Berbagai Manfaat Susu Beruang untuk Wajah dan Cara Menggunakannya!

manfaat-susu-beruang-untuk-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Susu beruang adalah sebutan populer untuk bear brand yang merupakan salah satu merek susu yang populer di Indonesia. Susu beruang memiliki rasa yang lezat dan dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Di sisi lain, banyak orang yang justru mecoba susu beruang untuk perawatan wajah. Penasaran seperti apa manfaat susu beruang untuk wajah? Simak selengkapnya dalam artikel ini!

Kandungan Susu Beruang

Susu beruang terbuat dari susu sapi murni, sehingga tentunya juga kaya nutrisi seperti susu pada umumnya. Susu beruang memiliki kandungan vitamin A, C, D, B2, B6, dan juga vitamin B12. Susu beruang juga memilki kandungan mineral seperti magnesium, kalsium, dan selenium. Hal ini lah yang membuat susu beruang dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan.

Manfaat susu beruang untuk kesehatan adalah seperti meningkatkan sistem imun, mengeluarkan racun dalam tubuh, mencegah osteoporosis, melancarkan aliran darah, mengontrol kadar kolesterol, hingga menjaga fungsi otak. Selain kandungan vitamin dan mineral dalam susu beruang, terdapat juga asam laktat yang berasal dari AHA dalam susu beruang.

Perlu diketahui bahwa AHA atau Alpha Hydroxy Acid merupakan salah satu senyawa yang terdapat dalam berbagai produk kecantikan. AHA relatif aman untuk segala jenis kulit dan memiliki fungsi utama sebagai eksfoliator. Berkat kandungan AHA, multivitamin, dan mineral di dalamnya ini, susu beruang pun banyak dimanfaatkan untuk kecantikan.

Manfaat Susu Beruang untuk Wajah

Susu beruang memang bukan diciptakan sebagai produk perawatan wajah, tapi ternyata hal ini tidak menyurutkan rasa penasaran para beauty enthusiast untuk mecoba perawatan dengan susu beruang. Menggunakan susu beruang sama seperti menggunakan bahan alami untuk perawatan kecantikan. Berikut adalah berbagai manfaat susu beruang untuk kecantikan yang bisa Anda dapatkan!

1. Menghaluskan kulit

Manfaat susu beruang untuk wajah yang pertama adalah dapat menghaluskan kulit. Penggunaan masker susu beruang secara rutin dapat membantu memperbaiki tekstur kulit dan membuatnya menjadi lebih halus. Manfaat yang satu ini didapatkan karena susu beruang memang memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu proses regenerasi kulit.

2. Mengatasi jerawat

Manfaat susu beruang untuk wajah yang kedua adalah dapat mengatasi jerawat. Manfaat susu beruang untuk wajah berjerawat bisa didapatkan dengan cara mencampurkan susu beruang dengan bahan alami lain yang juga umum digunakan untuk mengatasi jerawat. Bahan alami yang dapat Anda campurkan adalah seperti perasan lemon atau kunyit bubuk.

3. Menyamarkan bekas jerawat

Manfaat susu beruang untuk wajah selanjutnya adalah dapat menyamarkan bekas jerawat. Menghilangkan bekas jerawat terkadang lebih sulit dan membutuhkan waktu yang lebih lama daripada menghilangkan jerawat. Susu beruang dapat menjadi eksfoliator yang membantu mengangkat sel kulit mati dan membantu regenerasi kulit sehingga bekas jerawat pun dapat tersamarkan.

4. Melembapkan kulit

Melambapkan kulit juga merupakan salah satu manfaat dari susu beruang. Kandungan AHA serta vitamin dalam susu beruang dapat membantu menghidrasi kulit. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya juga bahwa susu beruang aman untuk digunakan untuk semua jenis kulit. Pemilik kulit kering dapat mencoba masker susu beruang untuk mendpatkan kulit yang lebih lembap.

5. Mengencangkan kulit

Manfaat susu beruang untuk wajah yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah mengencangkan kulit. Masker susu beruang dapat membantu menangkal radikal bebas. Selain itu, proses regenerasi kulit juga dapat terjaga.

Adanya vitamin D dalam susu beruang juga dapat membantu produksi kolagen. Semua manfaat tersebut membuat pengguna masker susu beruang mendapatkan wajah yang tetap kencang dan terjaga elastisitasnya.

6. Mencerahkan warna kulit

Mencerahkan atau bahkan memutihkan wajah adalah manfaat susu beruang untuk wajah yang paling populer. AHA bekerja sebagai eksfoliator yang membantu mengangkat sel kulit mati. Sedangkan kandungan vitamin dan mineral bekerja untuk menutrisi kulit. Penggunaan masker susu beruang secara rutin dipercaya dapat membuat kulit lebih cerah dan menghilangkan belang sehingga warna kulit pun jadi lebih merata.

Cara Menggunakan Susu Beruang untuk Wajah

Penggunaan susu beruang untuk wajah dapat dilakukan dengan berbagai cara. Sebelumnya sudah disebutkan untuk mendapatkan manfaat susu beruang untuk wajah berjerawat sebaiknya mecampurkan susu beruang dengan lemon atau kunyit untuk dijadikan sebagai masker. Selain kedua campuran tersebut, masih banyak lagi pengaplikasian masker susu beruang yang berbeda-beda.

Berikut adalah 3 cara mengaplikasikan susu beruang untuk wajah yang paling sering dicoba!

1. Susu beruang menggunakan kapas

Cara pertama adalah dengan cara mengaplikasikan susu beruang saja dengan menggunakan kapas. Manfaat masker yang satu ini adalah untuk mencerahkan wajah, melembapkan, dan membuat wajah lebih glowing. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Tuangkan susu ke dalam sebuah wadah.
  • Rendam kapas ke dalam susu beruang yang sudah dituang tersebut.
  • Ambil kapas yang telah basah dan oleskan ke seluruh wajah.
  • Diamkan hingga susu di wajah mengering kurang lebih selama 10-15 menit.
  • Bilas dengan air bersih.

2. Susu beruang dan tepung beras

Campuran masker susu beruang yang paling banyak diminati selanjutnya adalah campuran susu beruang dan tepung beras. Manfaat masker ini adalah untuk melembabkan, menyamarkan noda jerawat, meratakan warna kulit, dan membuat wajah glowing. Cara menggunakan masker susu beruang dan tepung beras adalah sebagai berikut:

  • Campurkan 1 sdt tepung beras dengan susu secukupnya.
  • Setelah campuran merata, aplikasikan ke seluruh wajah.
  • Tunggu selama 10-15 menit.
  • Bilas dengan air bersih.

3. Susu beruang dan kopi

Campuran masker yang terahir adalah susu beruang dan kopi. Manfaaat masker ini tidak jauh berbeda dengan masker sebelumnya. Perbedaannya adalah selain dijadikan masker, campuran ini juga dapat diaplikasikan sebagai scrub wajah. Berikut adalah cara penggunaannya:

  • Campurkan kopi bubuk dan susu beruang secukupnya.
  • Aplikasikan campuran tersebut ke seluruh wajah.
  • Diamkan 10-15 menit atau hingga kering.
  • Jika digunakan sebagai masker, bilas langsung dengan air bersih. Jika digunakan sebagai scrub, gosok perlahan hingga masker rontok, baru kemudian bilas wajah dengan air bersih.

Sebelum mengaplikasikan masker, pastikan wajah sudah terbebas dari make up dan sudah dibersihkan. Sekian informasi tentang manfaat susu beruang untuk wajah dan cara penggunaannya. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya perawatan harus dilakukan secara konsisten dan rutin. Selamat mencoba!