Terbit: 14 Agustus 2018 | Diperbarui: 29 Desember 2019
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Manfaat susu untuk pertumbuhan dan kesehatan tubuh tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, banyak wanita yang tentunya sudah tahu bahwa susu memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Tapi tahukah Anda tentang manfaat susu untuk rambut?

4 Manfaat Susu untuk Rambut dan Cara Aplikasinya

Manfaat Susu untuk Rambut

Ya, selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, susu juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk rambut. Kandungan kalsium, protein, mineral, dan berbagai vitamin dalam susu membuatnya tidak hanya baik ketika dikonsumsi, tetapi juga bisa bermanfaat ketika langsung diaplikasikan ke tubuh.

Berbeda dengan produk perawatan kulit berbahan dasar susu, sayangnya masih jarang sekali ditemukan produk berbahan dasar susu untuk rambut. Anda dapat menggunakan susu untuk membilas rambut atau membuat masker susu untuk rambut.

Manfaat susu untuk rambut bisa Anda rasakan dengan mengonsumsi susu, tapi jika menginginkan hasil yang lebih cepat dan terlihat langsung tentunya akan lebih baik jika mengaplikasikan susu untuk rambut secara langsung. Sebelum mencoba keramas atau menggunakan masker susu untuk rambut, berikut adalah manfaat susu untuk rambut yang perlu Anda ketahui!

1. Mengatasi Rambut Kering

Manfaat susu untuk rambut yang pertama adalah mengatasi rambut kering.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Masalah rambut kering bisa sangat mengganggu karena biasanya dibarengi dengan rambut yang kasar, sulit diatur dan juga mudah patah. Jika masalah rambut Anda sudah separah ini, maka yang Anda butuhkan adalah masker susu untuk rambut.

Cara membuat masker susu untuk rambut kering dan kasar:

  • Campurkan susu dengan bahan lainnya seperti minyak zaitun, madu, dan pisang secukupnya.
  • Aplikasikan campuran tersebut ke seluruh rambut hingga ke kulit kepala.
  • Diamkan masker tersebut selama satu jam, lalu bilas hingga bersih.

2. Melembutkan Rambut

Manfaat masker susu untuk rambut yang kedua adalah dapat melembutkan rambut.

Susu bisa menggantikan peran kondisioner yang akan melembapkan folikel rambut. Terjaganya kelembapan folikel rambut akan membuat rambut menjadi lebih lembut dan juga lebih mudah diatur.

Tapi penggunaan susu untuk rambut sedikit berbeda dengan menggunakan kondisioner biasa. Jika biasanya kondisioner biasa tidak perlu dibilas, kondisioner alami seperti susu tentunya mengharuskan Anda membilasnya. Setelah keramas, semprotkan susu pada rambut sambil disisir lembut, lalu diamkan kurang lebih 30 menit, setelah itu bilas kembali dengan air bersih.

Baca Juga : 4 Manfaat Mandi Susu, Bisa Buat Sendiri di Rumah!

3. Memberi Kilau pada Rambut

Manfaat susu untuk rambut yang ketiga adalah memberikan kilau pada rambut.

Penggunaan susu untuk rambut yang digunakan sebagai kondisioner secara rutin juga bisa memberikan kilau pada rambut. Jadi, dengan membilas rambut dan menggunakan masker susu untuk rambut Anda sudah mendapatkan manfaat mulai dari rambut kasar yang hilang, rambut lebih lembut, lebih mudah diatur, dan juga lebih bersinar.

4. Meluruskan Rambut

Manfaat masker susu untuk rambut yang tidak disangka adalah dapat membantu meluruskan rambut.

Banyak wanita yang memiliki rambut keriting dan merasa penasaran bagaimana rasanya memiliki rambut lurus. Menggunakan catokan setiap hari tentunya tidak akan baik untuk rambut, sedangkan melakukan smoothing di salon juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda bisa membuat ramuan pelurus rambut yang lebih ekonomis berbahan dasar susu untuk meluruskan rambut Anda.

Cara meluruskan rambut dengan susu:

  • Campurkan susu dengan stroberi, madu, dan juga pisang. Selain sebagai penambah aroma, bahan-bahan lain juga berguna untuk menambah nutrisi pada rambut.
  • Masukkan cairan tersebut ke dalam sebuah botol spray.
  • Semprotkan ramuan tersebut ke rambut sambil terus menyisir atau menarik rambut.
  • Lakukan selama 20 hingga 30 menit dan lihat langsung perubahan pada rambut Anda.

Selain membilas rambut dengan susu dan menggunakan masker susu untuk rambut, Anda juga bisa mendapatkan manfaat susu untuk rambut dengan cara berendam di susu. Berendam di susu atau mandi susu akan langsung memberikan Anda dua manfaat sekaligus yaitu manfaat susu untuk rambut dan juga untuk kesehatan kulit.

Mandi susu bisa Anda lakukan dengan cara mencampurkan dua hingga tiga gelas susu ke dalam air mandi Anda ditambah dengan minyak esensial untuk menambahkan aroma relaksasi ketika mandi.

 

Sumber:

  1. Anonim. Naptural85’s Favorite DIY Milk Deep Conditioner for Natural Hair. https://www.naturallycurly.com/curlreading/products/can-i-wash-my-natural-hair-with-milkg. (Diakses 29 Desember 2019).
  2. Arterbery, Andrea. 2016. The Benefits of Applying Milk to Your Hair and Skin. https://www.allure.com/story/the-benefits-of-applying-milk. (Diakses 29 Desember 2019).
  3. C, Ameya. 2019. How To Straighten Your Hair Naturally With Milk?. https://www.stylecraze.com/articles/straighten-hair-naturally-milk/#gref. (Diakses 29 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi