8 Manfaat Sinom untuk Kesehatan Tubuh

doktersehat-asam-untuk-lawan-sel-kulit-mati
Photo Credit: Flickr.com/Malcolm Manners

DokterSehat.Com– Bicara mengenai ramuan herbal, sampai saat ini masih sangat banyak orang yang gemar mengonsumsinya bila dibandingkan dengan obat-obatan. Hal tersebut dikarenakan mereka beranggapan bahwa ramuan herbal lebih aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Ada begitu banyak jenis ramuan herbal yang terkenal di Tanah Air, salah satunya adalah manfaat sinom yang dapat mengobati berbagai penyakit.

Apa itu sinom? Sinom adalah ramuan herbal berupa minuman berbahan daun asam. Biasanya ramuan herbal selalu memiliki rasa yang tidak enak dan pahit. Namun minuman yang satu ini memiliki rasa yang cukup nikmat.

Sinom sendiri tidak hanya terbuat dari daun asam saja, namun dari beberapa campuran bahan alami, seperti kunyit dan asam jawa. Rempah atau bahan dasar tersebut direbus menjadi satu dan akhirnya terciptalah sinom. Namun, cara membuatnya tidak sembarangan, diperlukan teknik khusus agar khasiat sinom serta rasanya tidak berkurang.

Sinom akan lebih nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan dingin. Tidak sedikit orang yang sangat gemar mengonsumsi es sinom. Lantas, apa saja manfaat sinom? Simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Sinom untuk Kesehatan

1. Antiseptik

Bagi Anda yang sedang merasakan demam atau meriang, sinom ini memang menjadi andalan yang tidak ada salahnya dikonsumsi. Sebab, manfaat sinom dipercaya memiliki kandungan antiseptik yang bisa mengatasi gejala demam. Selain itu, rasanya yang nikmat juga akan membuat Anda tidak mual saat mengonsumsinya.

2. Antioksidan alami

Seperti diketahui, antioksidan memang sangat berguna dalam menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Jika Anda termasuk sebagai orang dengan kesibukan yang padat, maka sebaiknya sering-seringlah mengonsumsi sinom agar tubuh menjadi kebal terhadap ancaman penyakit.

3. Mengatasi masuk angin

Khasiat sinom juga bisa mengatasi masuk angin, perut begah, mual, dan pusing. Selain itu, banyak juga yang menggunakan sinom sebagai obat alami untuk terapi penyakit lambung.

4. Mengurangi nyeri saat haid

Ketika sedang haid, wanita pasti akan mengalami rasa nyeri yang luar biasa pada bagian perutnya. Nah, untuk mengatasi kondisi tersebut, Anda bisa mengonsumsi sinom. Sebab, khasiat sinom dipercaya bisa membuat haid menjadi lancar sehingga rasa nyeri tidak terlalu kuat tekanannya.

5. Mengobati sembelit

Jika Anda mengalami sembelit, maka sinom adalah jamu yang tepat untuk Anda. Jadi, Anda dapat menggunakannya sebagai obat rumahah untuk masalah pencernaan. Sebaiknya meminum sinom dengan sedikit gula, atau bahkan tidak menggunakan gula sama sekali.

Flavonoidnya yang terkandung dalam obat alami ini juga memiliki manfaat lain sebagai antiradang sehingga sinom dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, peradangan dan nyeri sendi serta menyembuhkan batuk dan demam.

6. Kontrol gula darah

Khasiat sinom dapat mengandalikan kadar gula dalam darah. Konsumsilah sinom secara rutin menjadikan kadar gula darah Anda normal.

7. Menutunkan tekanan darah

Manfaat sinom dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Sinom diketahui dapat melancarkan peredaran darah. Obat herbal ini sangat cocok bagi mereka yang menderita hipertensi.

8. Melancarkan pernapasan

Bila Anda menderita penyakit asma, sinom adalah obat herbal yang tepat untuk mengobatinya. Manfaat sinom dapat melancarkan saluran pernapasan.

Selain daun asam yang bermanfaat untuk kesehatan, buah asam Jawa pun tidak kalah bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Asam Jawa

1. Menutunkan berat badan

Berat badan adalah masalah yang kebanyakan orang hadapi. Asam jawa dengan segala manfaatnya juga membantu dalam menurunkan berat badan. Ada enzim dalam tubuh yang menyimpan lemak dan asam hidroksisitratĀ  (HCA) yang ada di asam dapat mencegahnya. Ini juga membantu menekan nafsu makan karena meningkatkan neurotransmitter serotonin.

2. Membantu perkembangan otot dan saraf

B kompleks yang terkandung dalam asam dalam bentuk tiamin dikenal dapat meningkatkan fungsi saraf dan membantu mengembangkan otot yang lebih kuat. Ini mengarah pada tubuh dan fungsi yang sehat dan kuat.

 

3. Pencegahan ulkus

Hanya sistem pencernaan yang sehat yang akan membantu menyerap nutrisi secara maksimal. Ulkus dapat dicegah dengan asam Jawa secara teratur. Ekstrak biji asam mengandung senyawa yang menghambat terjadinya bisul.

4. Mencegah kanker

Kanker disebabkan karena pertumbuhan sel-sel yang berkembang pada radikal bebas. Sebagai pembangkit energi antioksidan, asam Jawa akan meningkatkan antioksidan di dalam tubuh dan menghilangkan sel kanker.

5. Antihistamin

Asam jawa juga membantu melawan pilek dan flu. Ini biasanya disebabkan oleh alergi atau infeksi virus. Namun, asam Jawa memiliki sifat antihistamin yang membantu mencegah serangan asma dan jenis pilek dan flu lainnya.