Terbit: 6 November 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat teh hitam pada umumnya sama seperti kebanyakan teh lainnya. Selain manfaat, teh ini juga berasal dari tanaman yang sama yaitu Camellia sinensis. Simak penjelasan lengkap mengenai kandungan hingga khasiat yang berguna bagi tubuh.

13 Manfaat Teh Hitam, Jaga Kesehatan Rambut hingga Jantung

Kandungan Teh Hitam

Berikut berbagai kandungan teh hitam yang berguna untuk mendukung kesehatan tubuh, antara lain:

  • Kafein
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Kalium
  • Major minerals dan trace minerals
  • Mangan
  • Fluoride
  • Polifenol
  • Asam amino L-theanine

Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

Pada dasarnya, teh ini mengandung sejumlah antioksidan, senyawa yang membantu tubuh melawan radikal bebas, mengurangi peradangan, dan memperkuat fungsi sistem kekebalan tubuh. Berikut berbagai manfaat lainnya yang berguna bagi tubuh, antara lain:

1. Menjaga Kesehatan Rambut

Tingkat antioksidan dan kafein yang tinggi dalam teh ini bermanfaat bagi kesehatan rambut. Kafein menurunkan hormon yang menyebabkan rambut rontok (dikenal sebagai DHT atau dihydrotestosterone), sedangkan antioksidan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Namun, asupan kafein yang berlebih dapat menghambat pertumbuhan rambut, oleh karena itu berhati-hatilah ketika mengonsumsinya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Kelompok polifenol seperti katekin, theaflavins dan thearubigins merupakan sumber utama antioksidan dalam teh ini. Sebuah penelitian mengungkapkan, theaflavins mampu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah pada tubuh. 

Penelitian lain yang melihat peran katekin mengungkapkan, bahwa senyawa ini membantu penurunan lemak tubuh. Meski begitu, beberapa klaim manfaat kesehatan ini baru terbukti pada hewan, sehingga penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan.

3. Menurunkan Kolesterol LDL

Apabila terlalu banyak kolesterol LDL (low density lipoprotein) di dalam tubuh, LDL dapat menumpuk pada arteri dan menyebabkan endapan lilin yang disebut plak. Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti gagal jantung, stroke, dan obesitas.

Sebuah penelitian menemukan bahwa minum lima cangkir teh ini per hari mampu mengurangi kolesterol LDL sebesar 11% pada individu dengan sedikit peningkatan kadar kolesterol.

4. Meningkatkan Kesehatan Usus

Polifenol yang ada dalam teh ini ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan usus dengan mendorong pertumbuhan bakteri baik dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat, seperti bakteri Salmonella typhi.

Selain itu, manfaat teh hitam berikutnya yang berguna bagi tubuh karena sifat antimikrobanya mampu membunuh zat berbahaya dan membantu memperbaiki lapisan saluran pencernaan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuat kesimpulan yang lebih kuat mengenai peran teh dan sistem kekebalan.

5. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi tiga cangkir teh ini setiap hari selama enam bulan, mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang signifikan.

Namun, penelitian tentang efek teh ini pada tekanan darah beragam karena terdapat penelitian lain yang mengungkapkan bahwa efek yang ditimbulkannya tidak signifikan. Oleh karena itu, dengan menggabungkan perubahan gaya hidup seperti strategi manajemen stres, dapat bermanfaat bagi seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi.

6. Mengurangi Risiko Stroke

Stroke adalah jenis penyakit yang dapat dicegah dengan mengatur pola makan, aktivitas fisik, tekanan darah, dan tidak merokok. Menariknya, sebuah penelitian menemukan bahwa minum teh ini juga dapat membantu mengurangi risiko stroke.

Penelitian tersebut mengungkapkan, konsumsi empat cangkir atau lebih teh ini per hari memiliki risiko 32% lebih rendah terkena stroke dibandingkan seseorang yang tidak minum teh.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Sebuah penelitian tabung reaksi menemukan bahwa sifat teh ini mampu meningkatkan insulin dan komponennya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teh ini meningkatkan aktivitas insulin lebih dari 15 kali lipat.

Para peneliti menyimpulkan bahwa beberapa senyawa dalam teh khususnya katekin (epigallocatechin gallate) terbukti mampu meningkatkan kadar insulin.

Baca Juga: 10 Jenis Teh untuk Asma yang Efektif Meringankan Gejala

8. Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Studi tabung reaksi menganalisis efek polifenol dalam teh pada sel kanker. Temuan tersebut menunjukkan bahwa teh hitam dan hijau dapat berperan dalam mengatur pertumbuhan sel kanker dan mengurangi perkembangan sel baru.

Meski begitu, Anda tidak boleh mengonsumsi teh ini sebagai pengobatan alternatif untuk kanker. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk melihat kaitan antara teh ini dan sel kanker.

9. Meningkatkan Fokus

Teh ini mengandung kafein dan asam amino yang disebut L-theanine yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. L-theanine meningkatkan gelombang alpha di otak untuk menghasilkan relaksasi dan fokus yang lebih baik.

Inilah sebabnya mengapa banyak orang melaporkan energi yang lebih stabil setelah minum teh dibandingkan dengan minuman berkafein lain seperti kopi.

10. Menjaga Kesehatan mulut

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa khasiat teh hitam dapat mengurangi kanker mulut. Selain itu, kandungan polifenol dan tanin di dalamnya bisa membunuh dan mencegah bakteri penyebab kerusakan gigi. Pada akhirnya, hal ini dapat mengurangi bakteri mulut yang menyebabkan bau mulut.

11. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat teh bagi kulit terbagi dengan tiga cara. Pertama, memberi nutrisi pada kulit dengan vitamin B2, C, dan E, serta mineral seperti magnesium, kalium, seng, polifenol, dan tanin.

Kedua, kafein dan beberapa komponen kimianya yang lain dapat membunuh virus yang pada mulut, sehingga membantu mencegah infeksi kulit (dan jerawat). Ketiga, teh ini telah terbukti mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Selain itu, teh ini juga dapat bermanfaat bagi kulit Anda dengan aplikasi langsung. Misalnya, meletakkan kantong teh di bawah mata untuk mengurangi bengkak dan lingkaran hitam.

12. Membantu Menurunkan Stres

Manfaat teh hitam berikutnya adalah kemampuannya untuk menurunkan stres. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam amino L-theanine yang ditemukan pada teh ini dapat membantu tubuh lebih rileks. 

13. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kelompok antioksidan lain yang disebut flavonoid dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Sebuah studi terkontrol secara acak menemukan bahwa, minum teh hitam selama 12 minggu secara signifikan menurunkan nilai trigliserida sebesar 36%, menurunkan kadar gula darah sebesar 18%, dan menurunkan rasio plasma LDL / HDL sebesar 17%. Semua faktor tersebut memiliki peran penting dalam penurunan risiko penyakit jantung.

Nah, itulah berbagai khasiat teh hitam yang bisa Anda dapatkan.

 

  1. Dhawan, Vibha. 11 Health Benefits of Black Tea that You Didn’t Know About. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/11-benefits-black-tea.html. (Diakses pada 6 November 2020).
  2. Enloe, Autumn. 2018. 10 Evidence-Based Health Benefits of Black Tea. https://www.healthline.com/nutrition/black-tea-benefits. (Diakses pada 6 November 2020).
  3. Goodwin, Lindsey. 2019. Black Tea Benefits. https://www.thespruceeats.com/black-tea-benefits-765048. (Diakses pada 6 November 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi