Terbit: 20 Desember 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Budaya Kpop semakin mendunia. Kini, semakin banyak anak muda di Indonesia yang menggemari berbagai budaya dari Korea Selatan, termasuk makanannya. Salah satu makanan khas dari Negeri Ginseng yang memiliki rasa yang unik adalah kimchi. Tak disangka, makanan dengan rasa khas asam ini ternyata tinggi manfaat kesehatan, lho.

8 Manfaat yang Bisa Didapatkan Jika Rutin Makan Kimchi

Manfaat Rutin Makan Kimchi

Kimchi dibuat dari sayuran kubis yang telah difermentasi. Tak harus diimpor, kita bisa membuatnya sendiri di Indonesia. Jika rutin mengonsumsinya, maka kita akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan.

Berikut adalah manfaat-manfaat kesehatan tersebut.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Bahan utama dari kimchi adalah sayuran. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika sayuran adalah makanan yang baik bagi kesehatan pencernaan. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat di dalamnya yang tinggi.

Selain itu, di dalam kimchi juga ada kandungan lain yang baik bagi kesehatan perut, yakni probiotik. Kandungan ini dikenal sebagai bakteri baik yang akan membuat fungsi pencernaan dan kesehatan organ-organ dalam semakin meningkat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

  1. Membuat Sistem Kekebalan Tubuh Semakin Kuat

Semakin sehat kondisi pencernaan kita, semakin kuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan probiotik di dalam kimchi yang bisa membuat sistem imun tubuh kita berfungsi dengan jauh lebih baik.

Selain itu, di dalam kimchi juga terdapat kandungan antioksidan seperti fenol atau flavonoid yang bisa memberikan perlindungan bagi tubuh dari paparan radikal bebas dan kerusakan oksidatif dari berbagai hal yang kita temukan setiap hari.

  1. Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Sebuah penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang rutin makan kimchi ternyata memiliki kecenderungan memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang jarang atau tidak pernah mengonsumsinya. Hal ini diduga disebabkan oleh adanya kandungan allicin dan selenium di dalam makanan ini. Sebagai informasi, kandungan ini bisa ditemukan di dalam bawang putih, salah satu bahan lainnya yang bisa ditemukan di dalam kimchi.

Selenium bisa melindungi dinding pembuluh darah arteri dari menumpuknya plak penyebab masalah aterosklerosis. Hal ini juga menurunkan risiko terkena kolesterol tinggi.

  1. Baik bagi Kesehatan Jantung

Mengingat kimchi bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, rutin mengonsumsinya tentu bisa memberikan manfaat bagi kesehatan jantung. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan tinggi di dalamnya yang bisa menjaga kondisi jantung dan pembuluh darah sekaligus menurunkan risiko terkena masalah kardiovaskular.

  1. Baik bagi Kesehatan Otak

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam otak juga bisa membantu menyehatkan otak dan membuat fungsinya semakin meningkat. Kita pun akan lebih baik dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Rutin makan kimchi bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan serat dan bakteri sehat berjenis lactobasilus yang bisa membuat fungsi pencernaan meningkat, mengendalikan nafsu makan, dan menjaga kadar gula darah. Hal ini tentu akan membuat kita tidak mudah lapar atau tertarik mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

  1. Mencegah Datangnya Kanker

Di dalam kimchi terdapat kandungan antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang sangat tinggi. Berbagai kandungan ini mampu melawan paparan buruk radikal bebas dan berbagai macam penyebab kanker. Bahkan, bagi mereka yang sudah terkena kanker, rutin mengonsumsinya disebut-sebut bisa membantu proses perawatan penyakit ini.

  1. Baik bagi Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A di dalam kimchi sangatlah tinggi. Hal ini berarti, rutin mengonsumsinya bisa membantu menjaga kondisi penglihatan agar tetap prima.

 

Sumber:

  1. Miller, Korin. 2019. 7 Health Benefits of Kimchi, According To Nutritionists. womenshealthmag.com/food/a29892608/health-benefits-of-kimchi/ (Diakses pada 20 Desember 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi