9 Manfaat Teh Melati, Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker

teh-melati-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Selama ini kita sering mengonsumsi teh karena memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Teh bisa membuat kita jadi lebih relaks hingga manfaat lain seperti menyuplai antioksidan. Lantas bagaimana dengan teh melati? Apakah manfaat teh melati sama dengan teh biasa? Ketahui mana yang lebih bagus!

Manfaat teh melati untuk kesehatan tubuh

Teh melati sejatinya teh biasa yang diberi tambahan kelopak melati yang telah dikeringkan. Tehnya sendiri bisa berupa teh hijau atau teh hitam yang jenisnya ada banyak. Campuran dua hal itu menghasilkan teh melati yang memiliki rasa unik dan juga aroma yang sangat kuat. Berikut beberapa manfaat teh melati jika diminum secara rutin:

  1. Tinggi kandungan antioksidan

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau berbagai jenis teh mengandung cukup banyak antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Di dalam teh melati yang komponen daun tehnya jenis apa pun mengandung polifenol. Antioksidan ini akan membuat Anda tidak mudah mengalami sakit dan selalu sehat setiap harinya.

Kalau menggunakan teh hijau sebagai dasar minumannya ada antioksidan lain seperti catechins yang membuat tubuh tidak mudah sakit. Teh hijau juga mengandung EGCG yang memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya inflamasi di dalam tubuh khususnya organ-organ vital seperti jantung.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Rutin mengonsumsi teh melati secara rutin tanpa ada tambahan gula bisa meningkatkan metabolisme di tubuh. Metabolisme ini akan meningkatkan lemak yang dibakar di dalam tubuh tanpa harus melakukan olahraga. Kenaikan metabolisme akan naik hingga 5 persen kalau dasar tehnya memakai teh hijau. Pembakaran lemak dengan teh ini naik mulai 10 hingga 16 persen.

Kenaikan metabolisme yang hanya 5 persen mungkin terlihat tidak signifikan dan kecil. Namun, kalau diikuti dengan aktivitas yang cukup intens, kemungkinan besar akan terjadi pembakaran kalori hingga 100 kalori. Artinya peningkatan yang terjadi cukup besar dan bisa dimaksimalkan kalau Anda mau berolahraga.

  1. Menjaga kesehatan mulut

Meski jarang diekspos, manfaat dari teh melati dengan bahan dasar daun teh apa pun bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut. Dari beberapa hasil penelitian yang dilakukan, teh bisa menjaga kesehatan gigi. Dengan rutin mengonsumsinya, kandungan antioksidan bisa menjaga gigi dari pengeroposan.

Selain itu pengeroposan, bakteri buruk di dalam mulut juga akan dibasmi perlahan-lahan. Dampaknya, Anda akan lebih sehat dan bau mulut tidak akan terjadi lagi setelah minum teh.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi teh melati secara rutin juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ jantung. Kandungan polifenolnya akan membuat jantung menjadi kuat dan gangguan seperti serangan jantung tidak akan terjadi. Antioksidan di dalam teh melati juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol buruk LDL di dalam darah.

Selain penurunan, plak di dalam pembuluh darah yang terjadi akan dieliminasi perlahan-lahan. Dampaknya tubuh akan menjadi lebih sehat dan kemungkinan terjadi masalah seperti stroke semakin minim. Konsumsi sebanyak 1-3 gelas teh melati dengan daun teh hijau sebagai dasarnya. Teh dengan dasar daun teh hitam pun juga tidak masalah meski manfaatnya tidak akan maksimal.

  1. Menjaga fungsi otak

Teh melati memiliki komponen kafein yang memiliki manfaat untuk tubuh khususnya untuk kesehatan otak. Rutin mengonsumsi teh melati akan membuat mood jadi membaik dan otak menghasilkan cukup banyak dopamin serta serotonin. Hal ini menyebabkan otak jadi lebih sehat dan masalah memori tidak akan menurun.

Meski jumlah kafeinnya tidak sebanyak kopi, mengonsumsi teh melati atau teh jenis lain membuat Anda menjadi lebih sehat. Jadi, pastikan mengonsumsi teh melati setiap hari dengan atau tanpa gula. Kalau menggunakan gula, batasi maksimal 4-6 sendok teh saja.

  1. Mencegah munculnya penyakit tertentu

Beberapa jenis penyakit tertentu juga bisa dicegah dengan cara mengonsumsi teh melati secara rutin. Beberapa penyakit yang bisa dicegah terdiri dari Alzheimer dan Parkinson yang menyebabkan gangguan pada memori dan membuat seseorang mengalami penurunan kemampuan kognitifnya.

Dari penelitian yang dilakukan mengonsumsi teh melati yang ada teh hijaunya bisa menurunkan gangguan otak akibat penyakit hingga 35 persen.

  1. Menurunkan risiko kanker

Secara umum, kandungan antioksidan yang dimiliki oleh teh melati bisa menurunkan risiko tubuh mengalami kanker. Jenis kanker yang paling diturunkan risikonya adalah kanker kolon. Setidaknya sekitar 51 persen risiko tubuh terkena kanker itu akan turun dan saluran cerna menjadi lebih sehat.

  1. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Mengonsumsi teh melati yang mengandung antioksidan juga bisa menurunkan risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Mengonsumsi teh melati tanpa gula akan membuat tubuh mendapatkan suplai EGCG. Komponen ini akan membuat kerja dari insulin lebih efektif dan memuat gula darah menjadi sangat rendah.

Dari beberapa studi yang dilakukan, mengonsumsi teh melati yang mendung teh hijau mampu menurunkan gula darah di dalam tubuh dan insulin berlebihan. Dua hal ini membuat tubuh jadi lebih sehat dan risiko diabetes kian rendah.

  1. Mudah disisipkan ke dalam diet

Teh melati mudah sekali disisipkan ke berbagai jenis diet yang sedang dijalankan. Teh bisa digunakan untuk minuman harian atau digunakan untuk campuran makanan lainya. Teh melati tidak akan memberikan efek samping atau memberikan efek negatif seperti membuat efek jadi tidak maksimal. Jadi, aman dikonsumsi kapan saja.

Inilah beberapa manfaat dari teh melati yang akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan juga jarang sekali sakit. Mengingat manfaat dari teh melati ada banyak, Anda disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi teh tersebut secara rutin dan usahakan tidak menggunakan gula. Teh melati juga bisa dicampur dengan lemon atau herbal lain kalau Anda ingin rasa yang lebih unik.