12 Manfaat Sarapan Pagi yang Anda Ketahui

fungsi-sarapan-pagi-doktersehat

DokterSehat.Com – Anda masih meremehkan sarapan pagi dan sering melewatkannya? Jangan lakukan itu lagi! Anda akan kehilangan beberapa manfaat sarapan pagi yang begitu penting untuk kesehatan dan bahkan kesuksesan Anda. Kali ini DokterSehat akan mengulas alasan mengapa sarapan pagi sangat penting, manfaat sarapan pagi, hingga pilihan menu sarapan pagi yang sehat dan begizi.

Mengapa sarapan pagi sangat penting?

Kemungkinan besar Anda sudah tahu bahwa sarapan pagi itu sangat penting dan bahkan sudah berulang kali mendengarnya di mana-mana hingga bosan. Akan tetapi, apakah Anda setuju dengan pernyataan tersebut atau Anda sudah setuju tetapi belum bisa memahaminya?

Sarapan pagi itu memang penting untuk kesehatan tubuh. Mengapa? Sarapan pagi yang dalam bahasa Inggris disebut breakfast memiliki arti yang penting untuk Anda pahami. Breakfast terdiri dari kata break dan fast.

Kata break sendiri berarti istirahat dan fast artinya puasa. Jadi, breakfast itu mengandung makna ‘buka puasa”. Bingung dengan kata puasa di sini? Puasa yang dimaksud di sini adalah waktu di mana Anda sedang terlelap tidur pada malam hari.

Pada saat tidur malam, Anda tidak makan dan minum selama kurang lebih hampir sama dengan durasi puasa di bulan suci. Ya kan? Inilah yang membuat tubuh Anda butuh untuk diisi kembali dengan makanan yang sehat dan bergizi.

Anda bisa bayangkan jika Anda melewatkan sarapan pagi maka sudah berapa lama Anda ‘berpuasa’? Hal ini akan lebih parah jika Anda juga melewatkan makan malam pada hari sebelumnya. Kini, Anda sudah paham mengapa sarapan itu begitu penting untuk tubuh?

Manfaat Sarapan Pagi bagi Tubuh

Anda telah mengetahui alasan di balik pentingnya sarapan pagi. Seharusnya Anda sudah memahaminya dan tidak akan berniat untuk meninggalkan sarapan pagi. Akan tetapi, jika Anda masih belum termotivasi untuk menjaga sarapan maka informasi tentang manfaat sarapan pagi pasti bisa memotivasi Anda agar selalu sarapan.

Bagi Anda yang belum termotivasi untuk selalu sarapan pagi maka inilah beberapa manfaat sarapan pagi bagi tubuh.

1. Mengisi kembali energi tubuh

Pastinya orang yang telah melakukan sarapan pagi maka ia merasakan bahwa ia cukup berenergi. Rasa lapar dan lemas yang hadir setelah bangun tidur sudah diatasi karena manfaat sarapan pagi adalah mengisi kembali energi tubuh yang sudah lama puasa.

Jadi, jika diibaratkan tubuh Anda seperti telepon seluler yang semakin lama semakin berkurang baterainya hingga nol maka sarapan pagi adalah awal-awal charging atau pengisian ulang energi yang telah terkuras.

2. Mendukung aktivitas di pagi hari

Setelah Anda mendapatkan manfaat sarapan pagi yaitu kembalinya energi di dalam tubuh Anda maka Anda juga akan mendapatkan manfaat terhadap kualitas kinerja otak yang yang bisa mendukung aktivitasmu terutama di pagi hari seperti di sekolah atau kantor.

Orang yang telah melakukan sarapan maka otaknya lebih siap untuk berpikir, mengingat, konsentrasi, dan lainnya. Manfaat sarapan pagi yang satu ini sangat penting untuk dimiliki oleh para pelajar dan orang-orang yang bekerja.

3. Membantu program penurunan berat badan

Apakah Anda sedang menjalani program diet dengan tujuan untuk menurunkan berat badan? Jika iya maka Anda benar-benar tidak boleh melewatkan sarapan pagi yang sehat dan bergizi atau program diet Anda akan berantakan.

Mungkin ada kebingungan dalam pikiran Anda tentang manfaat sarapan pagi yang bisa menurunkan berat badan. Bukankah harus tidak perlu sarapan pagi lalu berat badan akan turun? Mungkin hal ini juga terlintas di benak Anda.

Sarapan pagi yang sehat dan bergizi memang bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan menu sarapan pagi yang sehat bisa mengontrol nafsu makan Anda dan meningkatkan metabolisme sehingga berat badan turun.

4. Mengatasi masalah anemia

Apakah Anda memiliki masalah darah berupa anemia? Jika ya maka milikilah sarapan pagi karena manfaat sarapan pagi bisa mengatasi masalah anemia yang diderita. Menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi haruslah mengandung banyak vitamin.

Vitamin-vitamin tersebutlah yang dapat membuat tubuh Anda bisa mengobati masalah kekurangan zat besi. Ini juga yang menjadi alasan mengapa para penderita anemia seharusnya mengonsumsi buah-buahan ketika awal waktu memulai sarapan.

5. Meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular

Manfaat sarapan pagi juga bisa meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular. Hal ini dikarenakan menu sarapan pagi yang sehat dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat).

Selain itu, sarapan sehat juga bisa menguatkan sel-sel otot jantung. Ini bisa mencegah Anda dari stroke atau serangan jantung mendadak. Menu sarapan yang banyak mengandung serat sangat baik untuk meningkatkan kesehatan sistem kardiovaskular.

6. Menurunkan kadar gula darah

Para penderita diabetes tidak boleh abai dan melewatkan sarapan pagi. Ini disebabkan manfaat sarapan pagi bisa menurunkan kadar gula darah. Menu sarapan pagi yang sehat bergizi dapat menjaga kadar glukosa tetap normal.

Menu sarapan pagi yang baik untuk penderita diabetes adalah yang banyak mengandung serat seperti gandum utuh, oat, dan roti gandum. Penderita diabetes juga baik untuk memilih produk susu rendah lemak sebagai menu sarapan pagi.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat sarapan pagi bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini bisa terjadi jika menu sarapan pagi Anda memiliki banyak kandungan antioksidan seperti buah jeruk, jus lemon, buah jambu biji, mangga, dan sebagainya.

Menu sarapan pagi yang kaya akan antioksidan akan membuat Anda tidak mudah jatuh sakit. Selain itu, sistem kekebalan tubuh yang baik juga akan menurunkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti maag kronis.

8. Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Milikilah menu sarapan pagi yang juga kaya akan kandungan serat makanan. Bila ini tersaji pada pagi hari maka manfaat sarapan pagi berupa sistem pencernaan yang sehat juga bisa Anda dapatkan.

Kandungan serat makanan akan melancarkan buang air besar sehingga bisa mencegah dan mengatasi sulit bab (sembelit). Di samping itu, serat makanan juga bisa mengatasi radang lambung dan mengatasi masalah pencernaan lainnya.

9. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat sarapan pagi juga bisa membuat tulang Anda sehat dan kuat jika menu sarapan pagi Anda banyak mengandung kalsium seperti susu atau produk turunannya. Anda bisa menjadikan susu, keju, yogurt buah, sebagai menu sarapan sehari-hari agar tulang tetap sehat dan kuat.

10. Menjaga kesehatan mata

Sarapan pagi yang kaya akan kandungan vitamin A memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang memasukkan jus wortel atau tomat di dalam menu sarapan paginya.

11. Merawat kulit agar selalu sehat

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit sehat. Pastinya jika ditanya pada semua orang maka jawaban yang akan didapat adalah “ya”. Anda pun juga termasuk yang menjawab “ya” kan. Kalau begitu, seharusnya Anda tidak pernah meninggalkan sarapan pagi Anda.

Hal ini dikarenakan manfaat sarapan pagi bisa membuat kulit Anda selalu sehat dan terawat. Oleh karena itu, milikilah menu sarapan pagi dengan kandungan protein, vitamin, dan mineral yang tinggi karena baik untuk kesehatan kulit Anda.

12. Meningkatkan kesehatan rambut

Tidak hanya kulit, manfaat sarapan pagi bagi kecantikan tubuh juga meliputi kesehatan rambut. Menu sarapan pagi yang tinggi protein seperti putih telur akan menjaga kesehatan rambut. Ini dikarenakan rambut membutuhkan protein untuk pertumbuhan optimalnya.

Contoh Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Bergizi

Seperti apa sih menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi? Pastinya menu sarapan sehat bergizi kaya akan kandungan vitamin, mineral, protein, dan serat makanan. Anda bisa memilih beberapa contoh menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi di bawah ini.

Di bawah ini adalah beberapa contoh menu sarapan pagi yang sehat dan bergizi:

  • bubur manado
  • satai roti buah
  • sandwich telur
  • bubur gandum apel
  • bubur ayam oatmeal
  • sup jagung proti
  • mangkuk roti tuna
  • gandum ayam panggang
  • lapis gandum dan yogurt
  • kentang panggang keju
  • sushi abon sapi
  • salad kentang
  • makaroni ikan keju
  • omelet keju
  • perkedel panggang
  • nasi telur asam manis
  • pasta beef stir fry
  • sup krim ayam
  • bubur sambal udang
  • kentang panggang daging asap

Sumber:

  1. Sisca Soewitomo. 2013. 30 Menu Untuk 1 Bulan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  2. Lilly T. Erwin. 2010. Sajian Sarapan Pagi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama