5 Manfaat Squad yang Wajib Anda Ketahui

doktersehat-manfaat-squat
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Squat adalah salah satu teknik dalam olahraga yang sangat mudah dilakukan bagi semua orang. Teknik atau gerakan dari squat memang terkesan monoton dan membosankan, tapi tahukah Anda bahwa ada segudang manfaat jika Anda melakukan gerakan ini secara rutin. Hal itu juga dibenarkan oleh penelitian yang dikutip dari laman Cosmopolitan, bahwa squat adalah salah satu gerakan dasar dalam olahraga yang sangat direkomendasikan untuk setiap orang.

Sampai saat ini, banyak melakukan squat untuk membentuk perut dan bokong agar lebih kencang. Itu telah terbukti dan memang banyak yang mengalaminya sendiri. Tapi, lebih dari itu, ternyata squat juga punya manfaat lain yang tak kalah penting. Apa saja manfaatnya?

1. Membakar Kalori dan Lemak

Squat diklaim sebagai gerakan wajib bagi orang yang sedang dalam proses menurunkan berat badan. Hal itu dikarenakan dengan melakukan squat, seluruh lemak serta kalori yang menumpuk pada perut  dan pinggang akan luruh secara cepat dan alami. Semaki sering melakukannya, maka semakin cepat pula manfaat yang dirasakan.

2. Melatih Otot Kaki

Squat sendiri dilakukan dengan mengandalkan berbagai otot, seperti otot perut, tangan, pinggang, dan kaki. Hal itulah yang menjadi landasan mengapa teknik squat dipercaya bisa membentuk otot kaki secara efektif dan cepat. Dengan otot kaki yang terlatih, Anda pun akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari tanpa kendala.

3. Menguatkan Otot

Squat biasanya digunakan sebagai gerakan dasar atau pemanasan dalam olahraga. Hal itu dikarenakan squat sendiri bisa menguatkan otot dalam tubuh Anda. Dengan otot yang kuat, maka risiko cedera pun akan berkurang sehingga aktivitas latihan atau olahraga akan berjalan lancar tanpa takut cedera.

4. Meningkatkan Metabolisme

Selain membentuk otot, squat juga dipercaya ampuh dalam meningkatkan metabolisme seseorang. Gerakan-gerakan yang dilakukan pada saat squat sangat efektif dalam meningkatkan metabolisme Anda sehingga proses pencernaan menjadi lancar serta pembuangan racun di dalam tubuh menjadi lebih baik.

5. Meningkatkan Kejantanan

Hal ini adalah salah satu manfaat penting yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Squat juga bisa meningkatkan kejantanan seorang pria karena dengan gerakannya dipercaya bisa meningkatkan produksi hormon testosterone dan produksi sperma menjadi lebih baik. Maka dari itu, setiap pria yang mengalami masalah seksual dianjurkan untuk rutin melakukan squat setiap hari.