6 Manfaat Sarapan Telur Rebus (No. 4 Tidak Terduga)

telur-rebus-untuk-diabetes-doktersehat.
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Salah satu menu sarapan yang paling sering kita konsumsi adalah telur. Selain memiliki rasa yang cenderung nikmat, pakar kesehatan menyebut telur tinggi kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Hanya saja, kita seringkali menikmati olahan telur yang digoreng. Padahal, telur yang direbus juga tak kalah nikmat dan tinggi manfaat bagi kesehatan, lho.

Manfaat Sarapan Telur Rebus dengan Rutin

Telur rebus cenderung mudah dan praktis untuk diolah. Cukup hanya dengan merebus telur di dalam air panas selama beberapa menit tanpa perlu menambahkan bumbu apapun, kita sudah bisa mendapatkan makanan yang enak untuk dikonsumsi.

Berikut adalah berbagai manfaat kesehatan dari hobi sarapan telur rebus.

  1. Bisa mempercepat sistem metabolisme tubuh

Di dalam telur rebus terdapat kandungan asam amino yang tinggi. Kandungan ini ternyata bisa membuat tubuh memetabolisme protein dengan lebih maksimal. Dampaknya tak hanya baik bagi kondisi otot-otot dan saraf kita, melainkan juga akan mendukung sistem metabolisme tubuh untuk berjalan dengan lebih cepat.

Padahal, di dalam telur juga terdapat kandungan protein yang tinggi. Tak hanya mendukung sistem metabolisme, hal ini juga akan membuat asupan energi tubuh meningkat. Selain itu, di dalam telur juga terdapat kandungan asam lemak tak jenuh tungal serta ganda yang akan membantu menurunkan kolesterol darah. Hal ini berarti, kesehatan organ kardiovaskular akan terjaga.

  1. Cenderung rendah kalori

Telur sering dianggap sebagai makanan yang cocok untuk dijadikan program diet. Hal ini disebabkan oleh kandungan kalorinya yang cenderung rendah. Sebagai contoh, kita hanya akan mengonsumsi 78 kalori untuk setiap telur berukuran sedang. Jika kita mengonsumsi dua butir telur, maka kita sudah bisa merasakan kenyang lebih cepat. Rasa kenyang ini juga akan berlangsung dalam waktu yang lebih lam.

Hal ini tentu bisa mencegah kebiasaan makan dengan porsi berlebihan atau keinginan ngemil makanan yang tidak sehat. Program diet pun bisa berjalan dengan lancar.

  1. Tinggi kandungan kolesterol baik

Banyak orang yang takut untuk mengonsumsi telur karena dianggap bisa membahayakan kondisi kolesterol tubuh. Padahal, dalam realitanya telur justru baik bagi kondisi kolesterol. Hal ini disebabkan oleh keberadaan kolesterol baik di dalamnya yang justru akan meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kolesterol jahat LDL dengan signifikan.

Penderita kolesterol tinggi bahkan sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi telur rebus setiap hari demi menjaga kondisi tubuhnya.

  1. Bisa membuat penglihatan menjadi lebih tajam

Makanan yang baik bagi kondisi penglihatan tidak hanya berupa telur atau suplemen saja. Jika kita rajin makan telur, maka kondisi mata kita akan jauh menjadi lebih sehat. Hal ini disebabkan oleh keberadaan kandungan antioksidan berupa lutein dan zeaxanthin.

Keberadaan antioksidan esensial ini akan membuat mata menjadi lebih sehat dan memberikan perlindungan dari paparan sinar UV yang kurang sehat. Rutin mengonsumsi telur juga bisa menurunkan risiko terkena katarak.

  1. Bisa mencegah perut kembung

Perut kembung adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup sering kita alami. Meskipun termasuk dalam gangguan pencernaan yang ringan, dalam realitanya perut kembung bisa sangat merepotkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Beruntung, pakar kesehatan menyebut telur rebus bisa membantu mencegahnya.

  1. Baik bagi kesehatan otak

Makan telur telah terbukti akan mendukung kesehatan otak. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin dan mineral di dalamnya yang bisa mendukung fungsi sel-sel otak, fungsi memori, fungsi saraf, dan metabolisme di dalam otak.

Melihat banyaknya manfaat kesehatan dari telur rebus, tak ada salahnya rutin mengonsumsinya setiap hari saat sarapan.