Terbit: 6 Oktober 2019
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Ada berbagai manfaat teh ginseng yang harus Anda ketahui. Ginseng adalah tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Ginseng terdiri dari akar bercabang panjang dan berwarna terang yang umumnya tumbuh di daerah tropis. Ketahui kandungan nutrisi ginseng, khasiat, dan cara membuatnya.

teh-gingseng-doktersehat

Kandungan Nutrisi Teh Ginseng

Teh ginseng adalah minuman herbal yang sudah sangat populer tidak hanya di Asia, namun juga di seluruh dunia. Teh ginseng disukai banyak orang karena rasanya yang menghangatkan serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Tentu saja teh ginseng sudah dipercaya menjadi obat herbal karena kandungan alaminya. Satu sajian teh ginseng dalam ukuran 3 gram mengandung 3 gram karbohidrat dan 11 gram kalori. Serta ginseng mengandung senyawa aktif ginsenosides dan gintonin. Senyawa inilah yang berperan dalam manfaat teh ginseng bagi kesehatan tubuh Anda.

Terdapat 11 jenis ginseng, namun penelitian tentang manfaat ginseng untuk kesehatan saat ini fokus pada 2 jenis ginseng, yaitu:

  • Ginseng Amerika: Ginseng yang tumbuh di Amerika Utara dengan nama latin Panax quinquefolius.
  • Ginseng Asia: Ginseng yang tumbuh di Asia dengan nama latin Panax ginseng.

Ginseng yang paling berkhasiat adalah ginseng Korea dan ginseng China lalu diklasifikasikan lagi dalam dua bentuk yaitu ginseng putih dan ginseng merah.

Manfaat Teh Ginseng untuk Kesehatan

Ginseng telah dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi medis secara tradisional. Ginseng Amerika dan ginseng Asia digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah virus dan penyakit.

Ketahui lebih jelas manfaat teh ginseng untuk kesehatan berikut ini:

1. Mengurangi Stres

Sebuah studi yang dilakukan di Brain Performance and Nutrition Research Centre Inggris membuktikan bahwa dosis 400 miligram ginseng dapat menenangkan hati, memperlambat penurunan suasana hati, dan membantu merelaksasi Anda dari kelelahan.

Manfaat ginseng untuk mengurangi stres didapat dari kandungan anti-stres dalam ginseng. Jika Anda sedang lelah atau sedikit stres, Anda dapat minum secangkir teh ginseng hangat untuk membuat Anda merasa lebih baik.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat teh ginseng yang selanjutnya adalah untuk merangsang sel-sel otak dan meningkatkan konsentrasi Anda. Sebuah studi di Department of Neurology at the Clinical Research Institute Korea Selatan mengungkapkan bahwa ginseng memiliki efektivitas pada kinerja kognitif pasien dengan penyakit Alzheimer.

3. Antikanker

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2014 mengungkapkan bahwa ginseng memiliki efek anti tumor yang sangat potensial. Komponen ini adalah komponen yang ada di obat lain untuk meningkatkan kemoterapi.

Berdasarkan penelitian lain dari American Academy of Family Physicians juga mengatakan bahwa manfaat teh ginseng sebagai antikanker karena teh ini memiliki sifat anti-karsinogenik, namun penelitian lebih lanjut masih terus dilakukan oleh para peneliti dari Cina.

4. Mengatasi Disfungsi Ereksi

Manfaat teh ginseng korea untuk mengatasi disfungsi ereksi sudah lama dipercaya secara tradisional hingga penelitian pun dilakukan untuk membuktikan kebenarannya. Satu studi membuktikan bahwa pria yang mengkonsumsi ginseng korea mengalami peningkatan 60% dalam gejala disfungsi ereksi yang dialami.

Penelitian lainnya juga menunjukan bahwa 68 pria yang mengkonsumsi 1.000 miligram ekstrak ginseng korea selama 8 minggu mengalami peningkatan fungsi ereksi secara signifikan.

Sebuah penelitian di Department of Physiology di Universitas Illinois membuktikan bahwa ginseng berdampak langsung pada sistem saraf otak yang mengatur perilaku hormonal dan seksual. Nah, itulah manfaat teh ginseng untuk pria yang sudah terbukti.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Gairah Seksual pada Pria dan Wanita

5. Mengontrol Gula Darah

Manfaat teh ginseng merah dapat meningkatkan fungsi sel pankreas, meningkatkan produksi insulin, serta meningkatkan penyerapan gula dalam jaringan yang kemudian berkhasiat dalam mengontrol gula darah baik untuk yang diabetes atau tidak.

Sebuah studi membuktikan dengan membandingkan penderita diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi 6 gram ginseng dan obat anti-diabetes selama 12 minggu. Hasilnya adalah mereka mengalami penurunan kadar gula darah 11% dan 33% peningkatan sensitivitas insulin.

6. Asupan Diet yang Baik

Ginseng sudah menjadi obat herbal tradisional di Asia dan Amerika utara sejak dulu kala dan diolah menjadi teh ginseng. Manfaat ginseng selanjutnya adalah untuk diet sehat Anda. Anda dapat minum teh ginseng setiap hari dalam dosis 200-400 miligram sebelum makan. Teh ginseng ini akan membantu penyerapan nutrisi makanan Anda lebih sempurna. Nah, itulah manfaat teh ginseng korea untuk diet.

7. Merawat Kesehatan Kulit

Manfaat teh ginseng merah untuk memperbaiki serta melembapkan kulit karena kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Antioksidan juga membantu dalam mengatasi radikal bebas dan dapat membuat kulit jadi sehat dan awet muda.

Baca Juga: 20 Manfaat Ginseng untuk Wajah dan Kesehatan

8. Mengatasi Nyeri saat Menstruasi

Teh ginseng memiliki efek menenangkan yang sangat direkomendasikan untuk wanita yang sedang mengalami nyeri dan kram saat menstruasi.

Terdapat banyak sekali manfaat teh ginseng bagi kesehatan. Anda dapat mencobanya untuk perawatan kesehatan sehari-hari, namun penelitian tentang  berbagai manfaat teh ginseng ini masih terus dilakukan oleh para peneliti demi mendapatkan bukti yang tepat.

Cara Membuat Teh Ginseng dengan Mudah

Bila Anda ingin mendapatkan manfaat teh ginseng bagi kesehatan, Anda dapat membuat teh ginseng sendiri dengan cara dan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Berikut ini adalah resep cara membuat teh ginseng di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu:

  • 1 cangkir air
  • 1 batang ginseng
  • 1 sdt madu

Cara membuat teh ginseng, yaitu:

  • Rebus air hingga mendidih.
  • Cuci ginseng sampai bersih, lalu potong dalam 3 irisan.
  • Masukan ginseng ke dalam air mendidih.
  • Aduk rata sampai 10 menit dengan suhu api yang dikecilkan.
  • Jika sudah larut dan warna air berubah, tuang teh ginseng ke cangkir.
  • Anda dapat menambahkan madu untuk rasa dan khasiat yang lebih baik.
  • Teh ginseng siap disajikan.

Itulah cara membuat teh ginseng yang mudah dan murah. Anda dapat minum satu cangkir teh ginseng setiap hari untuk merasakan manfaat teh ginseng.

 

  1. Dr. Axe, Josh DC, DMN, CNS. 2018. Ginseng Benefits: Less Stress & Better Brain Function. https://draxe.com/nutrition/ginseng-benefits/. (Diakses pada 5 Oktober 2019).
  2. Nordqvist, Joseph. 2017. What are the health benefits of ginseng?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/262982.php.  (Diakses pada 5 Oktober 2019).
  3. Nagdeve, Meenakshi. 2019. 16 Surprising Benefits Of Ginseng Tea & Its Side Effects. https://www.organicfacts.net/health-benefits/beverage/health-benefits-of-ginseng-tea.html.  (Diakses pada 5 Oktober 2019).
  4. Semeco, Arlene MS, RD. 2018. 7 Proven Health Benefits of Ginseng. https://www.healthline.com/nutrition/ginseng-benefits.  (Diakses pada 5 Oktober 2019).
  5. WebMD. 2019. Ginseng Tea Capsule. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-60147/ginseng-tea-oral/details.  (Diakses pada 5 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi