Terbit: 15 Maret 2021
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Bukan hanya sekadar tren belakangan ini, namun ada berbagai manfaat tanaman hias seperti untuk mengatasi stres, meningkatkan fokus, sebagai terapi, dan sebagainya. Ketahui apa saja manfaat budidaya tanaman hias dan jenis tanaman hias apa yang cocok untuk pemula.

13 Manfaat Tanaman Hias bagi Kesehatan Mental, Fisik, & Lingkungan

Manfaat Tanaman Hias bagi Kesehatan Mental dan Fisik

Akhir-akhir ini, kesadaran untuk menjaga lingkungan semakin meningkat dengan banyaknya orang yang mulai berkebun dan budidaya tanaman hias. Tren budidaya tanaman juga semakin meningkat karena faktor sosial media, di mana banyak orang yang mengunggah foto desain interior yang cantik dan estetik menggunakan tanaman hias baik di dalam atau luar ruangan.

Nah, tanaman hias bukan hanya untuk mempercantik lingkungan dan desain, namun ada banyak efek positif bagi kehidupan. Ketahui apa manfaat tanaman hias dalam pembahasan berikut ini:

1. Menjaga Kesehatan Mental dan Emosional

Tahukah Anda bahwa beberapa terapis menggunakan cara berkebun dan budidaya tanaman untuk memulihkan kondisi mental dan emosional pasien? Berdasarkan laporan, belajar memelihara tanamanan hidup dapat membantu mengelola emosi, menurunkan kecemasan dan kegelisahan, serta mengurangi risiko depresi yang semakin parah.

Selain itu, melihat tanaman hias atau bunga yang Anda tanam akan memberi efek bahagia dan keberhasilan. Tanaman yang cantik juga akan memberi ketenangan dan perasaan damai.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

2. Mengatasi Stres

Berdasarkan penelitian yang terbit dalam Journal of Physiological Anthropology, jenis tanaman indoor yang ada di kantor atau rumah dapat membuat yang melihatnya merasa lebih tenang dan nyaman. Beberapa penelitian lain juga menyampaikan bahwa melihat tanaman hias di luar dan dalam ruangan dapat menormalkan kadar tekanan darah, detak jantung, dan menurunkan kadar hormon stres kortisol.

3. Relaksasi di Rumah

Salah satu manfaat tanaman hias adalah untuk merelaksasi diri di rumah. Anda mungkin memiliki hari-hari yang berat dan butuh relaksasi dari waktu ke waktu. Cobalah untuk menanam tanaman hias di pekarangan bunga atau satu vas lavender di dalam ruangan.

Warna bunga yang menarik dapat meningkatkan suasana hati, sementara warna hidup mempresentasikan ketengan dan relaksasi. Ini sangat efektif untuk menurunkan kecemasan dan membuat Anda lebih rileks.

Baca Juga: 10 Macam Tanaman Penghasil Oksigen (Cantik dan Sehat)

4. Mempercepat Penyembuhan

Salah satu alasan kenapa orang-orang suka memberikan vas bunga atau tanaman indoor adalah karena tanaman hias dapat meningkatkan penyembuhan penyakit. Para peneliti menyampaikan bahwa pasien pasca operasi cenderung lebih cepat pulih ketika mereka melihat pemandangan alam, salah satunya dari pot tanaman hias di ruangan.

Dedaunan, bunga-bunga, atau pemandangan alami dapat meningkatkan toleransi rasa sakit dan membuatnya merasa tenang. Cobalah jenguk teman atau anggota keluarga Anda yang sakit dengan membawakannya bunga anggrek, peace lily, atau vas berisi tanaman cantik lainnya.

5. Meningkatkan Fokus

Berdasarkan beberapa laporan penelitian dari siswa yang berada di ruang kelas dengan tanaman asli, siswa tersebut merasa lebih mampu berkonsentrasi daripada siswa lain yang berada di ruangan kelas dengan tanaman plastik atau foto tanaman. Siswa yang berada di ruangan kelas dengan 3 tanaman hias dinilai memiliki kemampuan dan hasil lebih baik.

6. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat budidaya tanaman hias juga dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Berdasarkan studi yang dilapokan oleh American Society for Horticultural Science pada tahun 2007, lebih banyak tanaman di ruang kerja maka akan membawa lebih sedikit rasa stres dan cenderung lebih produktif dalam bekerja.

7. Meningkatkan Kualitas Udara

Fitoremediasi adalah istilah untuk jenis-jenis tanaman yang dapat menghilangkan kontaminan (agen kontaminasi/pengotor) dari udara. NASA telah melakukan penelitian tentang fitoremediasi pada tahun 1980-an. Penelitian tentang tanaman indoor apa yang dapat meningkatkan kualitas udara dalam pesawat ruang angkasa juga sudah dilakukan.

Berikut ini jenis tanaman di dalam ruangan (indoor) untuk meningkatkan kualitas udara:

  • Palem kuning (Areca Palm)
  • Pygmy date palm (Palem Phoenix)
  • Pohon bambu kecil
  • Tanaman paku gunung (Sword Fern)
  • Tanaman Para (Pará Rubber Tree)
  • Lili Paris (Spider Plant)
  • Pohon beringin (Ficus Tree)

Anda juga dapat memilih jenis bunga-bungaan yang cantik lainnya. Tanaman hias dapat meningkatkan kelembapan udara yang akan berdampak baik juga untuk kulit.

