Dapatkan Manfaat Baik dari Paparan Sinar Matahari

doktersehat melindungi anak dari sinar matahari
Designed by Freepik

DokterSehat.Com– Tubuh membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin, salah satunya adalah vitamin D. Seperti yang kita tahu bahwa vitamin D memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karenanya, kita harus bisa memenuhi kebutuhan vitamin D, baik dengan mengonsumsi makanan tertentu ataupun mengonsumsi suplemen vitamin tambahan.

Ternyata, vitamin D bisa kita dapatkan dengan mudah dan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Bahkan, kita bisa mendapatkannya setiap hari. Sumber vitamin D tersebut adalah sinar matahari. Walaupun paparan sinar matahari secara langsung bisa berdampak buruk bagi kulit, namun ia juga memiliki sederet manfaat yang bisa kita rasakan jika menggunakannya dengan baik. Beberapa manfaat vitamin D dari sinar matahari yang bisa kita dapatkan adalah sebagai berikut:

1. Tulang Sehat

Tulang merupakan bagian dari tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya. Tulang yang sehat akan menjauhkan kita dari berbagai masalah pada tulang, seperti tulang keropos. Untuk menjaga tulang agar selalu sehat, kita harus memenuhi kebutuhan kalsium dan juga vitamin D dalam tubuh, yang biasa didapatkan dari susu maupun makanan sehat lainnya. Vitamin D yang berasal dari sinar matahari ternyata juga bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda berjemur di bawah sinar matahari selama beberapa menit.

2. Mencegah Kanker

Vitamin D pada sinar matahari juga bisa membatu mencegah kanker. Sebuah studi mengungkapkan bahwa vitamin D mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Dengan memperlambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker, maka kemungkinan besar sel kanker tersebut bisa mati. Itu artinya, seseorang yang memiliki gejala kanker bisa diatasi dengan memenuhi kebutuhan vitamin D dalam tubuh.

3. Baik Untuk Anak-Anak

Seorang anak yang kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko terkena asmae eksim. Oleh sebab itu, kebutuhan vitamin D pada tubuh anak harus terpenuhi. Vitamin D tersebut bisa didapatkan dari paparan sinar matahari. Biasakan untuk mengajarkan anak agar berjemur, baiknya di pagi hari sehingga dia tidak takut panas saat dewasa nanti.