Terbit: 6 Februari 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Berkat berbagai manfaat serum vitamin C, serum ini menjadi salah satu primadona dalam dunia skin care. Produk perawatan kulit satu ini digadang-gadang memiliki sangat banyak manfaat untuk kecantikan wajah. Tertarik untuk mencobanya? Simak dulu berbagai manfaat serum vitamin C berikut ini!

11 Manfaat Serum Vitamin C untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Serum Vitamin C untuk Wajah dan Kecantikan

Vitamin C dipercaya memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan. Asupan vitamin C memang bisa didapatkan dari makanan, namun asupan ini kemungkinan tidak dapat secara langsung memberikan manfaat untuk kecantikan. Penggunaan serum vitamin C dapat membantu Anda untuk mendapatkan manfaat vitamin C untuk kulit dengan lebih efektif.

Berikut adalah berbagai manfaat serum vitamin C untuk kulit yang sayang jika dilewatkan!

1. Menghidrasi Kulit

Vitamin C dapat membantu menghidrasi kulit dan mempertahankan kelembapannya.

Salah satu turunan vitamin C yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit adalah magnesium askorbil fosfat. Turunan vitamin C satu ini telah terbukti memiliki efek menghidrasi kulit.

Hal ini dapat mengurangi kemungkinan transepidermal water loss atau hilangnya air di lapisan kulit karena menguap. Air yang cukup membantu kulit untuk mempertahankan kelembapannya dengan lebih baik.

2. Mencerahkan Kulit

Manfaat serum vitamin C untuk membantu mencerahkan kulit memang sudah tidak diragukan lagi.

Vitamin C telah terbukti mampu mengurangi pigmentasi kulit. Vitamin C bekerja dengan cara mengurangi produksi melanin, yang merupakan pigmen yang bertanggung jawab memberikan warna gelap pada kulit. Berkat kemampuannya ini, serum vitamin C juga dapat membantu Anda untuk terhindar dari wajah kusam.

3. Mengatasi Hiperpigmentasi

Ketika melanin diproduksi berlebihan area tertentu di kulit, maka dapat terjadi hiperpigmentasi yang membuat warna kulit tidak merata.

Hiperpigmentasi dapat berupa bekas jerawat, melasma, atau bintik hitam akibat paparan matahari atau akibat penuaan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, vitamin C dapat membantu mengurangi produksi melanin. Jika diaplikasikan secara rutin, bintik-bintik hitam dapat memudar dan warna kulit dapat lebih merata.

4. Meningkatkan Produksi Kolagen

Vitamin C juga terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen.

Kolagen merupakan protein utama yang menyusun kulit. Kolagen diproduksi secara alami di tubuh, tapi produksinya terus menurun seiring dengan bertambahnya usia. Rendahnya kadar kolagen ini lah yang kemudian menyebabkan munculnya tanda penuaan.

5. Mengurangi Masalah Jerawat

Serum vitamin C juga dapat membantu mengurangi masalah jerawat.

Vitamin C memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu mengatasi peradangan jerawat. Efek antiinflamasi ini akan membantu mengurangi gejala jerawat.

Selain itu, kemampuan serum vitamin C yang dapat menghilangkan hiperpigmentasi dan meningkatkan produksi kolagen akan sangat membantu dalam penyembuhan jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

6. Melindungi Kulit dari Radikal bebas

Serum vitamin C dapat membantu melindungi Anda dari radikal bebas dapat berasal dari sinar UV, polusi, atau sumber lainnya.

Molekul ini berpotensi menyebabkan kerusakan pada sel tubuh, termasuk kulit. Radikal bebas merupakan atom dengan elektron yang hilang yang akan mencuri elektron dari tubuh. Tubuh membutuhkan antioksidan yang dapat memberikan elektron pada radikal bebas sehingga radikal bebas tidak lagi berbahaya.

Vitamin C adalah salah satu sumber antioksidan terbaik sehingga dapat membantu melindungi Anda dari efek negatif radikal bebas.

7. Mengatasi Sunburn

Selain melindungi dari radikal bebas, serum vitamin C juga dipercaya dapat mengatasi sunburn.

Sunburn adalah kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari. Kondisi ini ditandai dengan kulit kemerahan yang terkadang gatal. Vitamin C memiliki efek antiinflamasi dan dapat mempercepat pergantian sel.

Sel-sel yang rusak akibat sunburn dapat lebih cepat tergantikan dengan sel baru yang sehat.

8. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan adalah hal yang tidak dapat dihindari dan pasti akan terjadi, tapi kita dapat mencegahnya agar tidak datang lebih awal.

Gejala penuaan ditandai dengan kekencangan dan elastisitas kulit berkurang, munculnya garis halus, dan muncul keriput pada wajah. Penuaan dini adalah ketika gejala penuaan muncul di usia Anda yang masih muda. Salah satu penyebab paling umumnya adalah paparan sinar matahari.

Serum vitamin C dapat membantu menjaga dari bahaya paparan sinar matahari. Vitamin C juga dapat mendukung produksi kolagen sehingga kulit tetap kencang dan juga elastis. Hal ini lah yang menjadikan serum vitamin C sebagai skin care yang cocok untuk mencegah penuaan dini.

9. Mempercepat Penyembuhan Luka

Serum vitamin C dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, serum vitamin C dapat membantu mengurangi jerawat dengan efek inflamasinya. Selain itu, serum vitamin C dapat membantu mengurangi sunburn. Dengan kemampuannya tersebut, tidak heran jika serum vitamin C dipercaya dapat mempercepat penyembuhan luka secara umum.

10. Menyamarkan Lingkaran di Bawah Mata

Lingkaran di bawah mata atau dark circle dapat terbentuk akibat kelelahan atau kurang tidur.

Serum vitamin C dipercaya dapat membantu mengurangi dark circle atau mata panda yang mengganggu penampilan. Hal ini kemungkinan karena serum vitamin C memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit.

11. Baik untuk Semua Jenis Kulit

Serum vitamin C aman digunakan untuk semua jenis kulit, asalkan Anda memilih produk yang tepat.

Serum vitamin C relatif aman untuk digunakan jangka panjang tanpa menghasilkan efek samping apapun. Efek negatif umumnya hanya akan terjadi pada seseorang yang hipersensitif terhadap bahan yang terkandung dalam serum tersebut.

Cara Pakai Serum Vitamin C

Cara pakai serum vitamin C mungkin dapat berbeda-beda pada setiap produk yang berbeda. Pakar kecantikan menyarankan Anda untuk menggunakan serum vitamin C setiap pagi. Gunakan serum setelah mencuci dan mengeringkan wajah.

Mengaplikasikan serum vitamin C di pagi hari dapat menjadi salah satu langkah melindungi kulit. Setelah penggunaan serum, barulah aplikasikan pelembap dan tabir surya sesuai dengan kebutuhan.

Botol serum vitamin C harus disimpan di tempat yang sejuk dan gelap serta jauh dari suhu panas yang ekstrem. Serum vitamin C yang sudah dibuka biasanya tidak boleh disimpan lebih dari enam bulan, karena berpotensi memberikan efek negatif pada kulit.

Adakah Efek Samping Serum Vitamin C?

Serum vitamin C sama seperti produk perawatan kulit lainnya yang berpotensi menimbulkan efek samping. Berikut adalah beberapa efek samping yang umum terjadi dari penggunaan serum vitamin C:

  • Gatal
  • Iritasi
  • Kemerahan
  • Sensasi kesemutan ketika serum diaplikasikan

Sensasi terbakar atau kesemutan saat aplikasi serum seharusnya tidak bertahan lama. Apabila sensasi ini bertahan lama diikuti dengan reaksi alergi seperti gatal dan pembengkakan, sebaiknya segera hentikan penggunaan serum.

Serum vitamin C mungkin mengandung beberapa kandungan bahan lain. Sebelum menggunakan serum, pastikan produk tersebut tidak memiliki kandungan produk yang dapat membuat Anda alergi.

Itu dia berbagai manfaat serum vitamin C dan beberapa informasi lainnya yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Doyle, Annie Walton. 2018. 11 Reasons to Add Vitamin C Serum to Your Skin Care Routine. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/vitamin-c-serum-benefits. (Diakses 6 Februari 2020).
  2. Lawler, Moira. 2019. Vitamin C Serums 101: Best Products, Benefits, Side Effects, and More. https://www.everydayhealth.com/skin-beauty/what-are-benefits-risks-vitamin-c-serums/. (Diakses 6 Februari 2020).
  3. Mccommon, Sammuel. 2019. Vitamin C Serum for Acne: Benefits, How to Choose One, and How to Use It. https://dermcollective.com/vitamin-c-serum-for-acne/. (Diakses 6 Februari 2020).
  4. Nall, Rachel. 2019. Top 3 benefits of vitamin C serum. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325801.php. (Diakses 6 Februari 2020).

e


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi