7 Manfaat Sawi, Turunkan Berat Badan Hingga Cegah Kanker

manfaat-sawi-doktersehat

DokterSehat.Com – Sawi merupakan jenis sayuran yang sangat akrab dengan kehidupan masyarakat. Sawi, terutama jenis sawi hijau atau caisim, hampir selalu ditemukan sebagai pelengkap makanan seperti bakso atau mie ayam. Meskipun mengonsumsi sawi hampir setiap hari, sudah tahukah Anda tentang manfaat sawi?

Kandungan Sawi

Sawi merupakan sekelompok tumbuhan yang berasal dari marga Brassica. Sawi memiliki banyak sekali jenis mulai dari jenis sawi hijau seperti caisim dan pakcoy, sawi pahit atau mustard greens, hingga sawi putih. Meskipun jenisnya berbeda-beda, tetapi kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak jauh berbeda.

Sawi merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang baik bagi tubuh karena memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Beberapa vitamin yang terkandung dalam sawi Antara lain seperti vitamin B kompleks dalam bentuk asam folat, vitamin A yang berasal dari karoten, vitamin C, dan vitamin K.

Sawi juga memiliki kandungan berbagai mineral seperti sodium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium. Sama seperti sayuran hijau lainnya, sawi juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Manfaat Sawi

Setelah mengetahui kandungan yang ada di dalam sawi, sekarang saatnya untuk membahas manfaat sawi untuk kesehatan tubuh. Jika sawi adalah salah satu sayuran favorit Anda, maka Anda dapat berbahagia karena sawi ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat yang Anda dapatkan dari konsumsi sawi:

1. Antioksidan

Sumber antioksidan yang baik sering disebut sebagai salah satu manfaat sawi pahit, tapi sebenarnya bukan hanya sawi pahit saja yang mengandung antioksidan. Semua jenis sawi memiliki kandungan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan vitamin A dan C yang tinggi ditambah dengan senyawa lainnya, membuat sawi menjadi sayuran yang mampu untuk menangkal radikal bebas dan melindungi sel tubuh dari kerusakan.

2. Detoksifikasi tubuh

Manfaat sawi yang kedua adalah untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Ketika sedang beraktivitas, tentunya kita tidak dapat mengontrol sepenuhnya apa saja yang masuk ke dalam tubuh kita. Tanpa kita sadari setiap harinya terdapat berbagai zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh kita. Meskipun jumlahnya tidak banyak, namun seiring dengan berjalannya waktu, racun-racun tersebut dapat menumpuk dan berbahaya bagi tubuh.

Maka dari itu, tubuh kita membutuhkan perlindungan dan salah satunya dapat dibantu dengan makanan bergizi yang kita konsumsi. Sawi yang tinggi serat dapat membantu menyingkirkan racun yang berada dalam sistem pencernaan. Sedangkan kandungan klorofil dalam sawi dipercaya dapat membantu mengeluarkan racun lainnya dalam tubuh.

3. Mencegah kanker

Manfaat sawi selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Manfaat ini tentunya tidak terlepas dari fakta sawi yang memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi.

Selain itu, Beberapa sayuran yang memiliki aroma tajam seperti lobak dan sawi memiliki kandungan suatu komponen yang bernama glucosinolate. Manfaat dari komponen ini ternyata salah satunya adalah sebagai yang dapat menangkal pertumbuhan sel kanker.

4. Menjaga sistem imun tubuh

Khasiat sawi lainnya adalah menjaga sistem imun tubuh. Sistem imun bertugas untuk melindungi tubuh dan melawan semua patogen yang dapat menyebabkan infeksi. Salah satu cara untuk menjaga sistem imun adalah dengan menjaga asupan makanan.

Konsumsi sawi dengan rutin dapat menjaga sistem imun agar dapat bekerja dengan baik karena sawi memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Manfaat sawi untuk menjaga sistem imun tubuh juga didapatkan dari sifat antiinflamasinya yang dapat mencegah agar peradangan tidak semakin parah.

5. Mengontrol kadar kolesterol

Tingginya kolesterol jahat dalam darah akan sangat membahayakan tubuh. Ada banyak sekali penyebab meningkatnya kadar kolesterol dan salah satu faktor terbesarnya tentu saja berasal dari makanan. Tapi di samping keberadaan makanan yang dapat meningkatkan kolestrol jahat, tentunya banyak juga jenis makanan yang dapat membantu mengontrol kadar kolesterol.

Hal itu lah yang menjadi alasan pentingnya untuk selalu memerhatikan apa yang kita makan. Konsumsi sayuran hijau seperti sawi yang kaya akan antioksidan bisa menjadi salah satu cara untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah dan mencegah peningkatan kolesterol jahat.

6. Baik untuk dikonsumsi ibu hamil

Sayuran hijau seperti sawi juga merupakan salah satu sayuran yang sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Konsumsi sawi dapat menambah asupan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Asam folat berperan penting dalam pertumbuhan bayi karena berpengaruh pada pembentukan sel dan DNA.

7. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat sawi selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Tapi manfaat sawi yang satu ini tentunya bukan manfaat secara langsung yang artinya banyaknya konsumsi sawi tidak akan berpengaruh pada jumlah berat badan yang akan turun.

Sawi merupakan jenis sayuran yang kaya serat dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai menu dalam program penurunan berat badan. Jangan lupa mengimbangi asupan makanan dan olahraga agar program penurunan berat badan menjadi lebih efektif.

Cara Mengolah Sawi yang Baik

Sawi memang sering ditemui di berbagai jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Tapi tentu saja konsumsi sawi sebagai pelengkap saja tidak cukup. Ada baiknya Anda mengolah sendiri di rumah untuk mendapatkan khasiat sawi yang Anda inginkan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengolah sawi di rumah yang bisa Anda terapkan:

1. Ditumis

Sebagian orang percaya bahwa sayuran yang ditumis akan hilang nutrisinya. Hal ini tentunya tidak sepenuhnya benar. Anda juga bisa mengolah sawi dengan cara ditumis untuk mendapatkan khasiat sawi. Namun untuk tetap mempertahankan nutrisinya, lebih baik gunakan sedikit saja minyak ketika menumisnya.

2. Direbus atau dikukus

Cara kedua untuk mengolah sawi adalah dengan cara direbus atau dikukus. Cara ini merupakan cara yang cocok dipilih oleh Anda yang sedang menjalani program diet. Rebus atau kukus sawi sebentar saja karena sawi memiliki sifat yang cepat matang dan memasak sayuran terlalu matang dapat menurunkan nutrisinya.

3. Dijus

Cara ketiga untuk mendapatkan manfaat sawi adalah dengan cara dijus. Anda bisa mencampurkannya dengan sayuran dan buah-buahan lainnya seperti wortel atau nanas agar rasanya lebih enak dan manfaat yang didapat juga lebih banyak. Tambahkan madu juga secukupnya jika Anda menginginkan ras jus yang manis.

Itu dia 7 manfaat sawi dan cara mengolah sawi yang baik. Sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi sawi dapat menimbulkan efek samping. Tetapi ada beberapa yang berpendapat bahwa kandungan vitamin K di dalam sawi sangat tinggi dan jauh melebihi kebutuhan harian, sehingga sebaiknya dikonsumsi secukupnya.

Efek tentang tingginya kandungan vitamin K dalam sawi ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun tetap harus Anda waspadai. Sebaiknya konsumsi sawi sewajarnya saja dan kombinasikan dengan menu makanan lainnya agar kebutuhan nutrisi Anda dapat terpenuhi. Semoga informasi ini bermanfaat!