Terbit: 21 September 2020 | Diperbarui: 22 September 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat siwak untuk gigi dan mulut dalam Islam adalah sebagai sunah nabi. Tidak hanya itu saja, ada berbagai khasiat yang diberikan dari batang ranting ini. Ketahui informasi selengkapnya mulai dari definisi, manfaat lainnya, dan cara menggunakan siwak di bawah ini!

10 Manfaat Siwak untuk Gigi dan Mulut, Disertai Cara Menggunakan

Apa Itu Siwak?

Miswak atau siwak adalah batang ranting yang dapat membantu membersihkan gigi dan mulut. Dalam Islam, batang siwak yang diambil dari pohon Salvadora persica ini telah digunakan selama lebih dari 7000 tahun. Batang siwak bahkan telah digunakan sejak zaman Babilonia dan Mesir kuno.

Menurut penelitian oleh World Health Organization (WHO) dan organisasi kesehatan independen lainnya, ditemukan bahwa orang yang menggunakan siwak secara rutin membutuhkan perawatan gigi yang jauh lebih rendah daripada mereka yang menggunakan pasta gigi dan bedak.

Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi dan Mulut

Sekaligus sebagai sikat gigi dan pasta gigi, sifat antibakteri yang terkandung dalam siwak dapat mencegah kerusakan gigi yang parah dan lebih buruk sejak dahulu. Miswak juga memiliki 19 bahan aktif lainnya yang secara aktif merawat gigi lebih kuat dan kesehatan mulut.

Berikut ini sejumlah manfaat siwak untuk kesehatan gigi dan mulut:

1. Mencegah Kerusakan Gigi dan Gigi Berlubang

Sebagian besar pasta gigi yang dijual di pasaran menggunakan fluoride untuk mencegah kerusakan enamel. Manfaat ini juga bisa kita dapatkan dalam air liur, yang membantu melawan kerusakan gigi dengan mencegah penumpukan asam dan memberi waktu gigi untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Selain itu, batang miswak juga telah dikenal untuk meningkatkan pembentukan air liur dalam mulut tanpa perlu bahan tambahan atau aditif, sehingga secara alami dapat mencegah kerusakan gigi.

Siwak adalah batang ranting yang berkhasiat membantu memperkuat enamel gigi karena natrium klorida, natrium bikarbonat, dan kalsium oksida yang terkandung dalam siwak, sehingga membantu memutihkan gigi.

Manfaat siwak dapat digunakan sebagai sikat gigi yang membantu mencegah pembentukan plak atau karang gigi. Ini karena sifat antibakteri yang terkandung di dalamnya bisa mencegah penumpukan bakteri di gigi dan gusi.

2. Mencegah Pembentukan Plak Gigi

Plak adalah lapisan lengket dan bening atau tidak berwarna karena terbentuk dari sisa makanan yang menimbulkan bakteri tumbuh dan berkembang biak di gigi dan gusi.

Meskipun menyikat gigi secara teratur dengan mudah menghilangkan plak, tetapi penumpukannya yang memicu pembentukan karang gigi atau tartar (berwarna kuning menempel di gigi dan gusi) dapat menyebabkan penyakit gusi dan gigi tanggal di masa mendatang.

3. Melawan Bakteri dan Kuman Berbahaya

Mulut manusia ternyata mengandung tidak kurang dari 700 jenis bakteri yang berbeda, tetapi tidak semuanya berbahaya. Sebagian besar bakteri dalam mulut membantu pemecahan makanan dan menjaga kesehatan gigi dan gusi. Sedangkan beberapa bakteri adalah bakteri jahat yang secara aktif merusak gigi dan gusi.

Kondisi tersebut dapat dicegah dengan penggunaan siwak secara rutin. Dalam berbagai penelitian oleh WHO dan kelompok penelitian independen lainnya, manfaat siwak terbukti mengandung sejumlah senyawa antibakteri yang secara aktif melawan pertumbuhan bakteri dan kuman di mulut.

Selain itu, orang yang menggunakan siwak secara teratur lebih sedikit mengalami masalah kebersihan mulut dibandingkan mereka yang tidak menggunakan siwak atau hanya menggunakan pasta gigi.

4. Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut atau secara medis dikenal sebagai halitosis, adalah pertanda gigi dan mulut memiliki banyak masalah. Ini termasuk makan makanan yang sangat merusak kesehatan mulut, penyakit gusi, gigi berlubang, dan kurangnya produksi air liur.

Kondisi tersebut dapat diatasi dengan menggunakan siwak karena aktivitas antibakteri yang kuat dalam siwak bersama dengan khasiatnya untuk meningkatkan produksi air liur di mulut, menjadikannya sebagai obat yang efektif menghilangkan bau mulut.

Selain itu, karena siwak adalah bahan alami, menggunakan batang ranting ini akan melepaskan senyawa tertentu yang mengeluarkan aroma lembut khas siwak.

5. Menyegarkan Mulut

Manfaat siwak yang utama adalah meninggalkan rasa dan aromanya yang menyegarkan di mulut. Siwak memiliki kandungan senyawa aromatik yang mudah menguap secara alami. Ini bisa meningkatkan perasaan bersih dan menyegarkan napas, sebanding dengan obat kumur yang dijual di pasaran.

Baca Juga: Cara Menggosok Gigi yang Benar (Bersih dan Sehat)

6. Melindungi dan Memperkuat Gusi

Siwak adalah batang berserat yang membantu mencegah pembentukan plak dan penumpukan karang gigi, yang pada akhirnya bisa mengurangi kemungkinan radang gusi dan periodontitis, yaitu infeksi pada gusi, jaringan lunak, dan tulang penyangga gigi.

Perlu kita ketahui, gusi adalah jaringan lunak yang mengelilingi gigi dan membantu menjaganya dalam kondisi baik. Untuk itu, kondisi apa pun yang memengaruhi gigi juga terjadi di gusi. Penumpukan plak dapat memengaruhi gusi seperti halnya memengaruhi gigi.

7. Mencegah Kanker

Terlepas dari manfaat siwak dalam menjaga kebersihan dan kesehatan mulut, siwak juga memiliki efek terapeutik tertentu. Kandungan enzim antioksidan seperti peroksidase, katalase, dan polifenol oksidase yang ada di dalam siwak memiliki sifat antikarsinogenik, yaitu membantu mencegah kanker.

Meskipun belum dapat ditentukan seberapa efektif dalam melawan kanker yang sudah berkembang di dalam tubuh, penggunaannya sebagai tindakan pencegahan telah dipastikan melalui penelitian.

8. Pemutih Gigi Alami

Selain mencegah penumpukan plak gigi, batang siwak juga dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Siwak berfungsi mencegah noda di gigi yang disebabkan oleh makanan dan minuman seperti teh, kopi, dan rokok.

Kandungan dalam siwak bekerja menghilangkan penumpukan sisa makanan yang menyebabkan noda kuning pada gigi, terutama pada mereka yang sering minum kopi dan merokok tanpa menjaga kebersihan mulut dengan baik.

9. Meredakan Nyeri

Bahan aktif yang terkandung dalam siwak juga bersifat analgesik atau pereda nyeri, yang membantu mengatasi peradangan dan nyeri, terutama pada gusi.

Menyikat gigi dengan batang siwak dapat meningkatkan penyembuhan pada gusi dan menghilangkan rasa sakit, sehingga membantu proses penyembuhan lebih nyaman dan cepat.

10. Ramah Lingkungan

Selain menjaga kesehatan mulut dan gigi, ada manfaat lainnya yang tak kalah penting. Mengingat siwak adalah bahan alami, batang berserat ini ramah lingkungan karena hanya berupa kayu atau ranting. Ini artinya 100% alami dan akan rusak atau menjadi kompos dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Sedangkan jika sikat gigi (berbahan plastik) dan kemasan pasta gigi (berbahan alumunium) bekas pakai dapat terurai selama puluhan tahun atau bahkan ratusan tahun.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa & Bikin Napas Segar

Cara Menggunakan Siwak dengan Benar

Siwak dapat digunakan persis seperti sikat gigi biasa, atau sebagai pelengkap sikat gigi dan pasta gigi. Berikut ini beberapa cara menggunakan siwak secara efektif:

  • Siapkan satu batang siwak seukuran jari.
  • Kupas kulit batang siwak sekitar 1 sentimeter dari bagian ujungnya.
  • Gigit atau kunyah ujung batang yang sudah dikupas hingga membentuk buku atau sikat. Bisa juga menggunakan jari untuk memisahkan bulu serat.
  • Guna menyempurnakan proses ini, basahi batang siwak dengan mencelupkannya ke dalam air.
  • Setelah ujung serat batang yang menyerupai bulu atau sikat, gunakan untuk menggosok gigi tanpa pasta gigi apa pun. Sebaiknya pegang siwak tegak lurus di mulut, sikat gigi dengan gerakan melingkar agar bulu-bulu di antara celah gigi membersihkan sisa makanan.
  • Bilas siwak dengan hati-hati setelah menyikat gigi dan simpan di tempat yang sejuk dan kering.
  • Jika sikat pada ujung batang siwak sudah rusak setelah digunakan, potong ujungnya dan kunyah kembali sampai membentuk bulu atau sikat baru.

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Benefits and uses of Miswak. https://www.healthbenefitstimes.com/miswak/. (Diakses pada 21 September 2020)
  2. Halawany, Hassan S. 2012. A review on miswak (Salvadora persica) and its effect on various aspects of oral health. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1013905212000181. (Diakses pada 21 September 2020)
  3. Noyes, Lydia. 2018. 12 Reasons to Brush Your Teeth With a Miswak Stick. https://www.naturallivingideas.com/miswak-stick/. (Diakses pada 21 September 2020)
  4. Rose, Daphne. 2020. 7 Amazing Health Benefits Of Miswak. https://www.stylecraze.com/articles/miswak-health-benefits/. (Diakses pada 21 September 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi