10 Manfaat Bawang Merah bagi Kesehatan

doktersehat-bawang-merah-untuk-kesehatan-kulit
Photo Credit: Pexels.com

Doktersehat.com – Ternyata tak hanya bawang putih saja yang berkhasiat bagi kesehatan. Manfaat bawang merah pun sangat melimpah karena mengandung vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Tapi, kandungan vitamin dan nutrisinya hanya dapat bermanfaat jika dikonsumsi saat mentah saja. Apabila sudah dimasak maka vitamin dan nutrisinya akan berkurang bahkan hilang.

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan

Berikut khasiat bawang yang baik untuk kesehatan bila dikonsumsi dalam keadaan mentah:

1. Mengatasi sembelit

Bawang merah mengandung serat yang dapat menghilangkan racun dan kotoran keras yang melekat di usus – sehingga dapat melancarkan pencernaan.

2. Melegakan tenggorokan

Manfaat bawang merah dapat mengobati tenggorokan yang sakit. Jus bawang merah segar dapat melegakan tenggorokan yang sakit akibat terserang batuk dan pilek. Untuk menambah cita rasa beri tambahan gula jawa atau madu ke dalam jus bawang.

3. Mengontrol diabetes

Flavonoid dalam bawang merah membantu mengobati banyak penyakit, salah satunya adalah diabetes. Beberapa penelitian juga menunjukkan manfaat bawang merah yang meningkatkan prosuksi insulin dan membantu mengontrol berat badan yang berhubungan dengan diabetes. Sifat tertentu dari bawang merah membantu merangsang sekresi insulin, yang menurunkan respons inflamasi yang terkait dengan diabetes.

4. Menyehatkan jantung

Khasiat bawang merah mentah dapat membuka arteri yang tertutup dan mengontrol tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, mengonsumsi bawang merah secara teratur bisa mencegah penyakit jantung koroner.

5. Menjaga tingkat kolesterol

Kandungan sulfur asam amino dan methylallyl sulfida dalam bawang merah bermanfaat mengurangi level kolesterol jahat. Nah, bagi Anda yang mengalami kelesterol, mulai sekarang rutinlah makan bawang merah mentah.

6. Mencegah perkembangan sel kanker

Tak hanya bermanfaat mengobati, khasiat bawang merah juga dapat mencegah penyakit berbahaya sekalipun. Kandungan belerang pada bawang merah diketahui mampu mencegah kanker prostat dan munculnya sel kanker. Selain itu, bawang merah segar juga dapat melindungi dada, perut, paru-paru, dan kolon.

7. Detoksifikasi

Manfaat bawang merah dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang memainkan peran penting dalam membuang racun dari aliran darah, sehingga membantu detoksifikasi. khasiat bawang merah juga menstimulasi enzim pencernaan, mereka adalah unsur penting untuk detoksifikasi hati.

8. Meningkatkan kesehatan otak

Salah satu alasan manfaat bawang merah dapat meningkatkan kesehatan otak adalah kehadiran folat. Ini adalah salah satu dari delapan vitamin B, dan itu meningkatkan fungsi otak dengan berkontribusi pada kesehatan mental dan emosional. Folat juga melindungi DNA dan RNA tubuh Anda.

Nutrisi penting lainnya dalam bawang merah adalah zat besi, yang juga sangat penting untuk fungsi otak. Bawang merah juga mengandung senyawa lain yang disebut pyrithione, yang ditemukan untuk melawan peradangan otak dan meningkatkan aktivitas neurologis. Sifat-sifat anti-radang dari bawang merah ini juga dapat membantu mencegah Alzheimer – kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat. Bawang merah juga dapat menenangkan saraf dan mengobati iritasi saraf.

9. Meningkatkan kesehatan tulang

Satu studi pada wanita pra dan pascamenopause menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang merah dapat meningkatkan kepadatan tulang. Mereka yang mengonsumsi bawang merah sekali sehari atau lebih memiliki kepadatan tulang yang 5% lebih besar daripada yang tidak.

Meskipun kita membutuhkan lebih banyak penelitian untuk membentuk dasar konkret, ada penelitian yang menyatakan wanita yang lebih tua mengonsumsi bawang merah secara teratur dapat mengurangi risiko patah tulang pinggul sebanyak 20%. Bawang merah juga dapat membantu mencegah osteoporosis dan meningkatkan kesehatan gigi.

10. Meningkatkan imunitas

Protein dan peptida dalam bawang merah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Khasiat bawang merah juga memiliki efek antioksidan – yang membantu melawan penyakit dan infeksi umum. Beberapa penyakit ini termasuk pilek, flu, demam, dan bronkitis.

Jika Anda tidak senang mengonsumsi bawang merah dalam keadaan mentah, sebaiknya siasati dengan mencampurkan bawang merah ke dalam makanan kesukaan Anda seperti, pecel, urab, burger, atau salad sayur.

Tips setelah makan bawang, segera sikat gigi untuk menghindari munculnya bau tidak sedap setelah mengunyah bawang merah.