8. Alternatif Obat Herbal

Anda dapat menanam tanaman herbal di pot kecil di pekarangan rumah, misalnya daun mint, kemangi, basil, lidah buaya, atau bahkan tanaman jeruk yang tidak terlalu sulit ditanam. Anda dapat menggunakan hasil dari tanaman tersebut untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk obat herbal atau untuk memasak.

Baca Juga: 11 Jenis Tanaman Obat Keluarga & Manfaatnya

9. Terapi Alami

Budidaya tanaman adalah salah satu opsi terapi kesehatan mental yang dianjurkan, disebut juga dengan terapi hortikultura. Manfaat terapi hortikultura untuk mengatasi gangguan kecemasan, depresi, stres, demensia, dan kondisi terkait lainnya.

10. Meningkatkan Kualitas Tidur

Perasaan tenang saat melihat nuansa alami daun atau bunga akan meningkatkan kualitas tidur. Warna alami dari tanaman akan memberi efek kedamaian, ketenangan, dan kehangatan sehingga waktu istirahat jadi lebih berkualitas.

11. Melestarikan Lingkungan

Mulai memenuhi pekarangan dengan tanaman hias atau bunga-bunga adalah langkah kecil untuk menjaga lingkungan. Terlebih lagi bila Anda menanam pohon langsung di tanah, bukan di pot, tanaman akan menyimpan air tanah dan mencegah banjir.

12. Mengusir Nyamuk

Berikut ini beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk secara alami:

  • Lavender. Wangi bunga lavender yang Anda sukai tidak disukai nyamuk.
  • Serai Wangi (Citronella). Aroma menyengat dan tajam yang akan membuat nyamuk pergi.
  • Marigold. Tanaman cantik dengan aroma yang kurang sedap, nyamuk atau serangga lain tidak menyukai aromanya.
  • Catnip. Kucing menyukai catnip, namun nyamuk tidak suka. Tanaman catnip bahkan dinilai sepuluh kali lebih efektif untuk mengusir nyamuk.
  • Rosemary. Terkenal sebagai bahan bumbu makanan dan aromaterapi, serta sebagai pengusir nyamuk alami.

13. Mempercantik Lingkungan

Manfaat tanaman hias selanjutnya untuk mempercantik dan menambah estetika lingkungan. Rumah juga akan terlihat lebih asri, sejuk, adem, dan nyaman dengan pemandangan pohon atau tanaman hias.

Baca Juga: 17 Tanaman Herbal Pembunuh Virus Paling Ampuh

Berbagai Jenis Tanaman Hias

Setelah memahami berbagai manfaat budidaya tanaman hias bagi kesehatan mental dan fisik, berikut ini jenis tanaman hias yang mudah ditanam untuk pemula:

  • Peace Lily. Tanaman indoor yang cantik dan cocok untuk kamar tidur atau sisi kantor. Letakan pot peace lily di tempat yang terang dan siram ketika tanah tanaman mulai kering dan daunnya gugur.
  • Palms. Tanam sekali dan siram sesekali saja. Pertumbuhan pohon palem lambat dan perawatannya juga mudah, pas untuk di dalam ruangan.
  • Snake Plant (Sansevieria). Tanaman indoor ini bisa beradaptasi di segala lingkungan, bahkan bila Anda meletakkannya di dalam ruangan gelap. Anda cukup menyiramnya saat tanahnya sudah sangat kering.
  • Aloe Vera (Lidah Buaya). Tanaman herbal lidah buaya yang perawatannya mudah dan memiliki banyak manfaat.
  • Monstera/Swiss Cheese Plant (Ceriman/Janda Bolong). Anda mungkin sering melihat tanaman ini di dalam gedung atau di pekarangan rumah orang. Tanaman ini terlihat cantik dan unik, serta perawatannya sangat mudah. Cukup siram saat tanahnya kering.
  • Dieffenbachia (Daun Bahagia). Cocok untuk penanaman pada lingkungan yang hangat (jangan meletakkannya di ruangan AC) dan perawatannya juga cukup mudah.

Nah, itulah pembahasan tentang apa manfaat tanaman hias bagi kesehatan mental, fisik, dan lingkungan. Tanaman apa yang akan Anda tanamn? Semoga informasi ini bermanfaat.

 

  1. B, Connor. 2020. 7 Low Maintenance Indoor Plants (7 Plants for Beginners). https://www.plants.com/greenhouse/plant-care/plants-for-beginners/. (Diakses pada 15 Maret 2021).
  2. WebMD. 2019. Health Benefits of Houseplants. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-health-benefits-houseplants. (Diakses pada 15 Maret 2021).
  3. Joy Stanborough, Rebecca, MFA. 2020. A Hobby for All Seasons: 7 Science-Backed Benefits of Indoor Plants. (Diakses pada 15 Maret 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi