Terbit: 16 Desember 2020 | Diperbarui: 17 Desember 2020
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Susu UHT adalah minuman yang memiliki sejumlah manfaat penting bagi kesehatan tubuh. Tidak heran, susu ini kerap direkomendasikan sebagai salah satu menu sehari-hari. Apa saja manfaat UHT milk yang dimaksud tersebut? Simak informasi selengkapnya berikut ini!

10 Manfaat Susu UHT bagi Kesehatan Tubuh

Apa Itu Susu UHT?

Susu ultra-high temperature atau umum kita kenal sebagai susu UHT adalah susu sapi segar yang—sesuai dengan namanya—telah melewati proses pengolahan pasteurisasi menggunakan alat khusus bertemperatur tinggi (ultra-high temperature pasteurization). Teknik pengolahan seperti ini bertujuan untuk membunuh bakteri-bakteri yang terdapat pada susu.

Kendati dipanaskan dalam suhu yang sangat tinggi—bisa lebih dari 135 derajat celcius—susu ini tak lantas kehilangan kandungan nutrisinya. Selain nutrisi yang tetap terjaga, susu justru jadi lebih aman untuk dikonsumsi. Tidak hanya itu, susu bahkan masih bisa diminum setelah 9 bulan tersimpan.

Manfaat Susu UHT bagi Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi susu UHT akan memberikan beragam manfaat baik bagi tubuh Anda. Hal ini tidak lepas dari fakta bahwa memang susu sapi mengandung sejumlah nutrisi penting, sebut saja seperti:

  • Kalsium
  • Potasium
  • Zinc
  • Magnesium
  • Vitamin A
  • Vitamin B12
  • Riboflavin
  • Vitamin D
  • Protein

Berikut ini adalah manfaat susu UHT bagi kesehatan tubuh yang penting untuk Anda ketahui.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

1. Mengoptimalkan Pertumbuhan Tulang dan Gigi pada Anak

Manfaat pertama dari minum susu ini setiap hari adalah dapat mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi, khususnya pada anak-anak yang memang sedang dalam masa pertumbuhan. Ini tidak lain karena pada susu yang juga dikenal dengan sebutan “long-life milk”  tersebut terkandung zat-zat yang memang diperlukan oleh tulang dan gigi agar dapat tumbuh secara optimal.

Apa saja zat yang dimaksud? Ialah kalsium dan vitamin D. Ya, keduanya telah terbukti secara ilmiah memiliki peran penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan tulang maupun gigi.

Anak-anak dalam rentang usia 1-8 tahun membutuhkan sekitar 700-1000 mg kalsium per harinya. Kekurangan mineral ini pun dapat menghambat pertumbuhan tulangnya.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Sementara bagi Anda yang sudah tidak dalam masa pertumbuhan, mengonsumsi susu UHT tetap diperlukan untuk tetap menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ya, kalsium dan vitamin D pada susu selain berperan untuk membantu pembentukan tulang, juga berfungsi menjaga agar tingkat kepadatan dan kekuatan tulang tetap baik. Orang dewasa memerlukan sekitar 1000-1200 mg kalsium per harinya.

Kurangnya asupan kalsium maupun vitamin D pada orang dewasa pun dikaitkan dengan sejumlah masalah tulang. Salah satu yang paling umum ialah pengeroposan tulang atau yang kita kenal sebagai osteoporosis.

3. Meningkatkan Fungsi Saraf

Manfaat susu UHT selanjutnya adalah untuk meningkatkan fungsi dari sistem saraf. Ya, selain memiliki fungsi utama sebagai penunjang kesehatan tulang dan gigi, kalsium pada susu ini juga memiliki peran dalam menjaga dan memaksimalkan fungsi saraf-saraf tubuh.

4. Sumber Energi

Kandungan berbagai macam nutrisi dan vitamin pada susu UHT juga menjadikannya sebagai minuman yang patut Anda konsumsi setiap hari guna meningkatkan energi tubuh.

Sudah banyak penelitian yang membuktikan jika susu sapi segar efektif dalam menambah energi, dengan catatan, kandungan nutrisinya tetap dipertahankan. Nah, susu UHT mengalami proses pengolahan dengan teknik khusus yang tidak menyebabkan nutrisinya hilang. Jadi, Anda bisa mengonsumsi susu ini terlebih dahulu setiap pagi sebelum melakukan aktivitas.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat lainnya dari susu UHT yang tidak kalah penting adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ya, apalagi dalam kondisi wabah COVID-19 seperti sekarang ini, menjaga agar tubuh tidak terserang penyakit menjadi suatu hal yang penting.

Susu UHT dengan segala kandungan nutrisinya tersebut dapat membantu agar sistem imun tubuh kita senantiasa dapat mengerjakan tugasnya dengan baik, yakni untuk menangkal serangan penyakit termasuk virus Corona. Oleh karena itu, sebaiknya jadikan susu ini sebagai salah satu menu sehat Anda dan keluarga sehari-hari, terutama di pagi hari sebelum beraktivitas.

Baca Juga: 11 Manfaat Susu Kunyit dan Kandungan Nutrisinya (Lengkap)

6. Membantu Proses Penyerapan Vitamin

Mengonsumsi susu UHT setiap hari juga bertujuan untuk membantu tubuh agar dapat menyerap nutrisi—khususnya vitamin—dengan baik. Mengapa demikian?

Susu ini—pada umumnya—memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Vitamin memerlukan peran lemak agar dapat larut dan akhirnya mengalami proses metabolisme oleh tubuh.

7. Mendukung Perkembangan Otak

Selain itu, lemak—kendati kerap mendapat konotasi negatif karena memiliki efek buruk seperti menambah berat badan dan sebagainya—juga berfungsi untuk mendukung perkembangan otak. Ini khususnya bagi anak-anak yang sedang melalui fase pertumbuhan dan perkembangan.

8. Menurunkan Risiko Diabetes dan Penyakit Jantung

Sejumlah studi menunjukkan jika pada susu sapi segar—termasuk yang sudah melalui proses pasteurisasi UHT—memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yakni omega-3. Adanya kandungan lemak sehat tersebut membuat minuman ini juga dapat menurunkan risiko penyakit kronis berbahaya seperti diabetes dan penyakit jantung.

9. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otot

Kandungan protein pada susu UHT menghasilkan manfaat yakni dapat menjaga kesehatan dan fungsi otot.

Pada atlet atau orang yang gemar melakukan olahraga intensitas tinggi, minum susu dapat membantu pemulihan otot-otot yang rusak.

10. Tahan Lama

Susu ini telah melalui proses pasteurisasi, maka tidak heran jika susu ini dapat bertahan lebih lama. Bahkan, susu masih bisa Anda konsumsi setelah 9 bulan, lho!

Namun, hal ini berlaku apabila susu masih dalam keadaan tersegel di dalam kemasannya. Sementara jika kemasan susu sudah Anda buka, maka susu harus dihabiskan secepatnya.

 

  1. Anonim. Long-Life Milk. https://www.dairy.com.au/products/milk/long-life-milk (accessed on 16 December 2020)
  2. Anonim. 2009. Long-Life Milk. https://www.nhs.uk/news/food-and-diet/long-life-milk/ (accessed on 16 December 2020)
  3. Kuballa, J. 2018. 5 Ways That Drinking Milk Can Improve Your Health. https://www.healthline.com/nutrition/milk-benefits#TOC_TITLE_HDR_3 (accessed on 16 December 2020)
  4. Ware, M. 2020. What to know about milk. https://www.medicalnewstoday.com/articles/273451 (accessed on 16 December 2020)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi