Terbit: 16 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu sudah mengenal buah serikaya, bukan? Meski demikian, ternyata tidak banyak yang tahu bahwa buah ini ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan buah serikaya sebagai bahan perawatan kulit Anda.

Manfaat Serikaya untuk Perawatan Kesehatan Kulit

1. Meremajakan kulit

Serikaya tidak hanya buah yang lezat, tapi juga baik untuk perawatan kulit. Buah ini mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B dan antioksidan yang diperlukan untuk meremajakan kesehatan kulit.

2. Menyembuhkan infeksi kulit

Pasta serikaya bermanfaat untuk meredakan abses dan bisul. Vitamin C yang terkandung di dalamnya membantu menyembuhkan luka dan membentuk kartilage, tendon dan ligamen. Mengonsumsi serikaya secara rutin juga menstimulasi perkembangan sel-sel baru pada lapisan kulit.

3. Menjaga kulit tampak muda

Mengonsumsi serikaya secara rutin akan menebalkan dan menstimulasi kolagen untuk mengurangi keriput dan garis-garis halus. Buah ini juga meningkatkan hidrasi pada kulit dan sekitar sel-sel kulit. Vitamin C juga melawan radikal bebas pada tubuh sehingga mendorong pertumbuhan kulit yang sehat, bebas noda dan membuat kulit bercahaya.

4. Baik untuk kulit rentan jerawat

Mengonsumsi serikaya mengurangi produksi sebum serta mengendalikan jerawat. Campurkan pasta serikaya dengan sari lemon dan gunakan tiga kali seminggu untuk mengendalikan produksi sebum. Sifat anti-inflamasi pada serikaya mampu melawan jerawat dan membersihkan pori-pori untuk mencegar jerawat menjadi lebih parah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

5. Agen detoks alami

Buah serikaya mengandung serat larut dan antioksidan yang membuatnya menjadi laksatif yang hebat. Mengonsumsi serikaya secara rutin akan membantu membersihkan racun dari dalam tubuh sehingga Anda akan mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah serikaya untuk perawatan kulit. Mulai sekarang, jangan hanya mengonsumsi serikaya saja, gunakan juga untuk perawatan kulit, ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi