Terbit: 13 Oktober 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat teh Darjeeling hampir sama seperti halnya teh pada umumnya. Teh yang berasal dari tanaman Camellia sinensis ini memiliki keunikan karena daunnya dapat diolah dengan berbagai cara untuk menghasilkan teh hitam, hijau, putih, atau oolong. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan tubuh? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

12 Manfaat Teh Darjeeling bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan Teh Darjeeling

Berikut adalah kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya (sajian per 100 ml), antara lain:

  • Vitamin B2: 0,03 mg
  • Vitamin B5: 0,03 mg
  • Folat: 11,84 mg
  • Tembaga: 0,02 mg
  • Besi: 0,02 mg
  • Magnesium: 2,37 mg
  • Mangan: 0,52 mg
  • Fosfor: 2,37 mg
  • Kalium: 49,73 mg

Manfaat Teh Darjeeling bagi Kesehatan

Pada umumnya setiap teh mengandung antioksidan yang tinggi, namun total senyawa bermanfaat tergantung pada waktu panen, cara menyimpan, dan cara menyeduhnya. Teh Darjeeling sendiri termasuk dalam jenis teh hitam, sehingga manfaat yang didapatkan tubuh sama dengan teh hitam.

Berikut ini adalah berbagai potensi manfaat teh Darjeeling bagi tubuh, di antaranya:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat potensial dari teh Darjeeling sama seperti kebanyakan teh pada umumnya yaitu membantu tubuh untuk menyingkirkan radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan sel. Kerusakan sel sendiri bisa berdampak buruk bagi tubuh karena bisa menimbulkan berbagai penyakit kronis.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun teh hijau dan oolong adalah pilihan yang lebih populer untuk menurunkan berat badan, minum teh Darjeeling juga dapat membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan polifenol di dalamnya memiliki sifat antiobesitas, dampaknya bisa membantu mengurangi asupan kalori dan membantu membakar lemak lebih cepat.

3. Menjaga Tekanan Darah

Sebuah studi menunjukkan bahwa minum teh Darjeeling jangka panjang dapat membantu menyeimbangkan tekanan darah, terutama pada seseorang dengan tekanan darah rendah (hipotensi) atau tinggi (hipertensi).

Seseorang dikatakan mengalami hipertensi ketika tekanan darahnya menunjukkan angka 130/80 mmHg atau lebih. Sementara kondisi hipotensi jika tekanan darah menunjukkan angka di bawah 90/60 mmHg. Rutin memantau tekanan darah adalah cara lain untuk mengontrolnya.

4. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Manfaat teh Darjeeling berikutnya adalah kemampuannya untuk meningkatkan kepadatan tulang. Sebuah studi menunjukkan bahwa teh ini bermanfaat untuk mengurangi risiko osteoporosis, terutama pada wanita.

Perlu diketahui, osteoporosis pada dasarnya bisa dialami oleh siapa saja. Namun, kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita yang telah memasuki masa menopause.

5. Mengurangi Risiko Parkinson

Studi menunjukkan bahwa teh Darjeeling mungkin lebih bermanfaat daripada teh hijau dalam mengurangi risiko penyakit Parkinson. Ini mungkin terkait dengan kafein dan senyawa lain yang ditemukan dalam teh ini seperti thearubigins dan theaflavin.

6. Membantu Menjaga Kesehatan Mulut

Sebuah studi mengungkapkan, seseorang yang mengonsumsi teh secara rutin memiliki kekayaan mikrobiota oral yang lebih besar dibanding peminum kopi. Dikarenakan mikrobiota oral memiliki peran penting dalam kesehatan mulut, minum teh Darjeeling akan membantu menjaga mulut, gigi dan gusi dalam kondisi sehat dan bebas bakteri.

Baca Juga: 10 Manfaat Teh Rooibos, Menjaga Kesehatan Kulit hingga Jantung

7. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Sebuah studi mengungkapkan, bahwa konsumsi empat hingga lima cangkir teh Darjeeling setiap hari dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Berbagai jenis penyakit kardiovaskular yang sering terjadi adalah serangan jantung, aterosklerosis, stroke, penyakit arteri perifer, hingga penyakit vena perifer.

8. Menurunkan Risiko Diabetes

Beberapa penelitian mengungkapkan, konsumsi teh Darjeeling membantu menurunkan risiko diabetes. Selain diabetes, tingginya kadar gula juga dapat menimbulkan banyak masalah kesehatan seperti stroke, gagal ginjal, hingga serangan jantung. Agar beberapa penyakit itu tidak terjadi, Anda harus menjaga kadar gula darah tetap stabil.

9. Membantu Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Pada umumnya, dalam sehari tubuh harus mendapatkan asupan cairan sebanyak 1,5-2 liter. Jika Anda bosan mengonsumsi air putih, memasukkan teh untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah sesuatu yang baik. Teh tidak menyebabkan dehidrasi dan termasuk dalam minuman yang sehat. Hal itu dikarenakan kandungan antioksidan di dalam teh yang tinggi.

10. Memperkuat Gigi

Sebuah penelitian mengungkapkan, teh Darjeeling atau teh hitam lainnya adalah sumber fluoride yang sangat baik. Fluoride adalah mineral yang terdapat di tulang dan gigi. Mineral ini biasanya digunakan untuk memperkuat (remineralisasi) enamel gigi yang melemah, memperlambat hilangnya mineral dari enamel, dan mencegah pertumbuhan bakteri mulut yang berbahaya.

11. Mencegah Kanker Tertentu

Menurut sebuah studi, senyawa polifenol dalam teh Darjeeling dianggap sebagai antioksidan kuat yang mencegah perkembangan tumor. Penting untuk diketahui, bahwa manfaat yang didapatkan hanya untuk beberapa jenis kanker tertentu.

Meski senyawa alami ini dapat menekan pembentukan dan perkembangan sel kanker karena perannya mengurangi peradangan di dalam tubuh dan penangkal radikal bebas, studi lanjutan untuk membuktikan klaim ini masih harus dilakukan.

12. Membantu Meningkatkan Fokus

Dikarenakan teh Darjeeling mengandung kafein dalam jumlah sedang, hal itu dapat meningkatkan kewaspadaan mental dan mengurangi kelelahan. Teh ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan dorongan energi dengan instan.

Nah, itulah berbagai manfaat teh Darjeeling yang berguna bagi kesehatan tubuh.

 

  1. Anonim. Drinking Darjeeling Tea Guide. https://simplelooseleaf.com/blog/loose-leaf-tea/darjeeling-tea-benefits/. (Diakses pada 13 Oktober 2020).
  2. Anonim. 2104. HEALTH BENEFITS OF DARJEELING TEA. https://www.nudoadopt.com/blog/2012/health-benefits-of-darjeeling-tea/. (Diakses pada 13 Oktober 2020).
  3. Bodine, Alicia. 2018. Health Benefits of Darjeeling Tea. https://healthyeating.sfgate.com/health-benefits-darjeeling-tea-7331.html. (Diakses pada 13 Oktober 2020).
  4. Marcene, Brandi. 2019. 11 Impressive Health Benefits of Darjeeling Tea. https://www.naturalfoodseries.com/11-health-benefits-darjeeling-tea/. (Diakses pada 13 Oktober 2020).
  5. Mercola. 2019. Discover The Health Benefits Of Darjeeling Tea. https://www.prohealth.com/library/discover-health-benefits-darjeeling-tea-89057. (Diakses pada 13 Oktober 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi