Terbit: 26 April 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Banyak orang menganggap kegiatan memotong kuku bukanlah aktivitas penting, sehingga banyak orang memiliki kuku panjang untuk waktu yang lama. Padahal, menjaga kebersihan tangan dengan rajin memotong kuku dapat mencegah penyebaran infeksi. Selain mencegah penyebaran infeksi, berikut adalah manfaat memotong kuku lainnya yang harus Anda tahu.

8 Manfaat Potong Kuku (No. 5 Jarang Diketahui)

Manfaat Memotong Kuku bagi Kesehatan

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat memotong kuku, perlu Anda ketahui bahwa tujuan memotong kuku pada dasarnya adalah mencegah penyebaran infeksi bakteri pada kuku tangan atau kuku kaki.

Kuku yang lebih panjang dapat menampung lebih banyak kotoran dan bakteri daripada kuku pendek, sehingga berkontribusi terhadap penyebaran infeksi. Sebelum memotong kuku, pastikan semua peralatan yang Anda gunakan sudah dibersihkan.

Manfaat memotong kuku yang utama adalah menjaga kebersihannya. Meskipun tidak secantik penampilan kuku panjang, kuku yang pendek lebih bersih dan tidak bisa menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri.

Berikut adalah beberapa manfaat memotong kuku lainnya yang harus Anda tahu, di antaranya:

1. Mencegah terjadinya infeksi bakteri

Memiliki kuku panjang berisiko membuat kotoran menumpuk di dalamnya, terutama Anda sering melakukan aktivitas di tanah. Selain itu, ketika Anda mengenakan sepatu, kaki Anda mengeluarkan keringat. Ketika Anda tidak memotong kuku, bakteri dan kuman dapat mulai tumbuh di kuku kaki dan bisa menyebabkan infeksi bakteri.

2. Mencegah infeksi jamur

Selain mencegah infeksi bakteri, manfaat memotong kuku lainnya adalah mencegah terjadinya infeksi jamur. Kondisi ini umum terjadi pada kaki atlet dan biasanya terjadi di antara jari kaki.

Salah satu faktor risiko yang berkontribusi terhadap kondisi ini adalah kuku yang panjang. Jamur suka bersembunyi di bagian tubuh yang kotor. Kotoran yang terakumulasi di kuku–sama halnya dengan bakteri dan kuman–adalah sebuah kondisi yang mendukung perkembangan jamur.

3. Mencegah keracunan

Manfaat memotong kuku yang satu ini adalah yang terpenting karena dapat mencegah keracunan, terutama bagi Anda yang gemar menggunakan tangan untuk makan. Kuku panjang memungkinkan bakteri dan organisme menular lainnya masuk ke dalam tubuh.

4. Mengurangi cedera

Selain bisa melukai diri sendiri, memiliki kuku panjang berisiko melukai diri sendiri. Bahkan, memiliki kuku panjang bisa menyebabkan cedera serius seperti ketika secara tidak sengaja mengenai mata Anda (atau mata orang lain).

5. Mencegah pertumbuhan kuku ke dalam

Apabila Anda tidak rutin untuk potong kuku secara teratur, kuku dapat tumbuh ke dalam dan biasanya terjadi pada jari kaki. Kondisi ini bisa terjadi apabila tepi kuku tumbuh ke kulit sebelahnya. Jika Anda mengalami hal ini, penanganan medis harus segera dilakukan.

6. Mencegah penebalan kulit di sekitar jari

Infeksi pada kuku sering ditandai dengan pembengkakan kulit dan rasa sakit di daerah sekitarnya, hingga munculnya penebalan kuku. Pada beberapa kasus, infeksi yang disebabkan karena jarang potong kuku ini mungkin serius dan perlu dirawat oleh dokter.

7. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Seperti manfaat memotong kuku untuk mencegah keracunan, manfaat potong kuku yang satu ini juga berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Kuku yang panjang menjadi tempat yang nyaman bagi kuman untuk berkembang. Pastikan kuku Anda selalu dalam keadaan pendek agar sistem pencernaan Anda tetap terjaga kesehatannya.

8. Menandakan kebersihan diri yang baik

Terlepas dari manfaat potong kuku yang berguna bagi kesehatan, pada dasarnya manfaat potong kuku lainnya adalah menandakan bahwa Anda menjaga kebersihan tubuh dengan baik. Terjaganya kebersihan tubuh otomatis dapat menyingkirikan bakteri dan mikroba infeksius lainnya.

Cara Merawat Kuku Agar Tetap Sehat

Setelah Anda mengetahu manfaat memotong kuku, hal penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah cuci bersih kuku setelah Anda potong kuku. Akan lebih baik jika Anda mengoleskan losion di sekitar kuku. Lembapkan area kuku dan kutikula dengan pelembap khusus menggunakan petroleum jelly.

Selain itu, hindari juga menggunakan cairan penghilang cat kuku dua kali dalam sebulan. Cairan tersebut mengandung bahan yang masuk dalam kategori keras pada kuku, terutama yang mengandung aseton, zat yang bisa membuat kuku menjadi rapuh.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kuku, di antaranya:

1. Jangan terlalu sering ke salon

Bagi Anda yang ingin selalu memiliki kuku dengan tampilan yang cantik, salah satu cara umum dilakukan adalah berkunjung ke salon. Padahal, semakin sering Anda ke salon, semakin sering juga kuku terpapar bahan-bahan kimia yang berisiko membuat kuku menjadi rapuh.

Selain lebih praktis, hasil perawatan kuku di salon memang terlihat lebih bagus daripada merawat sendiri di rumah. Akan tetapi tahukah Anda, terlalu sering melakukan perawatan kuku di salon juga tidak baik untuk kesehatan kuku. Cara merawat kuku paling aman adalah melakukannya sendiri di rumah.

2. Menjaga kelembapan kutikula

Ketika melakukan perawatan kuku di rumah, jangan lupa untuk merawat bagian kutikula dengan memberikan pelembap. Namun, hal penting yang harus diketahui adalah jangan mengupas kutikula karena akan meningkatkan risiko infeksi.

Hati-hati dalam membersihkan kuku bagian dalam karena berisiko menimbulkan infeksi, terutama dengan alat-alat yang tajam. Bakteri dan jamur dapat masuk melalui celah antara kuku dan bantalan kuku, yang pada akhirnya menyebabkan infeksi.

3. Menggunakan bahan-bahan alami

Mendapatkan kuku dengan tampilan cantik tidak harus dilakukan di salon. Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah menggunakan cara-cara tradisional. Misalnya dengan merendam kuku di air garam hangat.

Selain itu, tea tree oil juga dapat Anda gunakan menjadi bahan alami untuk merawat. Minyak ini dipercaya dapat mencegah dan mengobati jamur kuku. Campur beberapa tetes tea tree oil dengan minyak kelapa, kemudian oleskan pada kuku.

4. Perawatan dari dalam

Kuku cantik sekaligus sehat tidak hanya dilakukan dengan perawatan dari luar, namun juga perawatan dari dalam. Salah satu caranya adalah konsumsi vitamin yang mengandung biotin.

Dikenal sebagai salah satu vitamin B kompleks, biotin dapat membuat kuku tidak mudah patah dan menjadi lebih tebal. Sedangkan makanan yang mengandung biotin adalah telur, susu, ayam, salmon, gandum, bayam dan ubi.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi