Terbit: 30 Desember 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Pernah mendengar tentang shea butter? Mentega atau butter dari buah pohon shea ini memang sudah tidak asing lagi dalam dunia kecantikan. Butter yang kaya nutrisi ini memliki berbagai macam manfaat untuk kulit. Manfaat shea butter dapat dirasakan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Simak selengkapnya dalam artikel ini!

7 Manfaat Shea Butter untuk Kulit, Melembapkan Hingga Atasi Ruam Popok!

Apa Itu Shea Butter?

Shea butter atau mentega shea adalah lemak alami yang berasal dari buah pohon shea. Pohon yang memiliki nama latin Vitellaria paradoxa atau sebelumnya Butyrospermum parkii ini juga dikenal dengan nama pohon shi atau vitellaria. Pohon ini berasal dari Afrika dan merupakan tanaman makanan tradisional Afrika.

Shea butter memiliki kandungan beberapa vitamin seperti vitamin E, vitamin A, dan vitamin F atau asam linoleat. Kandungan asam lemak dalam shea butter juga sangat tinggi dan yang paling banyak adalah jenis asam stearat dan asam oleat. Selain itu, paling tidak terdapat 10 senyawa fenol dalam shea butter yang membuatnya kaya antioksidan.

Manfaat Shea Butter

Shea butter adalah salah satu bahan yang sudah tidak asing lagi dalam dunia kecantikan. Manfaat shea butter untuk kulit memang sangat banyak dan menakjubkan. Berikut adalah beberapa manfaat shea butter untuk kecantikan yang bisa Anda dapatkan!

1. Melembapkan kulit

Manfaat shea butter yang pertama adalah dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Shea butter termasuk dalam jenis pelembap emollient. Konsistensi dan karakter shea butter membantu kulit untuk lebih mudah menyerapnya ketika berada dalam suhu ruangan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Shea butter akan menyerap ke dalam kulit dan membuat lapisan di kulit yang akan mengunci kelembapannya. Manfaat shea butter untuk melambapkan kulit ini dapat bertahan relatif lebih lama dari jenis pelambab biasa.

2. Mencegah penuaan

Salah satu manfaat shea butter untuk wajah yang sayang sekali untuk dilewatkan adalah mencegah penuaan dini. Proses penuaan memang sudah pasti akan terjadi pada setiap orang, tetapi prosesnya dapat terjadi lebih cepat jika wajah tidak dirawat dengan baik seperti dibiarkan terpapar radikal bebas atau tidak dibersihkan dengan baik.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, shea butter memiliki kandungan berbagai asam lemak yang baik untuk kulit. Asam lemak ini dapat membantu menangkal radikal bebas dan mencegah stres oksidatif. Hal ini membuat proses regenerasi kulit berjalan lebih efektif dan penuaan pun dapat dicegah.

3. Antiinflamasi alami

Shea butter juga merupakan agen antiinflamasi alami yang dapat dengan ampuh mengatasi peradangan di kulit. Manfaat shea butter satu ini didapatkan dari kandungan asam lemak dan vitamin K yang terkandung dalam shea butter.

Vitamin K memang merupakan vitamin yang berperan penting dalam pembekuan darah sehingga ampuh untuk mengatasi peradangan. .

4. Mengatasi jerawat

Jerawat biasanya dipicu oleh produksi minyak berlebih pada wajah sehingga memicu penumpukan kotoran pada pori-pori wajah dan dapat menyebabkan infeksi. Jerawat memiliki berbagai macam jenis dan terdapat beberapa diantaranya yang sangat mengganggu dan terasa sakit ketika disentuh.

Manfaat masker shea butter sebagai antiinflamasi alami juga membuat shea butter menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi jerawat. Jika dibandingkan dengan minyak dan lemak kacang lainnya, shea butter memiliki sifat non-saponifiable baik, sehingga lebih ampuh dalam hal menyembuhkan iritasi kulit.

5. Mengurangi iritasi

Kulit yang kering lebih rentan terkena iritasi. Manfaat shea butter untuk kulit adalah dapat membantu mengurangi iritasi tersebut. Seperti yang disebutkan sebelumnya, shea butter memiliki sifat antiinflamasi atau antiperadangan sehingga dapat membantu mengatasi iritasi akibat kulit kering tersebut.

6. Menjaga kulit tetap elastis dan kencang

Menjaga kulit elastis dan tetap kencang juga merupakan salah satu manfaat shea butter untuk wajah. Penggunaan shea butter secara rutin dapat menutrisi kulit sehingga kolagen yang berguna untuk menjaga elastisitas kulit dapat bekerja lebih baik. Manfaat shea butter untuk kulit ini juga berkaitan dengan manfaat shea butter untuk mencegah penuaan.

Selain itu, karena manfaat shea butter untuk menjaga kulit tetap elastis dan kencang ini, shea butter banyak digunakan ibu hamil untuk mengurangi stretch mark.

7. Mengatasi ruam popok

Manfaat shea butter tidak hanya untuk kulit orang dewasa saja, tapi juga bisa digunakan untuk kulit bayi. Shea butter dapat digunakan untuk mengatasi ruam popok. Sifatnya yang lembut di kulit membuatnya aman untuk digunakan di kulit bayi yang relatif sensitif. Selain untuk ruam popok shea butter juga dapat membantu mengatai gejala dermatitis pada bayi dan akan.

Shea Butter Refined dan Unrifined

Shea butter dibedakan menjadi dua jenis yaitu refined dan unrefined. Jenis refined shea butter adalah shea butter yang mengalami proses penyaringan sehingga memiliki warna yang lebih putih dan aroma aslinya juga telah berkurang. Umumnya refined shea butter adalah yang digunakan dalam kandungan berbagai macam skin care.

Unrefined shea butter adalah jenis shea butter paling murni dan tidak mengalami banyak proses penyaringan seperti refined shea butter. Jenis shea butter ini juga banyak ditemukan produknya di pasaran. Lalu, mana jenis shea butter yang paling baik?

Proses penyaringan shea butter dilakukan secara alami maupun kimiawi, dalam proses tersebut, shea butter dapat kehilangan beberapa nutrisi yang dimilikinya. Sedangkan pada unrefined shea butter, nutrsinya akan lebih terjaga. Hal ini lah yang membuat unrefined shea butter memiliki kemampuan melembapkan dan penyembuhan yang lebih baik.

Jadi jika ingin merasakan manfaat masker shea butter murni, lebih baik untuk memilih unrefined shea butter. Jenis ini juga baik digunakan untuk bayi dan anak. Sedangkan jika ingin menggunakan refined shea butter yang biasanya ada dalam produk skin care, maka pastikan Anda memeriksa kandungan bahan lainnya dengan teliti.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Patricia Aulia


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi