Terbit: 23 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Anda berencana memakai serum wardah? Akan tetapi mengalami kebingungan karena wardah memiliki beberapa jenis serum. Tak perlu bingung, yuk ketahui manfaat serum wardah pada masing-masing jenis serum. Ini penting bagi Anda agar bisa memilih serum wardah yang tepat sesuai tujuan dan tipe kulit.

7 Manfaat Serum Wardah pada Semua Varian

Baca terus untuk mengetahui beberapa manfaat serum wardah untuk semua jenis serum agar Anda bisa memutuskan untuk menggunakan serum yang tepat!

Apa itu serum?

Serum adalah salah satu bentuk vitamin yang semakin hari semakin populer digunakan di dunia kecantikan. Sebenarnya, serum berbentuk larutan dan terbuat dari campuran vitamin dan zat aktif lainnya dalam emulsi.

Umumnya, serum mengandung beberapa zat aktif seperti asam amino, gliserin, vitamin, asam hyalorunat, elastin, dan kolage. Kandungan vitamin yang biasanya ada di dalam serum seperti vitamin C, vitamin E, dan vitamin A.

Kini, kebanyakan wanita lebih menyukai serum daripada krim. Salah satu alasannya dikarenakan teksturnya yang ringan seperti air. Efek ringan pada penggunaan serum tak lepas dari bahan dasar yang digunakan pada serum.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Bahan dasar serum memang terbuat dari campuran air dan minyak sehingga lebih ringan diaplikasikan ke wajah. Selain itu, penggunaan serum juga membuat beberapa zat aktif bermanfaat lebih mudah diserap oleh kulit wajah.

Jenis serum biasanya digunakan untuk kulit terutama bagian wajah (serum wajah). Namun, seiring perkembangan teknologi dan permintaan pasar, penggunaan serum pun meluas hingga serum rambut.

Manfaat serum wardah semua varian

Wardah yang merupakan produk perawatan kulit atau skincare halal sudah memproduksi beberapa jenis serum. Manfaat serum wardah yang tersedia sesuai dengan jenisnya. Saat ini, serum wardah yang tersedia adalah serum wajah dan serum tubuh.

Yuk, mengenal lebih jauh masing-masing manfaat serum wardah sesuai jenis serum yang tersedia!

1. Wardah Purifying Serum

Serum wardah jenis pertama adalah purifying serum. Manfaat serum wardah jenis purifying serum adalah untuk membantu mengurangi produksi minyak dan lemak yang berlebih pada kulit wajah. Ini dikarenakan wardah purifying serum mengandung zat astringen.

Zat astringen inilah yang memiliki manfaat tersebut. Selain itu, manfaat serum wardah jenis purifying serum ini bisa mengecilkan pori-pori wajah. Wardah purifying serum juga mengandung ekstrak Witch Hazel, ekstrak rumput laut, dan vitamin E.

Kandungan beberapa zat aktif tersebut memberikan banyak manfaat pada serum wardah yang satu ini. Manfaat wardah purifying serum juga bisa untuk melembapkan kulit, menangkal radikal bebas, dan menjaga kesehatan kulit.

Cara menggunakan purifying serum wardah cukup sederhana. Pertama-tama, bersihkan wajah Anda dengan sabun wajah dan air bersih lalu keringkan. Selanjutnya, tuang beberapa tetes serum ke telapa tangan Anda lalu oleskan ke wajah sambil digosok dengan lembut.

Pemakaian wardah purifying serum ini bisa digunakan pada pagi dan malam. Namun perlu diingat, penggunaan serum wardah jenis purifying ini sebelum memakai pelembap agar bisa terserap kulit secara optimal.

2. Wardah Hydrating Serum

Serum wardah yang selanjutnya adalah hydrating serum. Wardah hydrating serum memiliki manfaat yang sesuai dengan namanya. Manfaat serum wardah jenis hydrating serum adalah untuk menjaga kulit wajah Anda tetap terhidrasi dengan baik.

Manfaat hydrating serum wardah juga untuk melembapkan dan mengecilkan pori-pori wajah. Wardah hydrating serum mengandung ekstrak rumput laut dan Witch Hazel. Sekilas memang nampak mirip dengan purifying serum tetapi hydrating serum wardah tidak untuk mengurangi minyak pada wajah.

Serum wardah tipe hydrating serum ini cocok dipakai oleh perempuan yang memiliki tipe kulit normal dan kering. Cara menggunakan hydrating serum wardah juga sangat sederhana. Anda harus bersihkan wajah dan leher terlebih dahulu lalu aplikasikan beberapa tetes hdyrating serum wardah kemudia aplikasikan pada wajah dan leher.

3. Wardah C Defense Serum

Skincara halal asli dari Indonesia ini juga memiliki serum wajah yang kaya akan kandungan vitamin C. Serum wardah tersebut adalah C Defense Serum. Selain vitamin C, Wardah C Defense Serum juga mengandung ekstrak lidah buaya dan biosakarida.

Kombinasi kandungan ketiganya membawa manfaat unggul pada serum ini. Manfaat serum wardah jenis C Defense Serum bisa untuk mencerahkan kulit, membuat kulit lebih elastris, dan melembapkan kulit.

Selain itu, penggunaan serum C Defense tentunya mencegah Anda dari kerusakan akibat stres oksidatif yang ditimbulkan oleh berbagai radikal bebas. Manfaat C Defense Serum Wardah juga membantu memperbaiki struktur kulit Anda menjadi lebih indah.

Serum wardah jenis C Defense ini cocok untuk semua jenis kulit. Selain itu, serum ini juga mudah dan cepat diserap oleh kulit wajah. Cara menggunakan sama dengan cara menggunakan serum wardah yang telah dijelaskan sebelumnya.

4. Wardah Lightening Facial Serum

Anda termasuk perempuan yang ingin memutihkan kulit wajah? Kalau iya maka Anda bisa menggunakan wardah lightening facial serum. Hal ini dikarenakan manfaat serum wardah yang satu ini memang untuk memutihkan kulit wajah karena mengandung vitamin B3.

Wardah lightening facial serum juga mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk mencegah kulit rusak akibat radikal bebas. Kandungan ekstra lidah buaya dan asam hyaluronik juga membawa manfaat bagi kelembapan kulit Anda.

5. Wardah White Secret Intense Brightening Essence (Serum)

Serum wardah berikutnya cukup banyak diminati oleh kaum hawa. Banyak wanita berminat untuk menggunakan Wardah White Secret Intense Brightening Essence (Serum). Hal ini terjadi karena manfaat serum wardah ini mampu memutihkan wajah lebih cepat dan menyamarkan noda hitam.

Manfaatnya memang hampir sama dengan wardah lightening facial serum tetapi jenis serum ini lebih cepat terlihat efeknya. Serum ini mengandung Crystal-White Active yang bermanfaat untuk mengurangi produksi melanin.

Serum wardah populer ini juga mengandung ekstrak Silver Vine yang berperan terhadap proses transparansi kulit. Kandungan Hydrating Agent pada serum ini juga bisa menjaga vitalitas kulit.

6. Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum

Jika Anda berusia 30 tahun atau lebih maka Anda cocok untuk menggunakan Wardah Renew You Anti Aging Intensive Serum. Manfaat serum wardah ini bisa melawan tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, kerutan halus, bintik-bintik akibat usia, dan lainnya.

Serum ini mengandung ekstrak stem sel apel dan beberapa ekstrak botani lainnya yang bekerja untuk melawan tanda-tanda penuaan dini dan merangsang produksi sel-sel baru serta membantu proses eksfoliasi kulit. Gunakan serum wardah anti agin ini sebelum krim malam.

7. Wardah Intensive Moisturising Body Serum

Tidak hanya serum wajah (facial serum), Wardah juga memiliki produk serum untuk tubuh atau body serum. Serum tubuh wardah dikenal dengan nama Wardah Intensive Moisturising Body Serum.

Manfaat serum wardah untuk tubuh ini bisa melindungi dari sinar UV. Selain itu, wardah Wardah Intensive Moisturising Body Serum ini juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit tubuh dan menjaga elastisitasnya.

Serum wardah untuk tubuh ini mengandung Skin Nourishing Solution, 3-Moisture Complex, pro Vitamin B5, Vitamin E, Macademia Oil dan Apricot Oil. Kandungan zat-zat aktif tersebut bisa menyehatkan dan memperindah kulit tubuh Anda.

Sekarang Anda sudah tahu semua manfaat serum wardah. Selanjutnya, Anda bisa memutuskan untuk menggunakan serum wardah yang mana. Gunakanlah serum wardah sesuai tujuan Anda dan tipe kulit yah!

 

Sumber:

  1. Wardah Beauty: Produk Skincare (Serum). https://www.wardahbeauty.com diakses pada 22 November 2018
  2. Dewi Muliyawan dan Neti Suriana. 2013. A-Z tentang Kosmetik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi