Manfaat Santan Kelapa untuk Perawatan Kecantikan

manfaat-santan-untuk-kecantikan-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Santan kelapa umumnya memang digunakan sebagai bahan memasak. Dengan tambahan santan kelapa, makanan akan terasa lebih gurih dan lezat. Meski demikian, manfaat dan kegunaan santan kelapa ternyata tidak terbatas sebagai bahan masakan saja. Anda bahkan bisa menggunakannya sebagai bahan perawatan kecantikan. Pasalnya, bahan ini ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk merawat kulit dan rambut Anda.

1. Pelembap

Santan kelapa memiliki sifat melembutkan sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering dan terdehidrasi. Anda bisa langsung mengoleskan santan pada kulit untuk kembali menyegarkan kulit. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan satu cangkir santan, satu cangkir kelopak mawar dan setengah cangkir air mawar di dalam bath tub. Berendamlah selama 15 menit untuk mengembalikan kelembapan kulit yan hilang.

2. Pembersih make up

Kulit di sekitar mata adalah area sensitif dan Anda harus memperlakukannya dengan hati-hati. Cara alami untuk membersihkan make up di area mata adalah dengan menggunakan santan kelapa. Anda juga bisa menggunakannya sebagai pembersih make up di area wajah lainnya.

3. Anti penuaan dini

Tanda-tanda penuaan seperti keriput, garis halus, bintik hitam serta kulit yang kendur dapat dikendalikan dengan nutrisi penting dan vitamin yang tersedia dalam santan kelapa. Menggunakan santan kelapa secara rutin akan membantu meningkatkan elastisitas kulit berkat kandungan vitamin C di dalamnya.

4. Mencegah rambut kusut

Santan kelapa adalah bahan alami untuk mengatasi rambut yang kusut. Anda hanya perlu mengoleskan santan pada rambut yang kusut sebelum menyisirnya. Tidak hanya membuat rambut kusut jadi lebih halus, sifatnya yang melembutkan akan membuat rambut menjadi lebih lembut dan berkilau.

Itulah tadi beberapa perawatan yang bisa Anda gunakan dengan memanfaatkan santan kelapa. Sudah siap mencobanya?