Terbit: 24 Desember 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Tea tree oil adalah salah satu jenis minyak esensial yang sudah populer, terutama karena manfaatnya untuk mengatasi jerawat. Tea tree oil bukan berasal dari tanaman yang sama dengan teh yang biasa kita minum, melainkan berasal dari tanaman Australia melaleuca alternifolia. Simak penjelasan tentang berbagai manfaat tea tree oil melalui artikel ini!

manfaat-tea-tree-oil-doktersehat

Manfaat Tea Tree Oil

Manfaat tea tree oil yang paling populer adalah untuk mengatasi masalah jerawat, tapi selain manfaat tersebut, masih ada banyak manfaat tea tree oil lainnya untuk tubuh. Berikut penjelasannya!

1. Mengatasi jerawat

Jerawat muncul di wajah dipicu oleh berbagai faktor, tapi penyebab utamanya adalah infeksi bakteri akibat tersumbatnya pori-pori. Masalah jerawat dapat sangat meresahkan terutama pada pemilik kulit sensitif terhadap jerawat atau acne prone. Maka dari itu, pemilik wajah berjerawat harus memilih erawatan wajah yang tepat.

Manfaat tea tree oil yang pertama adalah dapat mengatasi jerawat. Manfaat ini didapatkan karena sifat antiinflamasi dan antimikroba dari tea tree oil. Manfaat minyak tea tree untuk jerawat sudah dibuktikan dengan banyaknya produk perawatan kulit untuk mengatasi jerawat yang menggunakan tea tree oil sebagai bahan utamanya.

2. Melembapkan kulit

Manfaat tea tree oil untuk kulit yang kedua adalah dapat menjaga kelembapan kulit. Kulit yang lembap merupakan kunci dari kulit yang sehat. Jika kulit tidak terjaga kelembapannya, maka kulit juga akan lebih sulit untuk menyerap nutrisi dari skin care yang digunakan.

Selain itu, kulit yang kering juga jauh lebih rentan terhadap iritasi dibandingkan dengan kulit yang lembap. Menjaga kelembapan kulit tidak hanya harus dilakukan oleh pemilik wajah kering, tapi juga pemilik kulit wajah berminyak.

3. Mengatasi infeksi kulit

Ada banyak sekali jenis infeksi pada kulit yang bisa disebabkan oleh iritasi, infeksi bakteri, jamur, atau bahkan virus. Gejala infeki pada kulit yang paling umum adalah gatal pada kulit. Rasa gatal pada kulit tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan, tapi terkadang juga membuat infeksi semakin tersebar karena tidak sengaja menggaruk luka.

Manfaat tea tree oil lainnya adalah untuk mengatasi infkesi kulit, terutama akibat bakteri atau akibat iritasi. Tea tree oil memiliki efek antimikroba dan antiinflamasi sehingga dapat membantu meredakan gejala infeksi pada kulit seperti eksim. Selain itu, penggunaan tea tree oil juga akan membantu meringantkan rasa gatal yang ditimbulkan oleh infeksi kulit tersebut.

4. Mengatasi ketombe

Selain memiliki banyak manfaat untuk kulit, minyak tea tree juga memiliki manfaat untuk rambut yaitu dapat menghilangkan ketombe. Masalah rambut yang satu ini bisa disebabkan oleh produksi minyak kulit kepala yang berlebih, kurang menjaga kesehatan rambut, atau bisa juga akibat aktivitas jamur pada kulit kepala yang berlebihan.

Tea tree oil dapat membantu mencegah perkembangan jamur penyebab ketombe. Selain itu, penggunaan sampo dengan tea tree oil juga terbukti dapat efektif menurunkan jumlah ketombe dan tentunya meredakan rasa gatal akibat ketombe.

5. Mempercepat pertumbuhan rambut

Minyak tea tree ternyata tidak hanya dapat mengatasi masalah ketombe, tapi juga dapat membantu Anda mendapatkan rambut yang lebih panjang dan juga tebal. Manfaat tea tree oil adalah untuk menutrisi akar rambut dan mencegah penyumbatan folikel rambut sehingga rambut dapat tumbuh lebih cepat dan tentunya lebih sehat.

Gunakan minyak tea tree sebagai masker rambut. Caranya adalah dengan mencampurkan tea tree oil dengan minyak kelapa, lalu aplikasikan ke seluruh rambut, sambil memijat kulit kepala. Setela itu, bungkus rambut dengan handuk hangat selama 10-20 menit, baru kemudian bilas dengan air bersih.

6. Mengatasi bau badan

Bau badan pada bagian tubuh tertentu seperti ketiak atau kaki adalah akibat adanya bakteri di tubuh. Mengatasi bau badan adalah salah satu manfaat tea tree oil. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tea tree oil memiliki sifat antibakteri sehingga dapat melindungi tubuh dari gangguan bakteri yang mengganggu.

Anda bisa membuat masker tubuh dengan cara menyampurkan minyak tea tree dengan bahan lain seperti minyak kelapa dan baking soda untuk membantu mengatasi bau badan. Lakukan perawatan secara rutin hingga bau badan tidak terasa lagi. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tubuh secara rutin dan memilih produk pembersih yang sesuai.

7. Aromaterapi

Manfaat tea tree oil selanjutnya adalah sebagai aromaterapi. Menghirup tea tree oil dapat membantu relaksasi, meningkatkan peredaran darah, dan bahkan meningkatkan imunitas tubuh. Bagi Anda yang memiliki masalah pernapasan juga bisa mencoba menghirup minyak tea tree yang juga dipercaya dapat melegakan saluran pernapasan.

Cara Menggunakan Tea Tree Oil

Cara menggunakan tea tree oil berbeda-beda sesuai dengan manfaat yang ingin didapatkan. Jika ingin menjadikannya sebagai aroma terapi, maka dapat dihirup langsung, digunakan sebagai parfum, atau dapat juga dijadikan pengharum ruangan. Sebagain essential oil dapat digunakan melalui oral, tapi tea tree oil tidak disarankan untuk digunakan melalui oral.

Sedangkan untuk mendapatkan manfaat tea tree oil untuk rambut, Anda dapat menjadikannya sebagai masker rambut seperti yang sudah disebutkan di atas atau dapat juga menggunakan produk perawatan rambut yang memiliki kandungan tea tree oil.

Penggunaan tea tree oil untuk kulit bisa dengan cara mengaplikasikan minyak tea tree secara langsung ke kulit. Jika ingin mengatasi jerawat, aplikasikan tea tree oil dengan cotton bud pada bagian wajah yang berjerawat saja. Lakukan setiap malam hari dan lihat hasilnya di pagi hari.

Jika terjadi efek samping yang tidak diinginkan akibat penggunaan tea tree oil seperti reaksi alergi atau iritasi pada kulit, sebaiknya segera hentikan penggunaannya. Penggunaan tea tree oil pada pria juga tidak disarankan karena diduga dapat mengganggu keseimbangan hormon.

Setelah mengetahui berbagai manfaat tea tree oil untuk tubuh, apakah Anda berminat untuk menggunakan minyak esensial yang satu ini?

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi