Manfaat Spooning yang Dilakukan Pasca Seks

spooning-dan-manfaatnya-doktersehat

DokterSehat.ComSpooning adalah salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh pasangan pasca seks, dilakukan pria memeluk wanita dari belakang dengan posisi tidur. Kaki wanita bisa dibuka atau agak ditekuk ke depan agar penis bisa masuk dengan mudah dan penetrasi berjalan lancar dan santai. Adakah manfaat spooning?

Selain seks, spooning juga merupakan posisi tidur atau relaksasi yang dilakukan oleh pasangan pasca melakukan seks. Aktivitas afterplay ini bisa dilakukan di sofa atau di tempat tidur.

Sekilas spooning terlihat biasa saja dan tidak memberikan efek apa-apa. Namun, aktivitas ini ternyata bisa memberikan banyak manfaat khususnya kesehatan fisik dan juga kesehatan mental. Lebih jelasnya, berikut manfaat spooning:

  1. Relaksasi dan pelepasan hormon

Pasca seks, tubuh akan melepaskan hormon bahagia seperti endorfin. Hormon ini akan mengalir ke seluruh tubuh dan menyebabkan rasa nyaman yang besar. Setelah seks, padangan bisa beristirahat sejenak dengan saling berpelukan atau pria memeluk wanita dari belakang.

Kalau Anda dan pasangan memutuskan melakukan afterplay lalu lanjut tidur dengan nyenyak, ada baiknya mandi dan membersihkan tubuh dulu. Setelah mandi, tubuh akan terasa lebih nyaman dan mau tidur kapan pun tidak membuat area penis dan vagina mengalami infeksi.

Manfaat spooning bersama dengan pasangan akan meningkatkan pelepasan hormon. Hormon bahagia akan diproduksi dalam jumlah banyak. Dampaknya, tidur bisa berjalan dengan lancar dan esok hari fisik dan pikiran akan segar dan siap untuk bekerja.

  1. Mendekatkan pasangan secara emosional

Seks tidak hanya dilakukan untuk mendapatkan kepuasan secara fisik saja. Seks juga dilakukan untuk mendekatkan diri pada pasangan khususnya pasca seks. Lakukan spooning perlahan-lahan dan mulai obrolan yang menarik terkait dengan kehidupan sehari-hari atau tentang fantasi seks yang dimiliki.

Selama bekerja dan sama-sama sibuk, waktu untuk mengobrol nyaris tidak ada. Bahkan, saat bertemu pun pasangan akan sibuk dengan dirinya sendiri. Nah, agar kedekatan emosional pasangan bisa kembali lagi, ada baiknya untuk melakukan spooning dan mengobrol hingga sama-sama terlelap.

  1. Alternatif intimasi

Membangun intimasi dengan pasangan bukanlah pekerjaan yang mudah untuk pasangan. Pada tahun pertama pernikahan mungkin intimasi bisa berjalan dengan lebih mudah dan lancar. Seiring dengan berjalannya waktu, intimasi akan mengalami penurunan perlahan-lahan.

Pasangan boleh jadi melakukan seks dengan intens dan reguler setiap saat, namun intimasinya tetap rendah karena seks dilakukan sekadarnya saja. Seks hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan saja tanpa ada alasan lain dalam hal ini intimasi yang tinggi.

Manfaat spooning pasca seks bisa meningkatkan intimasi yang dialami oleh pasangan. Dengan saling berpelukan, pasangan akan tahu bagaimana cara mendekatkan diri dan membangun kembali intimasi atau mungkin ketertarikan secara fisik agar kembali maksimal.

  1. Memudahkan pasangan untuk melakukan seks kembali

Melakukan spooning dengan posisi masih belum mengenakan pakaian akan memudahkan padangan melakukan seks kembali. Pasca seks dan mandi, pasangan bisa tidur saling berpelukan tanpa menggunakan pakaian. Kontak kulit akan membuat pasangan lebih nyaman satu dengan yang lain.

Kala di tengah aktivitas afterplay ini pasangan mendadak menginginkan seks lagi, lakukan saja dengan intensitas rendah. Jangan memaksakan diri untuk melakukan seks intens karena kondisi tubuh dan tenaga belum kembali. Nikmati saja setiap cumbuan dan jangan terobsesi mendapatkan klimaks kembali.

Inilah manfaat spooning yang bisa Anda dapatkan dengan instan pasca seks. Nah, Anda sendiri memiliki ritual pasca seks apa saja?