Terbit: 24 Oktober 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama ini banyak orang mengenal seks sebagai aktivitas yang  dilakukan untuk menuntaskan hasrat bercinta atau libido. Selain itu, hubungan seksual suami istri juga digunakan untuk mendapatkan keturunan. Akan tetapi, tahukah Anda manfaat seks lainnya yang bisa didapatkan?

Doktersehat-manfaat-berhubungan-intim

Selain dua hal itu, banyak orang jarang mengetahui atau paham tentang fungsi dari seks itu sendiri. Akibatnya, Anda dan pasangan tidak bisa mendapatkan manfaat berhubungan intim. Bahkan, beberapa pasangan memutuskan mengurangi aktivitas seksual suami istri karena kesibukan.

Sebenarnya, dalam hubungan suami istri seks tidak hanya difungsikan untuk dua hal di atas. Lebih dari itu, seks juga memiliki fungsi lain yang jauh lebih besar dari sekadar pemuas libido semata.

Nah, kalau Anda memiliki masalah seks dengan pasangan atau merasa sudah tidak antusias lagi saat melakukannya, coba simak manfaat seks untuk pasutri di bawah ini dengan saksama.

  1. Meningkatkan ikatan emosional

Manfaat seks yang pertama adalah meningkatkan hubungan emosional dengan pasangan. Saat bercinta dengan pasangan, Anda tidak hanya menggunakan libido atau gairah yang menggebu-gebu saja. Jika pernikahan hanya menggunakan nafsu, seks akan berjalan membosankan.

Saat awal melakukannya khususnya habis menikah, antusiasme untuk seks mungkin tinggi. Namun, hasrat untuk melakukan itu lambat laun hilang perlahan-lahan. Bahkan, seks bukan jadi prioritas lagi.

Agar seks tetap bisa dijalankan secara reguler, gunakan rasa untuk melakukannya. Dengan begitu ikatan emosional yang kuat akan terbentuk.

2. Menurunkan kadar stres

Dalam dunia kerja atau rumah tangga, permasalahan memang kerap muncul. Kalau Anda tidak bisa mengatasinya, stres akan datang dan mengacaukan semuanya dengan cepat dan mudah.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi stres yang cukup mengganggu adalah dengan mendapatkan manfaat seks. Aktivitas ini akan membuat pikiran Anda menjadi lebih segar dan ketegangannya akan mereda perlahan-lahan.

Lakukan seks secara reguler sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Sebelum melakukannya coba lakukan komunikasi yang intens dengan pasangan sembari mencurahkan keresahan yang Anda alami.

3. Meningkatkan komunikasi dengan pasangan

Kapan saat yang tepat untuk melakukan komunikasi dengan pasangan kalau Anda sama-sama sibuk? Saat pagi hari sepertinya tidak mungkin, terlebih saat pulang kerja saat keduanya sudah lelah.

Seks adalah saat yang tepat untuk meningkatkan komunikasi dengan pasangan. Seks akan membuat Anda dan pasangan terkoneksi lagi setelah sebelumnya sibuk dengan dunianya sendiri dan lebih banyak diam.

Agar komunikasi bisa terjalin dengan baik, coba lakukan seks paling tidak setiap akhir pekan, atau buat jadwal seks yang bisa dilakukan oleh dua belah pihak.

4. Memperbaiki kualitas tidur

Kualitas tidur tidak hanya berdampak buruk pada tubuh saja, tapi juga mental. Kadang gara-gara stres dan kurang tidur, hubungan suami istri sering memanas dan sering terjadi percekcokan.

Agar hubungan pasutri bisa berjalan dengan lancar, kualitas tidur harus ditingkatkan. Manfaat seks bisa membuat Anda mudah tidur karena kadar hormon oksitosin yang keluar pasca orgasme.

Setelah melakukan seks, Anda bisa tidur dengan nyenyak. Esok hari badan dan pikiran bisa lebih segar. Kalau setiap hari stres bisa diredakan, otomatis kualitas hubungan bisa meningkat.

5. Meningkatkan kebahagiaan

Setiap melakukan seks mungkin Anda mengalami orgasme. Tapi, kepuasan dan rasa bahagia tidak selalu didapatkan bukan?

Nah, agar mendapat rasa bahagia, lakukan hubungan seksual yang sehat dengan rasa dan komunikasi yang baik. Selain itu, jangan jadikan seks sebagai pelampiasan nafsu saja. Tapi, kebutuhan yang harus didapatkan dan juga diberikan.

6. Menyehatkan jantung

Manfaat seks lainnya yang bisa didapatkan adalah menyehatkan jantung. Rangsangan seksual dan orgasme membuat denyut jantung meningkat. Penderita penyakit jantung tetap bisa berhubungan seksual selama mereka masih dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan normal.

Bahkan menurut penelitian, seks sehat setidaknya dua kali seminggu dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 50 persen, dibandingkan jika berhubungan seksual kurang dari sekali sebulan.

7. Meningkatkan sistem imunitas

Banyak orang tidak menyangka bahwa manfaat seks bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kuatnya sistem kekebalan tubuh dengan seberapa seringnya Anda melakukan hubungan seksual yang sehat, memiliki keterkaitan secara medis.

Tingkat imunoglobulin A (IgA) pada orang yang melakukan hubungan seksual sekali atau dua kali dalam seminggu, 30 persen lebih tinggi daripada yang tidak melakukannya lebih rutin. Antibodi ini berperan menjaga tubuh dari penyakit. Namun orang yang berhubungan seksual lebih dari dua kali dalam seminggu justru memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih rendah daripada umumnya.

8. Mengurangi rasa sakit

Manfaat seks yang satu ini seperti halnya ‘obat’ yang memiliki kemampuan menyembuhkan penyakit. Kenapa hubungan seksual yang sehat dapat digunakan sebagai ‘obat’? Pada dasarnya, orgasme melepaskan hormon yang dapat meredakan rasa sakit menyerupai manfaat obat pereda nyeri. Sementara itu, rangsangan pada vagina dapat mengurangi rasa sakit pada kaki dan nyeri kronis pada punggung hingga sakit kepala.

Tidak hanya mengurangi rasa sakit, manfaat seks ternyata juga bisa mengurangi risiko penyakit jika dipadukan dengan gaya hidup sehat. Manfaat berhubungan intim itu, antara lain:

  • Mengurangi risiko kanker prostat. Sebuah penelitian mengungkapkan, pria yang melakukan ejakulasi secara teratur lebih tidak berisiko mengalami kanker prostat.
  • Mengencangkan otot panggul bawah pada wanita sehingga memaksimalkan hubungan seksual serta mengurangi risiko gangguan buang air kecil di kemudian hari.
  • Mengurangi risiko sakit maag dan angina. Menurut sebuah penelitian, orang yang merasa didukung dan dicintai oleh pasangan lebih tidak berisiko mengalami angina dan maag.

9. Menjaga tekanan darah

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa mereka yang jarang melakukan aktivitas seksual atau jarang merasakan orgasme, memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena hipertensi.

Nah, itulah sejumlah manfaat seks yang bisa Anda dapatkan. Jangan lupa, meski banyak manfaat sex yang bisa Anda dapatkan, Anda juga harus mempraktikkan gaya hidup sehat. Pada akhirnya, hubungan seksual yang sehat tidak hanya berguna bagi perkembangan fisik tapi juga perkembangan mental.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi