Sederet Manfaat Susu Unta untuk Kesehatan

doktersehat-khasiat-susu-kambing-untuk-kulit
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Susu merupakan sumber kalsium dan protein yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh, serta kepadatan tulang. Oleh sebab itu, susu sangat dianjurkan untuk diminum secara rutin setiap hari. Biasanya, jenis susu yang kita minum adalah susu sapi dan susu kedelai. Kedua jenis susu tersebut telah terbukti dapat memberikan efek baik bagi kesehatan tubuh dan tulang.

Akan tetapi, ada jenis susu lain yang ternyata tidak kalah dari susu sapi dan susu kedelai, yaitu susu unta. Mungkin Anda masih merasa asing dengan susu ini. Pasalnya, susu unta belum lazim dikonsumsi di Indonesia. Walaupun begitu, ternyata susu unta mengandung kalori lebih rendah daripada susu sapi. Selain itu, susu ini juga kaya akan vitamin dan zat besi. Adapun manfaat dari susu unta antara lain:

1. Baik Untuk Anemia

Anemia atau kurang darah umumnya dapat menyerang siapa saja, khususnya bagi Anda yang suka begadang. Ketika Anda mengalami anemia, salah satu gejala yg akan ditimbulkan adalah pusing yang hebat. Tentu saja hal tersebut dapat mengganggu aktivitas Anda, bukan? Untuk mengatasi anemia, Anda bisa mencoba untuk minum susu unta. Hal ini dikarenakan susu unta dianggap sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita anemia karena mengandung zat besi yang tinggi.

2. Mengobati Diabetes

Selain anemia, susu unta juga bermanfaat sebagai obat untuk menyembuhkan diabetes. Diabetes bisa disebabkan oleh kebiasaan Anda mengonsumsi makanan manis sehingga menyebabkan gula darah meningkat. Anda bisa mengonsumsi susu unta untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Sebab, susu unta sangat baik dalam menjaga tingkat insulin dalam tubuh.

3. Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan

Umumnya, orang akan mengonsumsi susu sapi untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh mereka. Mulai sekarang, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengonsumsi susu unta yang juga bisa mendukung pertumbuhan dan perkembangan. Kandungan protein hewani di dalamnya sangat baik untuk pertumbuhan tulang serta perkembangan otak.