Manfaat Sunflower Oil untuk Kulit

minyak-esensial-doktersehat
Photo Credit: flickr.com

DokterSehat.Com– Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan bunga Matahari bukan? Yup! Bunga dengan ukuran besar ini ternyata juga kerap digunakan sebagai bahan perawatan kulit. Pasalnya, biji bunga matahari mengandung bahan-bahan aktif yang bermanfaat bagi tubuh dan kulit.

Tidak heran jika biji bunga matahari yang diolah dalam bentuk minyak esensial kerap ditambahkan pada sejumlah skincare. Berikut sejumlah manfaat yang diberikan oleh sunflower oil bagi kulit.

1. Melembapkan Kulit

Dilansir dari laman True Organic of Sweden, sunflower oil mengandung vitamin E yang dapat mengunci kelembapan sel kulit. Tidak heran jika sunflower oil dapat menjaga kelembapan kulit secara optimal.

2. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya melembapkan, penggunaan sunflower oil juga dapat mencegah penuaan dini. Apalagi yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal ini pun telah dikonfirmasi oleh University of Maryland Medical Center yang menyebut vitamin E pada sunflower oil ampuh menjaga produksi kolagen dan elastisitas kulit.

3. Mengandung Bahan Anti Bakteri

Mengoleskan sunflower oil juga dapat menjaga kebersihan kulit dari serangan bakteri mau pun jamur kulit. Hal ini lantaran sunflower oil mengandung bahan anti bakteri yang juga dapat digunakan untuk membasmi bakteri penyebab jerawat.

4. Meredakan Peradangan

Kandungan fatty acid pada sunflower oil ternyata dapat membantu meredakan peradangan pada kulit dalam waktu singkat. Tidak hanya itu saja, linoleic acid pada sunflower oil juga ampuh meredakan peradangan yang disebabkan oleh masalah jerawat hingga sunburn.

Kendati bahan satu ini masih belum sepopuler tea tree oil, tetapi sunflower oil nyatanya kerap digunakan sebagai bahan pelengkap pada sejumlah skincare. Bahkan, tidak jarang pula sejumlah brand skincare memproduksi suplemen vitamin E yang didapat dari sunflower oil.