DokterSehat.Com– Di Indonesia, budaya berpelukan masih tidak begitu kuat. Hal ini disebabkan oleh masih adanya anggapan bahwa berpelukan, khususnya dengan orang lain di luar anggota keluarga sebagai sesuatu yang tabu dan tidak sopan. Padahal, pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika kita sering mendapatkan pelukan.

pelukan-doktersehat

Dampak Positif Sering Berpelukan

Pakar kesehatan Virginia Satir dari Amerika Serikat menyebut ada baiknya kita mendapatkan 4 kali pelukan setiap hari untuk bertahan hidup, 8 kali pelukan untuk memberikan rasa nyaman, dan 12 kali pelukan untuk mendukung perkembangan. Tak hanya menunjukkan rasa semangat, cinta, kebahagiaan dan kesedihan, dalam realitanya berpelukan bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Bisa Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Berpelukan dikenal luas sebagai salah satu cara untuk melawan stres. Fakta ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan di Carnegie Mellon University dan University of Pittsburgh School of Medicine. Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa berpelukan bisa menurunkan risiko jatuh sakit.

Dalam penelitian ini, 404 orang dewasa sengaja diberi virus yang bisa menyebabkan pilek. Setelahnya, mereka dibagi menjadi dua kelompok, yakni yang sering mendapatkan pelukan dan yang tidak pernah mendapatkan pelukan. Hasilnya adalah, mereka yang lebih sering dipeluk cenderung tidak mudah sakit dibandingkan dengan yang tidak pernah dipeluk.

  1. Meningkatkan Fungsi Sistem Saraf

Berpelukan akan menstimulasi sistem saraf dengan cara menurunkan perasaan sendirian, melawan ketakutan di dalam pikiran, dan membuat kepercayaan diri meningkat. Melakukan hal ini juga akan membuat kita merasakan dukungan atau apresiasi. Hal ini akan membuat kita merasa jauh lebih baik, nyaman, dan akhirnya berimbas positif bagi kesehatan fisik dan psikis.

  1. Memperbaiki Tekanan Darah

Penelitian lain yang dilakukan di University of North Carolina menghasilkan fakta bahwa berpelukan bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan signifikan. Hal ini juga bisa membuat tekanan darah di dalam tubuh semakin baik.

Dalam penelitian ini, 200 orang dipisah menjadi dua grup. Grup pertama diminta untuk menonton video romantis selama 10 menit dan kemudian meminta mereka berpegangan tangan dan berpelukan selama 20 menit. Kelompok kedua tidak melakukan interaksi apapun namun bersantai selama 10 menit sebelum terpapar hal-hal yang bisa memicu stres. Hasilnya adalah, kelompok pertama memiliki tekanan darah yang lebih baik dan denyut jantung yang lebih stabil.

  1. Membuat Kita Lebih Bahagia

Saat berpelukan, kita akan mengalami peningkatan kadar hormon oksitosin dengan signifikan. Hal ini bisa membuat kita merasa bahagia dan terkait satu sama lain. Bagi wanita, hormon ini bisa memberikan rasa lebih kuat, aman, dan nyaman. Karena alasan inilah wanita yang sering mendapatkan pelukan cenderung lebih bahagia.

  1. Menghilangkan Rasa Sakit

Penelitian yang dilakukan di New York University menghasilkan fakta bahwa sentuhan dan pelukan bisa menghilangkan rasa sakit dan sedih. Hal ini juga akan membuat suasana hati menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.

  1. Mengatasi Rasa Lelah

Pakar kesehatan Lena Forsell dan Jan Astrom melakukan penelitian yang menghasilkan fakta bahwa berpelukan selama 10 detik bisa membuat kita mengatasi rasa lelah setelah seharian bekerja atau kelelahan psikis karena mengalami berbagai macam masalah. Hal ini juga akan memperbaiki kesehatan mental dengan signifikan.

  1. Mengatasi Kecemasan Sosial

Meningkatnya hormon oksitosin pada tubuh setelah berpelukan bisa membuat kita berpikir dengan lebih positif dan tidak mudah cemas atau khawatir dengan hubungan sosial.

 

Sumber:

  1. 2019. 7 Health Benefits Regular Hugs Can Bring You. https://brightside.me/inspiration-health/7-health-benefits-regular-hugs-can-bring-you-794694/. (Diakses pada 10 November 2019).