Manfaat Salicylic Acid Pada Skincare Khusus Jerawat

doktersehat-pria-jerawat-muka-wajah-karbunkel-bisul-besar

DokterSehat.Com– Anda mungkin sering mendengar saran pemakaian produk yang mengandung salicylic acid untuk kulit rentan jerawat. Terkait hal tersebut, tentu masih banyak yang bertanya-tanya mengenai keunggulan salicylic acid untuk kulit berjerawat. Apalagi, hampir semua produk untuk kulit rentan jerawat dilengkapi dengan salicylic acid. Nah, agar tidak bertanya-tanya lagi berikut sejumlah manfaat dari penggunaan produk yang mengandung salicylic acid.

1. Mengeksfoliasi Kulit

Dilansir dari laman How Stuff Works, salah satu kegunaan salicylic acid adalah sebagai eksfoliator sel kulit mati. Seperti yang telah diketahui, sel kulit mati kerap menjadi penyebab umum munculnya jerawat.

2. Mencegah Produk Sebum Berlebih

Menggunakan produk yang mengandung salicylic acid di dalamnya ternyata juga dapat mencegah jerawat semakin parah. Hal ini disebabkan oleh salicylic acid yang ampuh dalam mengurangi produksi sebum berlebih. Apalagi, minyak berlebih menjadi salah satu penyebab umum dari jerawat.

3. Membersihkan Lapisan Kulit secara Optimal

Fungsi lainnya dari penggunaan produk yang mengandung salicylic acid adalah mendapatkan kulit bersih. Pasalnya, salicylic acid dapat membersihkan kulit hingga ke beberapa lapisan di bawah kulit. Tidak heran jika salicylic acid juga dikenal sebagai deep cleanser agent.

Menyingkirkan Komedo. Tidak hanya ampuh dalam mengatasi masalah jerawat, produk-produk yang menggunakan salicylic acid juga dapat membersihkan komedo. Dilansir dari laman Allure, hal tersebut disebabkan lantaran salicylic acid mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori.

Kendati produk dengan kandungan salicylic acid sangat disarankan untuk kulit rentan jerawat, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Hal tersebut untuk mencegah efek buruk yang ditimbulkan. Apalagi bagi Anda yang saat ini juga menggunakan salep khusus dengan kandungan bahan berbeda.