Terbit: 13 Februari 2020 | Diperbarui: 16 Mei 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Apa saja manfaat susu kunyit untuk kesehatan? Sebagian besar masyarakat mengenal kunyit sebagai rempah, bumbu masakan, atau olahan jamu. Kunyit ternyata juga diolah dalam sajian susu, lho! Ketahui apa saja kandungan, khasiat susu kunyit, cara membuatnya, dll.

manfaat-susu-kunyit-doktersehat

Kandungan Nutrisi Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah asli Indonesia yang digunakan sebagai bahan pelengkap makanan untuk menambah cita rasa dan aroma menjadi lebih nikmat. Kunyit juga dimanfaatkan sebagai obat tradisional dalam olahan jamu karena rempah ini memiliki kandungan nutrisi alami.

Berdasarkan United States Department of Agriculture (USDA) National Nutrient Database, berikut ini adalah kandungan nutrisi kunyit dalam takaran satu sendok makan:

  • 29 kalori.
  • Protein 0,91 gram.
  • Lemak 0,31 gram.
  • Karbohidrat 6.31 gram.
  • Serat 2,1 gram.
  • Gula 0,3 gram.
  • 26% dari kebutuhan mangan harian.
  • 16% dari kebutuhan zat besi harian.
  • 5% dari kebutuhan potasium harian.
  • 3% dari kebutuhan vitamin C harian.

Kandungan alami pada kunyit ini dipercaya membawa manfaat kesehatan untuk tubuh sehingga dijadikan bahan dasar berbagai olahan obat tradisional seperti jamu kunyit, susu kunyit, hingga masker kunyit.

Manfaat Susu Kunyit bagi Kesehatan

Susu kunyit atau yang dikenal juga sebagai golden milk adalah minuman tradisional India yang dipercaya memiliki banyak khasiat untuk perawatan kesehatan secara alami.

Berikut ini adalah manfaat susu kunyit, yaitu:

1. Membantu Mengatasi Peradangan

Rempah-rempah seperti kunyit, jahe, kayu manis memiliki efek antiinflamasi yang sangat kuat. Inflamasi atau peradangan adalah respon sistem imun tubuh terhadap infeksi atau penyakit yang menyerang tubuh.

Efek antiinflamasi ini akan membantu tubuh untuk mencegah peradangan kronis yang dikaitkan dengan beberapa kondisi kronis seperti sindrom metabolik, Alzheimer, penyakit jantung, dan kanker.

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Berdasarkan penelitian, kurkumin sebagai bahan aktif kunyit dapat membantu meningkatkan level brain-derived neurotrophic factor (BDNF) atau faktor neurotropik yang diturunkan dari otak.

BDNF ini berperan untuk mendukung pertumbuhan sel-sel otak serta melancarkan koneksi antar sel. Apabila seseorang memiliki level BDNF yang rendah, maka akan meningkatkan risiko gangguan otak, Alzheimer, Parkinson, serta menurunnya fungsi memori otak.

Baca Juga: 23 Manfaat Kunyit bagi Kesehatan, Mengatasi Penyakit Ringan Hingga Kronis

3. Mengurangi Risiko Kanker

Pengobatan alami untuk mengatasi kanker semakin dicari sebagai alternatif selain perawatan kanker secara medis, termasuk dalam kandungan rempah-rempah seperti kunyit, jahe, dan kayu manis.

Kunyit mengandung antioksidan yang merupakan komponen penting untuk tubuh dalam melawan bahaya radikal bebas. Radikal bebas adalah atom tidak stabil yang memicu kerusakan sel dan menyebabkan kanker.

Sebuah penelitian menyampaikan bahwa bahan aktif kunyit yaitu kurkumin berpotensi untuk menekan risiko pertumbuhan sel-sel kanker dan membatasi kemampuan sel-sel kanker tersebut untuk menyebar. Walaupun demikian, penelitian ini masih terbatas dan memerlukan uji medis yang lebih pasti.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat susu kunyit selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Kurkumin adalah bahan aktif utama dalam kunyit yang berperan dalam berbagai fungsi kesehatan tubuh. Kurkumin meningkatkan fungsi endotel atau fungsi pembuluh darah yang kemudian melindungi kesehatan jantung.

Berdasarkan penelitian, kandungan kurkumin dapat mengurangi 65% risiko seseorang mengalami serangan jantung. Selain itu, kunyit juga memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan untuk melindungi kesehatan jantung.

5. Meredakan Nyeri Sendi

Sifat antiinflamasi dari kurkumin dipercaya dapat meredakan nyeri sendi seperti osteoartritis dan rheumatoid arthritis.

Penelitian pada 45 orang penderita rheumatoid arthritis mengalami gejala nyeri sendi yang berkurang setelah mengonsumsi 50 miligram kurkumin setiap hari. Efek meredakan nyeri sendi ini bahkan lebih baik dari dosis 50 gram obat radang sendi.

Selain itu, bahan pelengkap lain dalam susu kunyit yaitu kayu manis dan jahe juga memiliki sifat anti inflamasi untuk membantu meredakan nyeri sendi. Penelitian lain juga membuktikan bahwa 247 orang penderita osteoarthritis yang mengonsumsi jahe selama 6 minggu merasakan gejala osteoarthritis yang berkurang.

6. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Golden milk atau susu kunyit dibuat dari rempah-rempah kunyit, jahe, dan kayu manis. Ketiga bahan ini ternyata memiliki kandungan alami yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

Kandungan alami pada kayu manis dapat mengurangi kadar resistensi insulin, dimana sel-sel yang resisten terhadap insulin tidak dapat mengolah gula sehingga gula menumpuk di dalam darah.

Sementara jahe dikatakan dapat membantu menurunkan kadar HbA1C hingga 10% yang difungsikan sebagai pengontrol gula darah jangka panjang. Walaupun demikian, penelitian lanjutan masih dibutuhkan untuk membuktikan khasiat ini.

Selain itu, kebanyakan orang mungkin menambahkan madu atau jenis pemanis buatan lainnya dalam bahan-bahan susu kunyit yang malah akan meningkatkan risiko gula darah naik.

7. Sumber Antioksidan

Pengobatan Ayurvedic telah menggunakan kunyit sebagai obat tradisional selama berabad-abad karena kurkumin sebagai komponen aktif kunyit adalah sumber antioksidan yang kuat.

Manfaat antioksidan adalah untuk menjaga tubuh dari kerusakan sel-sel yang memicu stres oksidatif dan juga mengurangi risiko infeksi dan penyakit termasuk kanker.

8. Membantu Menjaga Kesehatan Pencernaan

Berdasarkan penelitian, kunyit dapat meningkatkan pencernaan lemak dan produksi empedu hingga 63%, serta meredakan gejala gangguan pencernaan. Kunyit juga dapat mengurangi gejala kolitis ulserativa, yaitu peradangan kronis pada usus besar.

9. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat vitamin D adalah untuk menjaga kesehatan tulang, membuat tulang tetap kuat, serta meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan di usus. Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko masalah tulang seperti tulang lemah atau rapuh.

Walaupun demikian, bahan-bahan lain di dalam susu nabati berpengaruh pada kadar kandungan vitamin D dan kalsium, karena tidak semua susu nabati mengandung vitamin D dan kalsium.

10. Memiliki Efek Antibakteri, Antiviral, dan Antijamur

Kunyit dan bahan tambahan lainnya seperti jahe dan kayu manis memiliki sifat antibakteri, antiviral, dan anti jamur untuk mencegah infeksi dan penyakit. Susu kunyit ini bahkan dijadikan obat tradisional untuk mengatasi pilek dan flu biasa di India.

Selain itu, golden milk atau susu kunyit juga diperkaya dengan sifat antioksidan dan antiinflamasi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

11. Memperbaiki Suasana Hati

Berdasarkan penelitian, penderita gangguan depresi mayor yang diberi kurkumin selama 6 minggu mengalami peningkatan kesehatan mental yang sama dengan mereka yang menggunakan kombinasi antidepresan.

Selain itu, kurkumin juga meningkatkan level brain-derived neurotrophic factor (BDNF) atau faktor neurotropik yang diturunkan dari otak yang dikaitkan dapat mengurangi gejala depresi dan meningkatkan suasana hati seseorang.

Itulah manfaat susu kunyit untuk kesehatan. Beberapa studi menyampaikan beberapa potensi khasiat susu kunyit untuk membantu mengatasi penyakit, namun penelitian lebih banyak masih dibutuhkan untuk pembuktian secara medis.

Cara Membuat Susu Kunyit

Susu kunyit banyak dijual dipasaran namun Anda dapat membuatnya sendiri dengan bahan-bahan sederhana. Berikut ini adalah cara membuat susu kunyit, yaitu:

Bahan-Bahan: 

  • 1 sdm kunyit.
  • ½ gelas susu non dairy seperti susu kelapa atau almond.
  • 1 sdt jahe parut atau ½ sdt bubuk jahe.
  • ½ bubuk kayu manis.

Cara Membuat Susu Kunyit: 

  • Campurkan seluruh bahan ke dalam panci.
  • Rebus hingga mendidih selama sekitar 10 menit.
  • Susu kunyit siap disajikan.

Anda dapat menambahkan madu sebagai pelengkap. Susu kunyit yang dibuat sendiri dapat bertahan selama kurang lebih 5 hari di dalam lemari pendingin. Susu kunyit adalah alternatif pilihan susu nabati untuk memelihara kesehatan. Itulah pembahasan tentang manfaat susu kunyit. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

  1. Fletcher, Jenna. 2019. What are the benefits of golden milk?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324181.php. (Diakses pada 13 Februari 2020).
  2. Petre, Alina, MS, RD (CA). 2018. 10 Benefits of Golden (Turmeric) Milk and How to Make It. https://www.healthline.com/nutrition/golden-milk-turmeric#section1. (Diakses pada 13 Februari 2020).
  3. Ware, Megan RDN, L.D. 2018. Everything you need to know about turmeric. https://www.medicalnewstoday.com/articles/306981.php. (Diakses pada 13 Februari 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi