10 Manfaat Squat Jump (No. 5 Khusus untuk Pria)

manfaat-squat-jump-doktersehat

DokterSehat.Com – Squat jumps adalah latihan dasar yang berguna untuk meningkatkan kelincahan dan kekuatan tubuh. Latihan ini sering digunakan sebagai gerakan awal untuk mengembangkan kecakapan lain seperti vertical jump, high jump, long jump, and box jumps. Simak penjelasan lengkap mengenai manfaat squat jump dan manfaat squat thrust di bawah ini.

Apa Itu Squat?

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat squat jump, hal penting yang perlu diketahui adalah pengertian olahraga squat. Squat adalah sebuah latihan kekuatan di mana seseorang menurunkan pinggul dari posisi berdiri dan kemudian berdiri kembali.

Olahraga squat dianggap sebagai latihan penting untuk meningkatkan kekuatan dan ukuran otot tubuh bagian bawah, serta mengembangkan kekuatan inti. Otot agonist (otot yang bereaksi dalam menanggapi stimulus sadar atau terpaksa dan menciptakan gerakan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas) yang digunakan selama menjalankan squat adalah quadriceps femoris, adductor magnus, dan gluteus maximus.

Manfaat Squat bagi Kesehatan

Pada dasarnya, terdapat banyak variasi squat yang dapat Anda lakukan untuk melatih otot-otot di tubuh. Contoh squat lain yang bisa dilakukan adalah one-legged squats, sumo squats, pistol squats, wide-stance squats dan goblet squats.

Berikut ini adalah beberapa manfaat squat jump yang berguna bagi kesehatan, di antaranya:

1. Membakar kalori dan lemak

Manfaat squat jump yang pertama adalah kemampuannya membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Olahraga ini sangat dianjurkan terutama mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Squat jump membuat kalori dan lemak yang menumpuk di perut dan pinggang luruh dengan cepat. Semakin rutin Anda melakukannya, semakin cepat pula manfaat yang dirasakan.

2. Melatih otot kaki

Olahraga squat memiliki banyak variasi, salah satunya adalah squat thrust. Manfaat squat thrust adalah membantu membentuk otot kaki secara efektif dan cepat. Selain otot kaki, squat mengandalkan berbagai otot, seperti otot perut, tangan, dan pinggang. Jika rutin melakukan hal ini, maka Anda bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa kendala.

3. Mengurangi risiko cedera

Manfaat squat jump dan manfaat squat thrust sama-sama berguna untuk mengurangi terjadinya cedera. Olahraga squat sendiri biasanya dilakukan sebagai gerakan dasar atau pemanasan dalam berolahraga. Saat otot sudah kuat, maka risiko cedera pun akan berkurang sehingga aktivitas olahraga dapat berjalan lancar tanpa takut cedera.

Anda mungkin berpikir latihan plyometrik seperti squat jump buruk bagi lutut. Sebenarnya, latihan plyometrik seperti squat dapat dimasukkan ke dalam program pelatihan untuk membantu mencegah cedera lutut.

Manfaat squat jump pada akhirnya dapat memperkuat otot-otot yang mendukung lutut dan meningkatkan komunikasi antara saraf dan otot-otot yang mengendalikan lutut.

4. Meningkatkan metabolisme

Selain membentuk otot, manfaat squat jump juga dipercaya ampuh dalam meningkatkan metabolisme. Gerakan-gerakan yang dilakukan pada saat squat sangat efektif dalam meningkatkan metabolisme sehingga proses pencernaan menjadi lancar serta pembuangan racun di dalam tubuh menjadi lebih baik.

5. Meningkatkan performa seksual

Bagi Anda yang ingin meningkatkan performa dalam berhubungan seksual, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mendapatkan manfaat squat jump. Bagi pria, olahraga squat bisa meningkatkan kemampuannya dalam bercinta karena gerakannya dipercaya bisa bisa meningkatkan produksi hormon testosteron dan dan produksi sperma menjadi lebih baik.

Bagi pria yang mengalami masalah seksual dianjurkan untuk rutin melakukan squat setiap hari.

6. Meningkatkan dorongan energi spontan

Olahraga squat adalah olahraga yang membantu Anda membangun kekuatan statis dan mengembangkan dorongan energi tambahan. Dorongan energi tambahan berguna untuk menghasilkan kekuatan dengan cepat.

7. Menjaga kekuatan saat usia lanjut

Terkait penjelasan sebelumnya, manfaat squat jump ternyata juga berguna untuk mereka yang berusia lanjut. Sebuah studi menunjukkan bahwa latihan kekuatan lebih penting daripada pelatihan kekuatan statis karena kemampuannya menjaga fungsionalitas beberapa bagian tubuh seiring bertambahnya usia.

8. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat squat jump lainnya adalah kemampuannya menjaga kesehatan jantung. Gerakan dinamis yang diciptakan olahraga squat adalah meningkatkan detak jantung. Melakukan satu set squat jump dengan rutin baik untuk kesehatan sistem kardiovaskular.

Dampak lanjutannya, Anda dapat membakar lebih banyak kalori dan disaat yang sama kekuatan otot akan terbangun. Menambahkan squat jump di olahraga apapun yang Anda lakukan adalah sesuatu yang baik.

9. Memperbaiki postur tubuh

Jika Anda memiliki masalah dengan postur tubuh, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat squat jump. Olahraga squat ini sangat berguna bagi Anda yang banyak menghabiskan waktu duduk di meja kerja.

10. Mengencangkan paha dan bokong

Manfaat squat jump yang terakhir dan cukup populer di kalangan masyarakat adalah kemampuannya mengencangkan paha dan bokong. Selain membuat paha dan bokong kencang, kemampuan lainnya adalah mengencangkan pinggang dan perut apabila olahraga squat dilakukan dengan rutin.

Nah, itulah beberapa manfaat squat jump dan manfaat squat thrust bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah melakukan pemanasan, kondisi lingkungan, dan intensitas latihan.

Sebelum melakukan olahraga squat, lakukan pemanasan kardio seperti jalan cepat atau joging sehingga Anda telah menyiapkan kondisi otot-otot tubuh. Selain itu, perhatikan juga di mana Anda melakukan latihan ini. Pilihlah permukaan pendaratan yang lembut dan rata.

Sementara itu, jika Anda sudah menikmati olahraga squat, ada kecenderungan untuk melakukannya lebih sering. Meski hal itu adalah sesuatu yang baik, sebaiknya lakukan olahraga squat seminggu sekali saja untuk menghindari gangguan pada sendi.

Pada akhirnya, jika Anda ragu mendapatkan manfaat squat jump, konsultasi dahulu dengan dokter atau ahli terapi fisik apakah squat jump harus dihindari jika Anda memiliki masalah dengan bagian tubuh Anda terutama  pinggul, punggung, atau leher.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau dr. Jati Satriyo

Sumber:

  1. https://www.verywellfit.com/squat-jumps-build-agility-and-power-3120594
  2. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25627644
  3. https://www.livestrong.com/article/367082-strength-conditioning-squats-jumps/