Terbit: 17 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Buah semangka memang akan terasa segar dimakan pada siang hari yang panas. Karena tinggi kandungan air, buah ini akan menyegarkan tenggorokan dan tubuh Anda. Terlepas dari rasanya yang manis dan menyenangkan, buah semangkan ternyata juga menyimpan manfaat yang baik untuk kesehatan kulit Anda. Berikut ini beberapa diantaranya:

Manfaat Buah Semangka untuk Perawatan Kesehatan Kulit

1. Menghidrasi kulit

91% kandungan buah semangka adalah air yang dapat menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi selama musim panas. Menghidrasi tubuh dengan baik akan membuat kulit Anda mendapatkan kilau sehat serta mendorong produksi kolagen yang membuat kulit tetap kencang dan sehat.

Anda bisa memanfaatkan buah semangkan dengan memarutnya, kemudian mengambil sari air yang terkandung di dalamnya dan oleskan pada wajah selama 15 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat terlebih dahulu sebelum kemudian membilasnya dengan air dingin. Hal ini akan membuat kulit Anda bersih dan segar.

2. Manfaat anti penuaan

Buah semangka merupakan sumber antioksidan karena kaya kandungan likopen, vitamin C dan vitamin A. Antioksidan mampu melawan radikal bebas sehingga dapat menghentikan semua tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis-garis halus dan noda karena penuaan.

Selain itu, semangka juga bersifat diuretik alami yang mampu membersihkan racun dari tubuh sehingga akan membersihkan sistem tubuh Anda untuk mendapatkan kulit yang tampak sehat dan muda. Jadi, mengonsumsi dua cangkir semangka setiap hari atau mengoleskannya pada kulit akan mengurangi risiko kerusakan akibat paparan sinar matahari hingga sebanyak 40%.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Toner alami

Buah segar ini memiliki sifat astringent yang cocok digunakan sebagai toner. Anda bisa mengoleskan irisan semangkan atau mencampurkannya dengan bahan lain terlebih dahulu sebelum kemudian mengoleskannya pada wajah. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda bisa membuat toner dengan campuran sari semangkan dengan madu.

Sedangkan untuk kulit berminyak, Anda dapat mencampurkan satu cangkir semangkan dengan 2 sendok makan witch hazelnut dan 2 sendok air. Celupkan kapas pada toner alami ini dan oleskan pada wajah dan leher. Cara ini akan mengeksfoliasi, menyegarkan dan mengencangkan kulit.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi