8 Manfaat Semut Jepang untuk Kesehatan, Benarkah?

manfaat-semut-jepang-doktersehat

DokterSehat.Com – Pengobatan tradisional memang cukup populer di Indonesia. Tidak hanya pengobatan herbal saja, tetapi terdapat juga penggunaan serangga sebagai obat. Salah satu yang sedang hits beberapa tahun belakangan ini adalah penggunaan semut jepang untuk mengobati berbagai penyakit. Apa saja manfaat semut jepang? Amankah pengobatan menggunakan semut jepang? Simak ulasannya berikut ini!

Apa Itu Semut Jepang?

Semut jepang atau Tenebrio molitor merupakan jenis serangga yang memiliki ukuran tidak jauh berbeda dengan semut berukuran besar seperti semut rangrang. Meskipun disebut sebagai semut, tapi Tenebrio molitor memiliki bentuk yang lebih mirip dengan kumbang. Larva dari semut jepang ini adalah jenis larva yang sering digunakan sebagai pakan burung.

Beberapa tahun belakangan ini, tersebar informasi di masyarakat bahwa semut jepang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Menemukan semut jepang juga bukan merupakan hal yang sulit dilakukan karena sudah mulai banyak orang yang berminat untuk melakukan budidaya semut jepang untuk memenuhi permintaan semut jepang di pasaran.

Manfaat Semut Jepang

Semut jepang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan dapat menyembutkan beberapa penyakit berbahaya. Berikut adalah manfaat semut jepang yang banyak dipercaya masyarakat:

1. Meredakan gejala diabetes

Manfaat semut jepang yang pertama dan merupakan yang paling populer adalah meredakan gejala diabetes. Penyakit diabetes disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah yang disebabkan karena kurang atau tidak adanya hormon insulin yang mengatur gula darah.

Konsumsi semut jepang dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah. Karena diabetes tidak dapat disembuhkan, maka pengobatan dilakukan hanya untuk meredakan gejalanya saja.

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat semut jepang yang dipercaya masyarakat selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Seperti yang kita ketahui bahwa tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah akan sangat berbahaya dan bisa memicu penyakit lainnya seperti serangan jantung hingga stroke.

Selain memerhatikan asupan makanan, konsumsi semut jepang oleh pasien dengan koleterol tinggi juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan tentunya juga menurunkan risiko penyekit berbagaya lainnya.

3. Menurunkan tekanan darah

Selain menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, manfaat semut jepang lainnya adalah menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi di mana tekanan pada dinding arteri terlalu tinggi. Hipertensi sering kali tidak menunjukkan gejala dan baru bisa diketahui melalui pemeriksaan tensi darah. Hal ini lah yang membuat pemeriksaan tekanan darah secara rutin penting untuk dilakukan.

Sama halnya seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi juga bisa kumat akibat konsumsi makanan tertentu, sehingga menjaga asupan makanan menjadi sangat penting. Selain itu, tekanan darah tinggi juga merupakan kondisi yang dapat disepelekan karena dapat memicu timbulnya penyakit kardiovaskular.

4. Mengatasi asam urat

Manfaat semut jepang selanjutnya adalah dapat mengatasi asam urat. Penyakit asam urat merupakan jenis peradangan sendi yang menyebabkan pembengkakan dan kemerahan pada sendi, yang juga ditandai dengan rasa nyeri yang luar biasa. Asam urat dapat terjadi di bagian sendi manapun di tubuh, namun paling banyak adalah pada jari kaki.

Penyakit asam urat merupakan jenis penyakit kronis, tetapi masih dapat disembuhkan dan ditekan gejalanya. Masyarakat percaya bahwa salah satu cara untuk menyembuhkannya adalah dengan cara mengonsumsi semut jepang.

5. Mengobati penyakit liver

Manfaat semut jepang yang kelima adalah membantu mengobati penyakit liver atau hati. Terdapat beberapa jenis peradangan pada hati mulai dari hepatitis hingga sirosis hati. Penyebabnya juga bermacam-macam mulai dari infeksi virus hingga konsumsi obat atau alkohol berlebihan.

Setiap peradangan yang terjadi akan berpotensi untuk menggangu fungsi hati dan hal ini dapat berakibat pada kerja organ lainnya dalam tubuh. Semut jepang dipercaya dapat membantu menurunkan gejala peradangan pada hati tersebut.

6. Pengobatan stroke

Penyakit stroke disebabkan oleh terhambatnya aliran darah menuju otak. Gejala stroke berbeda-beda bergantung pada beratnya gangguan yang dialami, tapi umumnya stroke ditandai denagn kesulitan berjalan, berbicara, dan kelumpuhan pada beberapa bagian tubuh. Semut jepang dipercaya dapat membantu mengobati gejala stroke ringan

7. Meningkatkan vitalitas

Manfaat semut jepang yang ketujuh adalah dapat meningkatkan vitalitas pria maupun wanita. Aktivitas sehari-hari yang padat dapat membuat stamina dam vitalitas dan stamina seseorang menurun. Konsumsi semut jepang sebelum tidur dipercaya dapat meningkatkan stamina dan vitalitas seseorang.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat semut jepang yang terakhir adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting untuk mencegah tubuh terserang berbagai penyakit. Semut jepang dipercaya dapat bekerja seperti vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, tapi tentunya harus juga dibarengi dengan pola makan sehat dan olahraga secara rutin.

Cara Konsumsi Semut Jepang

Semut jepang dikonsumsi secara langsung, tidak dalam bentuk ekstrak. Cara mengonsumsinya adalah dengan memasukkan sejumlah semut ke dalam kapsul, kemudian memakannya. Jumlah semut atau dosis semut yang dimasukkan ke dalam kapsul disesusikan dengan keluhan yang dirasakan. Selain dikonsumsi menggunakan kapsul, semut juga bisa dikonsumsi dengan cara dicampurkan ke dalam makanan atau minuman.

Efek Samping Semut Jepang

Setiap pengobatan tentunya memiliki potensi menimbulkan efek samping. Terdapat beberapa efek samping semut jepang yang dilaporkan mulai dari anemia, demam, kadar gula darah turun drastis, mual, muntah, hingga gangguan pencernaan.

Selain itu, penggunaan semut jepang juga memungkinkan terjadinya reaksi alergi seperti ruam merah, gatal-gatal, hingga pembengkakan. Efek samping ini tentunya tidak terjadi pada setiap orang, tetapi tetap harus Anda waspadai.

Apakah Semut Jepang Aman Digunakan?

Manfaat semut jepang untuk kesehatan memang sudah banyak dipercaya oleh masyarakat. Namun jika kita mencari khasiat semut jepang menurut kedokteran, maka hingga saat ini masih belum ditemukan. Belum ada uji klinis atau penelitian tentang efektivitas dan keamaan semut jepang untuk mengobati berbagai penyakit.

Manfaat semut jepang yang selama ini dipercaya hanyalah hasil eksperimen sebagian orang yang merasa mendapatkan khasiat semut jepang. Informasi ini kemudian tersebar luas dan banyak dicoba oleh masyarakat. Hal seperti ini juga masih banyak terjadi pada jenis pengobatan menggunakan bahan alami lainnya.

Maka dari itu, lebih baik pikirkan baik-baik sebelum memilih pengobatan alami baik herbal maupun menggunakan hewan yang belum teruji keamanan dan efektivitasnya. Karena belum terdapat bukti ilmiah tentang khasiatnya, bahaya atau efek samping dari pengobatan tersebut juga belum diketahui secara pasti. Hal ini tentunya menjadi risiko yang patut untuk dipertimbangkan.

Jika ingin lebih terjamin keamanannya, maka akan lebih baik untuk memastikan khasiat semut jepang menurut kedokteran sebelum mengonsumsinya. Meskipun begitu, keputusan tetap kembali pada pribadi masing-masing. Apapun metode pengoabatan yang Anda pilih, yang terpenting Anda memahami segala risiko yang mungkin terjadi.

Selain memilih pengobatan yang aman, jangan lupa juga untuk membarenginya dengan menjaga pola hidup sehat mulai dari menjaga asupan makanan, menjaga pola tidur, dan juga berolahraga dengan rutin. Pola hidup sehat merupakan salah satu kunci dari berhasilnya sebuah pengobatan sekaligus menjadi pencegahan dari berbagai penyakit.