4 Manfaat Mengonsumsi Buah Sawo

manfaat-sawo-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Dinesh Valke

DokterSehat.Com– Kesehatan merupakan hal mutlak yang harus selalu dijaga setiap saat, agar tubuh terbebas dari ancaman berbagai penyakit berbahaya yang bisa menyerang kapan saja. Untuk itu, kita perlu menjaga kesehatan dengan cara menerapkan pola hidup sehat, seperti berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, dan lain sebagainya.

Sebagai tambahan, kita juga harus memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan. Hampir semua jenis buah memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah buah sawo. Buah yang satu ini memiliki cita rasa manis. Selain manis, buah sawo juga mengandung mineral yang cukup banyak, asam folat, dan masih banyak kandungan lainnya yang baik untuk kesehatan.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah sawo secara rutin.

1. Anti Radang

Ada banyak jenis radang bisa saja menyerang tubuh Anda, seperti radang tenggorokan, radang sendi, dan yang paling berbahaya adalah radang usus. Ketika Anda terserang radang usus, maka sistem pencernaan Anda tidak akan berfungsi dengan baik sehingga perlu diobati dengan segera. Untuk mengobati radang usus, ternyata buah sawo bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, sawo sangat kaya akan kandungan tannin yang bekerja sebagai anti-inflamasi untuk memperbaiki kondisi saluran pencernaan tubuh dengan mengurangi peradangan rasa sakit pada organ usus.

2. Sembelit

Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan seperti susah buang air besar atau sembelit, Anda bisa mengonsumsi buah sawo. Hal ini dikarenakan buah sawo merupakan buah yang mamapu memberikan serat makaanan cukup tinggi sehingga bisa memberikan bantuan alami untuk mengatasi sembelit.

3. Kesehatan Mata

Tidak hanya buah pepaya saja yang baik untuk kesehatan mata jika dikonsumsi secara rutin, melainkan buah sawo juga memiliki manfaat yang sama, yakni untuk membantu meningkatkan penglihatan. Sebab, buah sawo mengandung vitamin A yang tinggi dan menurut sebuah penelitian, buah sawo mampu membuat penglihatan menjadi sempurna.

4. Mencegah Kanker

Penyakit berbahaya dan paling ditakutkan ini memang harus bisa dicegah sejak dini. Untuk melindungi tubuh dari risiko terkena kanker, bisa dengan cara mengonsumsi buah sawo. Vitamin A dan vitamin B yang terdapat pada sawo mampu menmbantu menjaga tubuh dengan memberikan perlindungan terhadap kanker.