Terbit: 25 September 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Tai chi adalah salah satu bentuk olahraga yang berasal dari tradisi China. Olahraga yang juga mengacu pada seni bela diri ini melibatkan gerakan lambat dan napas dalam-dalam. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan tubuh? Simak selengkapnya di bawah ini.

10 Manfaat Tai Chi dan Gerakan untuk Pemula

Apa itu Tai Chi?

Tai chi adalah bentuk olahraga yang berasal dari tradisi kuno China yang melibatkan serangkaian gerakan lambat, fokus, dan disertai dengan pernapasan dalam. Olahraga ini membuat setiap gerakan mengalir ke gerakan berikutnya tanpa jeda dan memastikan bahwa tubuh tetap harus bergerak. Perlu diketahui, olahraga ini memiliki gaya yang berbeda-beda. Beberapa gaya mungkin berfokus pada pemeliharaan kesehatan, sementara yang lain berfokus pada aspek seni bela diri.

Manfaat Tai Chi bagi Kesehatan Fisik dan Emosional

Dibanding olahraga lainnya, gerakan olahraga ini memiliki perbedaan dalam beberapa hal, seperti gerakan khas melingkar, gerakan yang tidak membuat otot menegang, persendian tidak sepenuhnya ditekuk, dan jaringan ikat tidak meregang. Bahkan, olahraga ini bisa disesuaikan dengan berbagai kondisi kesehatan dari pengguna kursi roda hingga mereka yang memasuki masa pemulihan setelah operasi. Berikut adalah beberapa manfaat manfaat fisik dan emosional dari tai chi yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Mengurangi Stres

Salah satu manfaat olahraga ini yang cukup populer adalah kemampuannya untuk mengurangi stres dan kecemasan. Sebuah penelitian mengungkapkan, olahraga ini lebih unggul dari yang lain karena mencakup meditasi dan pernapasan terfokus, sehingga mampu mengelola kecemasan terkait stres. Meski begitu, dibutuhkan studi berskala besar untuk membuktikan klaim ini.

2. Meningkatkan Mood

Diyakini bahwa napas dan gerakan yang lambat dengan penuh kesadaran dari olahraga ini memiliki efek positif pada sistem saraf dan hormon pengatur suasana hati. Meski begitu, penelitian lebih lanjut terkait hal ini sedang dilakukan untuk membangun kaitan antara tai chi dan suasana hati yang lebih baik.

3. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Berlatih olahraga ini secara teratur dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Menurut sebuah studi, orang lanjut usia dengan gangguan kognitif yang melakukan olahraga ini seminggu dua kali selama dua bulan dikaitkan dengan tidur yang lebih baik.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi melacak perubahan berat badan pada sekelompok orang dewasa yang berlatih olahraga ini lima kali seminggu selama 45 menit. Pada akhir minggu ke-12, berat badan partisipan berkurang lebih dari 450 gram tanpa tanpa melakukan perubahan gaya hidup tambahan.

5. Meningkatkan Kognisi pada Lansia

Olahraga ini dipercaya mampu meningkatkan kognisi pada lansia dengan gangguan kognitif. Lebih khusus lagi, manfaat tai chi dapat membantu meningkatkan daya ingat dan keterampilan untuk tetap fokus dan melakukan tugas-tugas kompleks.

6. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Olahraga ini dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan fungsi motorik. Selain mengurangi rasa takut jatuh pada lansia, olahraga ini secara signifikan mengurangi jatuh setelah 16 minggu latihan. Pada akhirnya, olahraga ini dapat meningkatkan kualitas hidup seorang yang sudah lanjut usia.

7. Mengurangi Gejala Fibromyalgia

Sebuah studi menunjukkan bahwa melakukan olahraga ini secara konsisten dapat mengurangi gejala fibromyalgia, yaitu nyeri kronis yang bisa terjadi seluruh bagian tubuh. Peserta dalam penelitian ini melakukannya dalam 52 minggu dan mengalami peningkatan penurunan gejala dibanding peserta yang melakukan aerobik.

8. Mengurangi Gejala PPOK

Dalam sebuah penelitian, seseorang yang memiliki kondisi penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan melakukan olahraga ini rutin selama 12 minggu, mengalami peningkatan dalam kemampuan berolahraga dan dilaporkan mengalami peningkatan kualitas hidup secara keseluruhan.

9. Meningkatkan Kekuatan Penderita Parkinson

Dalam uji coba terkontrol secara acak, olahraga ini dapat menurunkan jumlah terjatuh seseorang dengan penyakit Parkinson jika dilakukan secara teratur. Secara umum, olahraga ini juga dapat meningkatkan kekuatan kaki dan keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

10. Mengurangi Rasa Sakit Akibat Arthritis

Dalam studi skala kecil, beberapa partisipan dengan kondisi rheumatoid arthritis (RA) yang melakukan olahraga ini selama 12 minggu dilaporkan mengalami sedikit rasa sakit dan peningkatan mobilitas tubuh di akhir penelitian. Selain itu, sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang memiliki kondisi osteoarthritis (OA) lutut yang melakukan olahraga ini selama 60 menit, dua kali seminggu selama 12 minggu dilaporkan mengalami pengurangan rasa sakit, peningkatan mobilitas, dan peningkatan kualitas hidup. Meski olahraga ini memiliki manfaat, konsultasi dengan dokter diperlukan jika Anda ingin memulainya untuk mengatasi radang sendi.

Baca Juga: Olahraga untuk Lansia: Jenis, Manfaat, dan Panduannya

Gerakan Tai Chi untuk Pemula

Meski olahraga ini termasuk jenis yang aman dan sedikit efek samping, namun bagi seorang pemula yang mencoba untuk melakukannya, Anda mungkin bisa mengalami nyeri. Pertimbangkan untuk menghadiri kelas dengan dengan instruktur untuk mengurangi risiko cedera. Berikut ini adalah beberapa gerakan bagi Anda yang baru melakukannya, di antaranya:

  • Yang style, gaya ini berfokus pada gerakan lambat, anggun, dan relaksasi. Ini adalah gerakan awal yang baik untuk pemula.
  • Wu style, menekankan pada gerakan mikro yang dijalankan dengan sangat lambat.
  • Chen style, teknik ini menggunakan gerakan lambat dan cepat. Gerakan ini mungkin sulit bagi beberapa orang yang baru mengenalnya.
  • Sun style, teknik ini memiliki banyak kesamaan dengan chen style. Akan tetapi sun style lebih sedikit berjongkok, menendang, dan meninju, sehingga tidak menuntut banyak gerakan fisik.
  • Hao style, meski gerakan ini tidak begitu dikenal dan jarang dipraktikkan, gerakan ini menuntut Anda untuk fokus pada posisi akurat dan kekuatan internal.

Pada dasarnya, perbedaan utama berbagai gerakan terletak pada kecepatan dan cara tubuh menahan beban. Mempelajari teknik-teknik dasar dari seorang instruktur adalah ide yang bagus untuk memastikan gaya yang dilakukan sudah benar, efektif, dan tidak menyebabkan cedera.  

 

  1. Anonim. Tai chi: A gentle way to fight stress. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/tai-chi/art-20045184. (Diakses pada 25 September 2020).
  2. Sauer, Mary. 2018. 11 Ways Tai Chi Can Benefit Your Health. https://www.healthline.com/health/tai-chi-benefits#takeaway. (Diakses pada 25 September 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi