Terbit: 4 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Banyak orang yang sudah mengetahui akan berbagai manfaat rumput laut bagi tubuh. Tidak hanya untuk kecantikan, manfaat rumput laut juga bisa untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan zat gizi di dalam rumput laut. Apa sajakah kandungan zat gizi yang ada di dalam rumput laut?

Manfaat Rumput Laut bagi Ibu Hamil, Apa Saja?

Baca terus untuk mengetahui lebih jauh tentang kandungan gizi rumput laut, jenis-jenis rumput laut, informasi keamanan rumput laut bagi ibu hamil, dan manfaat rumput laut bagi ibu hamil.

Kandungan zat gizi rumput laut

Rumput laut adalah tanaman laut yang kaya akan zat gizi. Zat-zat gizi yang dikandung oleh rumput laut merupakan zat gizi penting bagi tubuh. Pada rumput laut baik yang kering maupun yang basah mengandung berbagai zat gizi yaitu :

  • Polisakarida
  • Protein tinggi
  • Vitamin A dan Vitamin B yang tinggi
  • Vitamin C
  • Mineral tinggi: zat besi, kalsium, yodium, dan magnesium
  • Yodium
  • Serat
  • EPA
  • Asam lenoleat alfa

Jenis-jenis rumput laut

Rumput laut yang dapat dijadikan sebagai makanan sehat ibu hamil hadir dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna. Rumput laut dapat ditemukan dalam dua bentuk dasar yaitu bentuk kering dan mentah.

Rumput laut juga terlihat dalam beberapa warna yaitu kehijauan, kecoklatan, dan kehitam-hitaman. Berikut ini adalah contoh dari beberapa jenis rumput laut yang bisa dimakan, di antaranya Kelp, Kombu, Wakame, Arame, Dulse, Nori, Irish Moss, dan Alaria Esculenta.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Amankah ibu hamil mengonsumsi rumput laut?

Sebagian besar varietas rumput laut yang dapat dimakan dianggap aman dikonsumsi ibu hamil. Akan tetapi, Anda perlu tahu bahwa tingginya kandungan konsentrasi yodium pada rumput laut bisa menjadi berbahaya bagi ibu hamil apabila mengonsumsi rumput laut dalam jumlah yang berlebih.

Baca juga: Kenali Manfaat Baik Rumput Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat rumput laut bagi ibu hamil

Dalam beberapa tahun terakhir, manfaat rumput laut telah dikenal meluas oleh masyarakat tak terkecuali di kalangan ibu hamil. Rumput laut pun bisa menjadi salah satu makanan sehat ibu hamil. Manfaat rumput laut begitu banyak bagi ibu hamil dan janin selama masih dalam batas aman konsumsi.

Berikut ini adalah manfaat rumput laut bagi ibu hamil :

1. Mendukung perkembangan janin dan kesehatan ibu hamil

Rumput laut dapat memberikan nutrisi tingkat tinggi yang penting untuk perkembangan janin dan kesehatan ibu.

2. Sebagai antioksidan

Manfaat rumput laut juga bisa sebagai sumber antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk melindungi tubuh terhadap berbagai macam penyakit, terutama radang sendi, penyakit celiac, obesitas, asma dan bahkan depresi.

3. Mendukung produksi hemoglobin selama kehamilan

Rumput laut mengandung Vitamin C yang berfungsi untuk menyerap dan menggunakan lebih banyak zat besi di dalam tubuh. Apabila zat besi lebih banyak diserap tubuh maka produksi hemoglobin pun juga lebih banyak. Perlu diingat bahwa hemoglobin bermanfaat untuk mendukung kehamilan.

4. Membantu perkembangan otak janin

Rumput laut menyediakan sumber asam lemak omega-3 yang sehat dan aman bagi wanita hamil. Jadi, ibu hamil yang tidak bisa mengonsumsi ikan bisa menjadikan rumput laut sebagai alternatif untuk asupan omega-3. Asam lemak omega-3 ini bisa membantu dalam perkembangan otak janin.

5. Mencegah risiko kanker payudara

Beberapa penelitian menemukan bahwa rumput laut bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan organ seksual secara normal sehingga hal ini bisa mengurangi risiko kanker payudara.

Baca juga: Khasiat Rumput Laut Untuk Mencegah Dan Mengobati Kanker Payudara

 

6. Mengobati sembelit pada ibu hamil

Kandungan serat yang tinggi pada rumput laut menjadikan rumput laut sebagai makanan sehat ibu hamil. Hal ini dikarenakan rumput laut bisa membantu mengobati sembelit dan meningkatkan kemampuan pencernaan.

7. Menstabilkan gula darah

Makanan sehat ibu hamil haruslah bermanfaat untuk menstabilkan gula darah selama kehamilan. Gula darah yang stabil sangat penting bagi ibu hamil dan janin. Dan manfaat ini dimiliki oleh rumput laut karena kandungan polisakarida.

8. Mencegah banyak penyakit

Kandungan polisakarida pada rumput laut ternyata juga bermanfaat untuk mencegah beberapa penyakit pada ibu hamil seperti penyakit degeneratif tipe II, penyakit kardiovaskular, dan juga bisa memperbaiki fungsi hati.

9. Memperbaiki tiroid

Rumput laut dikenal akan kandungan yodiumnya. Kadar yodium ini bisa membahayakan dalam kadar yang tinggi. Akan tetapi, tingkat yodium dalam rumput laut coklat bisa membantu untuk memperbaiki aktivitas tiroid yang sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi