5 Manfaat Sit Up Bagi Kesehatan Tubuh

variasi-sit-up-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Sit up adalah salah satu teknik olahraga dasar yang cukup populer dan sering dilakukan. Sit up cenderung dilakukan untuk membentuk otot perut karena gerakannya menghasilkan kotraksi pada wilayah perut. Tak sebatas untuk perut saja, nyatanya sit up memiliki berbagai manfaat bagi tubuh.

Apa saja manfaat dari sit up selain membentuk otot perut? Simak informasinya berikut mengenai manfaatsit up:

1. Kestabilan Gerakan

Manfaat yang pertama dari sit up adalah untuk menjaga kestabilan gerakan tubuh kita. Tak hanya perut yang turut serta dalam melakukan sit up, melainkan bagian tubuh lain seperti bahu, lengan, leher, dan pinggul. Nah, pinggul sendiri merupakan salah satu bagian penyeimbang gerakan manusia.

2. Keseimbangan Tubuh

Pernahkah Anda hampir terjatuh ketika berjalan walau tak menabrak apapun? Jika pernah, itu menandakan keseimbangan tubuh Anda kurang. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa melakukan sit up secara rutin.

Selain bisa memberikan kestabilan gerakan, sit up pun juga bisa bermanfaat bagi keseimbangan tubuh. Ketika Anda rutin melakukannya, maka tubuh akan terlatih dengan beban yang ditopang.

3. Metabolisme

Metabolisme tubuh berfungsi dalam mengolah segala nutrisi dan zat yang masuk ke dalam tubuh Anda. Semakin baik metabolisme yang Anda miliki, maka semakin baik pula manfaatnya. Sit up sendiri bisa merangsang organ di dalam tubuh untuk meningkatkan sistem sehingga metabolisme menjadi meningkat.

4. Menjaga Postur Tubuh

Manfaat yang satu ini memang sangat sering menjadi alasan mengapa seseorang rutin melakukan sit up. Ya, sit up memang menjadi teknik dasar yang paling bisa menjaga postur tubuh agar tetap ideal. Sebab, dengan sit up setiap hari, maka lemak yang menumpuk pada tubuh, terutama bagian perut akan luruh secara efektif.

5. Melancarkan Peredaran Darah

Perlu diketahui, segala macam jenis olahraga sifatnya bisa melancarkan aliran darah di dalam tubuh, tak terkecuali sit up. Dengan rutin melakukan sit up, maka sirkulasi darah dan oksigen di dalam tubuh Anda akan menjadi lebih baik sehingga terhindar dari penggumpalan darah yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan.