teh Rooibos

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat teh rooibos, hal penting yang juga harus Anda tahu adalah kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Berikut adalah berbagai kandungannya:

  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Folat
  • Riboflavin
  • Tiamin
  • Sodium
  • Kalium
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Zinc

Manfaat Teh Rooibos untuk Kesehatan

Bagi beberapa orang, teh rooibos adalah teh yang umumnya dinikmati sebagai alternatif pengganti teh hijau atau hitam. Namun seperti kebanyakan teh lainnya, teh ini memiliki kandungan yang cukup penting yaitu antioksidan, sehingga dipercaya dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Berikut ini adalah berbagai manfaat teh rooibos yang berguna bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Mengurangi Peradangan pada Kulit

Teh rooibos memiliki senyawa antibakteri, vitamin, serta mineral seperti fluorida, zat besi, mangan, magnesium, zinc, kalsium, vitamin D, dan kalium, di mana semuanya dapat membantu meningkatkan tekstur kulit, kesehatan, dan elastisitas.

Jika Anda memiliki jerawat dan eksim, manfaat teh rooibos dipercaya dapat membantu memperbaiki gangguan kulit yang dialaminya dengan mengurangi tingkat peradangan.

2. Melindungi Tubuh dari Efek Radikal Bebas

Manfaat teh rooibos berikut ini memiliki kaitan dengan tingginya kadar antioksidan di dalamnya. Antioksidan di dalamnya dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Dalam jangka panjang, efeknya dapat mengurangi risiko penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Sebuah studi mengungkapkan, manfaat teh rooibos yang bisa didapatkan tubuh karena kandungan antioksidan quercetin and luteolin yang terdapat di dalamnya dapat membunuh sel kanker dan mencegah pertumbuhan tumor. Namun, jumlah dua antioksidan tersebut di dalam secangkir teh sangat kecil. Oleh karena itu, klaim khasiat teh ini mampu mengatasi kanker memerlukan penelitian lanjutan.

4. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Manfaat teh rooibos berikut ini berguna bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes. Teh rooibos adalah satu-satunya sumber alami yang diketahui mengandung antioksidan aspalathin, senyawa yang menurut beberapa penelitian memiliki efek anti diabetes.

Sebuah studi yang dilakukan pada tikus dengan diabetes tipe 2 menemukan bahwa aspalathin menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin, kondisi yang diperlukan bagi orang yang memiliki atau berisiko diabetes tipe 2.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian, manfaat teh rooibos berguna bagi Anda sedang menjalankan program penurunan berat badan karena kemampuannya meningkatkan kadar leptin. Leptin adalah hormon yang membantu mengatur asupan makanan dan mengirimkan sinyal ke tubuh bahwa makanan sudah cukup.

Selain itu, teh rooibos juga dipercaya dapat menghentikan pembentukan sel-sel lemak baru dan mendorong metabolisme lemak lebih cepat.

6. Mengurangi Kerutan

Selain diseduh, teh rooibos juga dapat digunakan secara topikal untuk memperbaiki penampilan kulit dengan mengurangi keriput. Namun, jika teh ini Anda konsumsi seperti biasa, kulit keriput akan tetap ada dan tidak akan berkurang.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah studi mengungkapkan bahwa, konsumsi teh rooibos memiliki efek pada angiotensin-converting enzyme (ACE)—enzim yang terletak di lapisan dalam pembuluh darah yang menyebabkan pembuluh darah menyusut—sehingga meningkatkan tekanan darah.

Studi ini menemukan bahwa satu jam setelah orang minum teh rooibos, kadar ACE nya menurun, di mana hal ini pada akhirnya berguna untuk menurunkan tekanan darah.

9. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, manfaat teh rooibos mendukung sistem pencernaan dengan mengurangi tinja yang encer, menenangkan kejang otot, dan mengurangi sekresi lambung. Kandungan flavonoid seperti quercetin, luteolin, dan lainnya dianggap sebagai komponen yang mendukung kesehatan sistem pencernaan.

10. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Khasiat teh rooibos yang terakhir memiliki kaitan dengan kandungan antioksidan di dalamnya yaitu meningkatkan kesehatan jantung.

Menurut sebuah penelitian, beberapa orang dewasa yang kelebihan berat badan dan berisiko tinggi terkena penyakit jantung—yang mengonsumsi teh rooibos setiap hari selama enam minggu, ternyata kadar kolesterol LDL (low density lipoprotein) menurun dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (high density lipoprotein).

Kadar kolesterol yang sehat memberikan perlindungan tambahan terhadap berbagai kondisi jantung, termasuk serangan jantung dan stroke.

Nah, itulah berbagai manfaat teh rooibos yang mungkin berguna bagi tubuh.

Efek Samping Teh Rooibos

Secara umum, teh rooibos adalah teh yang aman dikonsumsi oleh banyak orang. Efek samping yang terjadi setelah Anda mengonsumsi teh jenis ini adalah sesuatu yang jarang terjadi. Namun terdapat beberapa kasus, di mana seseorang mengalami kerusakan hati ketika mengonsumsinya dalam jumlah besar setiap hari.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam teh rooibos adalah senyawa yang dapat meningkatkan kadar estrogen, sehingga orang dengan kondisi sensitif hormon seperti kanker payudara mungkin akan menghindarinya.

Selain itu, hingga kini belum ada klaim yang membuktikan bahwa teh ini aman untuk wanita hamil. Konsultasi dengan dokter kandungan diperlukan jika Anda memiliki kekhawatiran.

Cara Membuat Teh Rooibos

Seperti halnya membuat teh pada umumnya, teh rooibos bisa dinikmati dalam kondisi panas atau dingin. Guna mendapatkan hasil yang terbaik, buatlah sesuai instruksi pada kemasan. Meski begitu, cara penyajian umum adalah:

  • Siapkan 250 ml air mendidih.
  • Kemudian tuang air ke dalam gelas yang sudah terdapat 1 kantong teh atau 1 sendok teh rooibos.
  • Anda bisa menambahkan madu atau gula secukupnya.
  • Diamkan teh selama 5 menit.
  • Teh rooibos siap disajikan.

 

  1. Anonim. Rooibos tea. https://www.nutrition-and-you.com/rooibos-tea.html(Diakses pada 26 Juni 2020)
  2. Brown, Mary Jane. 2018. 5 Health Benefits of Rooibos Tea (Plus Side Effects). https://www.healthline.com/nutrition/rooibos-tea-benefits#section8. (Diakses pada 26 Juni 2020).
  3. Glover, Eve. 6 Rooibos Tea Benefits That Could Make It Worth Buying. https://www.thehealthy.com/alternative-medicine/healthy-rooibos-tea-benefits/. (Diakses pada 26 Juni 2020).
  4. Leonard, Jayne. 2018. 7 benefits of rooibos tea. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323637#making-rooibos-tea. (Diakses pada 26 Juni 2020).
  5. MAHLER, EMILY. 2020. ROOIBOS TEA BENEFITS WEIGHT LOSS, PLUS 9 OTHER REASONS TO DRINK IT. https://www.bulletproof.com/diet/superfoods/rooibos-tea-benefits-weight-loss/. (Diakses pada 26 Juni 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi