Super, Ini 5 Manfaat Hebat Sarapan dengan Oatmeal, Wajib Dicoba!

doktersehat oatmeal
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengonsumsi sarapan dengan menu oatmeal? Menu makanan yang satu ini memang identik dengan sarapan, ya.

Sayangya, masih belum banyak yang melirik oatmeal sebagai pilihan menu sarapan. Alasannya beragam, mulai dari tidak merasa kenyang, tidak menyukai rasanya, atau memang tidak terbiasa mengonsumsi oatmeal.

Padahal, mengonsumsi oatmeal saat sarapan bisa memberikan berbagai manfaat untuk tubuh, lho.

Hal ini tidak hanya disebabkan karena kandungan zat dan gizi yang ada pada oatmeal, namun juga dari tekstur dan cara penyajian oatmeal yang cenderug berbeda dari menu sarapan biasanya.

Photo Credit: Flickr.com/Marco Verch

Penasaran apa saja manfaat luar biasa yang akan kita dapatkan jika mengonsumsi oatmeal saat sarapan? Yuk sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

1. Praktis

Oatmeal merupakan bahan makanan yang cukup awet karena merupakan makan yang memiliki masa simpan cukup lama. Hal ini membuat oatmeal merupakan pilihan yang tepat saat pagi hari, mengingat waktu makan saat sarapan adalah waktu makan yang terbatas.

Anda hanya perlu menakar porsi oatmeal sesuai kebutuhan, dan menambahkan cairan agar oatmeal menjadi lembut, makanan pokok yang prkatis kini sudah tersedia di meja makan Anda.

Tentunya sangat menghemat waktu Anda di tengah rutinitas pagi yang padat, bukan?

2. Cocok sebagai menu yang bergizi lengkap

Oatmeal umumnya memiliki rasa yang cenderung hambar, hal ini justru membuat oatmeal menjadi sangat cocok dipadukan dengan berbagai bahan makanan yang padat gizi, sebut saja susu, kacang-kacangan, buah kering, maupun buah segar.

Tidak hanya bergizi lengkap, dan cukup mudah dibuat, karena hanya memerlukan sedikit persiapan dari bahan baku yang umumnya minimal pengolahannya, berbagai perpaduan bahan makanan di atas akan membuat oatmeal menjadi kaya akan cita rasa dan tentu menggungah selera makan pagi Anda.

Sehingga tidak hanya praktis, oatmeal juga bisa disajikan dengan gizi yang lengkap dan dapat dibuat dalam waktu singkat, ya.

3. Asupan serat lebih banyak

Salah satu keunggulan utama oatmeal dibandingkan dengan bahan makanan pokok yang umum dikonsumsi saat sarapan, adalah oatmeal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Serat sangat penting untuk kesehatan tubuh, utamanya pada awal hari, karena dapat mendukung pemenuhan serat harian yang optimal, melancarkan pencernaan, serta mengontrol gula dan lemak darah tubuh.

Asupan serat juga bisa lebih banyak jumlahnya, jika Anda memilih toping oatmeal yang banyak mengandung serat, misalnya buah segar atau kacang-kacangan. Hal ini tentu akan sangat mendukung pemenuhan serat harian yang umumnya sulit dipenuhi.

4. Tubuh kenyang lebih lama

Photo Credit: Flickr.com/oksiana

Mengonsumsi oatmeal, dalam porsi yang sesuai dengan kebutuhan, bisa memberikan rasa kenyang yang cukup lama.

Hal ini tentu saja didukung dengan kandungan serat yang tinggi ada oatmeal yang mampu membuat pencernaan menjadi lebih kenyang karena makanan memiliki waktu transit yang lebih lama di pencernaan.

Kondisi ini tentu sangat baik untuk mencegah kemungkinan Anda mengonsumsi camilan yang tidak sehat di sela waktu sarapan dan makan siang. Anda juga akan dapat lebih mengontrol jenis dan porsi camilan dan makan siang lebih baik, karena nafsu makan tidak berlebihan.

5. Menekan asupan lemak berlebihan di awal hari

Oatmeal merupakan pilihahan yang tepat jika Anda sedang berusaha mengurangi asupan lemak dalam tubuh, karena menu sarapan oatmeal umumnya jarang dipadukan dengan makanan yang berlemak.

Sehingga, dengan memilih oatmeal, maka asupan makanan awal hari Anda juga cenderug lebih sehat karena umumnya toping atau campuran oatmeal, misalnya susu segar, buah, atau, kacang-kacangan, kaya akan kandungan protein, serat, vitamin, mineral, dan cenderung rendah lemak.