6 Manfaat Sabun Pepaya untuk Kulit Wajah dan Cara Pakainya

manfaat-sabun-pepaya-untuk-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Sejak beberapa tahun silam, khasiat sabun pepaya telah diketahui banyak perempuan. Manfaat sabun pepaya untuk wajah cukup memuaskan banyak konsumen. Enzim papain adalah alasan adanya manfaat sabun pepaya untuk kulit wajah.

Sabun pepaya juga mengandung enzim papain yang sangat berguna untuk kulit wajah. Enzim papain akan bekerja pada kulit wajah yang membuat wajah makin mempesona dan memukau. Baca terus untuk mengetahui manfaat sabun pepaya untuk wajah dan cara memakain sabun pepaya.

Manfaat sabun pepaya untuk kulit dan wajah

Penggunaan sabun pepaya sudah dilakukan sejak beberapa tahun silam. Ini dikarenakan manfaat sabun pepaya yang terbukti memiliki dampak positif bagi wajah. Manfaat sabun pepaya untuk kulit wajah pun kini semakin banyak diketahui orang terutama kaum hawa. Apa sajakah manfaat sabun pepaya untuk wajah?

Berikut ini adalah beberapa manfaat sabun pepaya untuk kulit wajah:

1. Mengelupas sel-sel kulit

Manfaat sabun pepaya untuk wajah yang sangat terasa adalah mengelupas sel-sel kulit yang telah mati. Khasiat sabun pepaya yang satu ini akan membuat wajah Anda menjadi segar dan terlihat lebih cerah.

Enzim papain pada sabun pepaya yang tercampur air mampu memecah protein sehingga dapat mengelupas sel-sel kulit yang telah mati. Sel-sel kulit yang rusak dan kering juga akan diremajakan kembali bila menggunakan sabun pepaya melalui kandungan enzim papain di dalamnya.

2. Mencegah dan mengatasi jerawat

Apakah Anda termasuk orang yang terganggu dengan adanya jerawat di wajah? Jika begitu maka gunakanlah sabun pepaya secara rutin karena manfaat sabun pepaya untuk wajah bisa mengatasi jerawat di wajah Anda.

Jerawat muncul karena sel-sel kulit mati yang tidak terangkat dan tetap menempel di kulit wajah sehingga menyumbat pori-pori. Khasiat sabun pepaya yang bisa mengangkat sel-sel kulit yang menumpuk akan mencegah dan mengatasi jerawat.

3. Memutihkan kulit wajah

Kulit wajah yang putih adalah dambaan bagi hampir setiap wanita. Ini dikarenakan wanita yang memiliki wajah putih akan nampak lebih menarik dan mempesona. Meskipun belum ada penelitian secara klinis tetapi manfaat sabun pepaya untuk wajah bisa membuatnya lebih putih.

Cara kerja sabun pepaya tidaklah seperti krim-krim wajah pemutih pada umumnya. Sabun pepaya akan mengelupas lapisan kulit yang kering dan telah rusak sehingga membuat wajah mendapatkan lapisan kulit baru yang lebih cerah dan putih.

4. Menyamarkan noda dan flek hitam

Selain membuat lebih putih dan cerah, manfaat sabun pepaya untuk wajah juga bisa menyamarkan noda atau bintik-bintik hitam pada wajah. Enzim papain di dalam sabun pepaya juga bisa menghilangkan flek hitam di wajah.

Tanda-tanda penuaan dini pada wajah lainnya seperti keriput dan bintik-bintik usia juga bisa disamarkan sehingga Anda bisa menyingkirkan masalah penuaan yang terjadi pada wajah. Gunakanlah sabun pepaya secara teratur dan dapatkan wajah yang awet muda.

5. Menghaluskan kulit

Sabun pepaya adalah sabun bersahaja yang tidak kalah dengan produk perawatan wajah lainnya dalam hal manfaat pada wajah. Manfaat sabun pepaya untuk wajah juga bisa menghaluskan kulit wajah.

Hal ini dikarenakan enzim papain di dalam sabun pepaya akan mengelupas lapisan kering wajah yang membuat wajah terasa kasar. Jika lapisan kering ini telah terangkat maka kulit wajah akan terasa lebih halus.

6. Meredakan gatal-gatal

Selain bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, manfaat sabun pepaya juga bisa mengurangi rasa gatal di kulit. Rasa gatal pada kulit yang diakibatkan oleh gigitan serangga bisa dikurangi dengan menggunakan sabun pepaya.

Enzim papain bersama air akan memecah protein dan menghilangkan racun dari gigitan serangga yang menjadi penyebab rasa gatal di kulit. Apabila Anda digigit serangga maka cucilah dengan menggunakan sabun pepaya lalu bilas maka rasa gatal akan berkurang.

Cara Menggunakan Sabun Pepaya yang Benar

Mungkin masih ada di antara Anda yang masih belum tahu atau belum yakin tentang bagaimana cara menggunakan sabun pepaya yang benar agar mendapatkan beberapa manfaat sabun pepaya yang telah disebutkan sebelumnya. Penggunaan sabun pepaya biasanya digunakan pada malam hari.

Berikut ini adalah cara menggunakan sabun pepaya yang perlu Anda ketahui:

  • ikatlah rambut agar tidak menghalangi saat menggunakan sabun pepaya
  • bersihkanlah kotoran dan sisa make up dengan pembersih wajah dan kapas
  • gosok-gosokan sabun pepaya ke seluruh kulit wajah sambil dipijat perlahan
  • biarkan enzim papain menyerap selama sekitar 5 menit
  • bilas wajah sampah bersih
  • keringkan dengan menggunakan handuk bersih
  • gunakan pelembap wajah atau krim malam bila