7 Manfaat Rumput Fatimah dan Efek Sampingnya

bahaya-rumput-fatimah-doktersehat

DokterSehat.Com – Rumput fatimah telah lama digunakan oleh banyak orang terutama dari kalangan wanita. Pasalnya, ada beberapa manfaat rumput fatimah yang sangat terkait dengan urusan kewanitaan. Tidak sedikit orang yang masih ragu menggunakannya karena khawatir bahaya rumput fatimah.

Baca terus untuk mengetahui lebih jauh mengenai rumput fatimah. Ketahui apa saja manfaat rumput fatimah. Temukan pula jawaban apakah rumput fatimah berbahaya? Jika ya, apa saja bahaya rumput fatimah? Simak selengkapnya melalui penjelasan di bawah ini.

Apa itu rumput fatimah?

Rumput fatimah adalah sebuah tanaman dari keluarga primulaceae dan marga labisia. Tanaman rumput fatimah memiliki nama ilmiah Labisia pumila. Secara global, rumput fatimah juga dikenal dengan sebutan kacip fatimah.

Ada sumber yang mengatakan bila rumput fatimah berasal dari Malaysia. Rumput fatimah juga ditemukan di tanah Arab Saudi dan merupakan komoditas yang diperjualbelikan. Tak jarang, rumput fatimah dijadikan sebagai oleh-oleh dari tanah suci.

Manfaat rumput fatimah bagi para perempuan

Sesuai namanya yang diambil dari nama seorang wanita, manfaat rumput fatimah didominasi kegunaannya untuk para wanita. Ada beberapa khasiat rumput fatimah yang cukup terkenal dan menarik banyak minat para perempuan.

Ada beberapa manfaat rumput fatimah baik yang telah terbukti secara ilmiah maupun manfaat yang masih dugaan. Yuk, simak apa saja manfaat rumput fatimah yang ada!

1. Meningkatkan jumlah reseptor oksitoksin

Rumput fatimah memiliki kandungan senyawa flavonoid dan isoflavonoid. Kedua senyawa tersebut mempunyai struktur yang mirip dengan hormon steroid endogen. Kemiripan senyawa yang dimaksud adalah estradiol.

Baca Juga: Mitos Meminum Minyak Kelapa Sebelum Persalinan

Estradiol ternyata memiliki sifat aktifitas estrogenik yang mampu terikat pada reseptor estrogen alfa dan reseptor estrogen beta. Selain itu, estradiol juga mampu meningkatkan afinitas reseptor estrogen beta.

Efek tersebut membuat rumput fatimah memiliki manfaat yang cukup penting. Manfaat rumput fatimah pun bisa meningkatkan jumlah reseptor oksitoksin. Peningkatan jumlah reseptor oksitoksin yang terjadi di dalam tubuh berdampak positif pada hal lain.

2. Meningkatkan frekuensi kontraksi rahim

Sebelumnya telah disinggung bila manfaat rumput fatimah bisa meningkatkan jumlah reseptor oksitoksin. Peningkatan jumlah reseptor oksitoksin berdampak pada hormon estrogen di dalam tubuh seorang wanita.

Akibat jumlah reseptor oksitoksin yang meningkat, hormon estrogen dapat merangsang pembentukan hormon prostaglandin. Hal ini dapat meningkatkan frekuensi kontraksi rahim. Kontraksi rahim ini bisa terjadi baik pada wanita hamil maupun tidak hamil.

3. Bisa melancarkan proses persalinan?

Pengonsumsian air rendaman rumput fatimah memang telah terbukti secara ilmiah dapat meningkatkan frekuensi kontraksi rahim. Akan tetapi, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa efek frekuensi kontraksi rahim dapat melancarkan proses persalinan.

Oleh karena itu, sebaiknya manfaat rumput fatimah yang satu ini perlu disikapi dengan hati-hati. Hal ini dikarenakan manfaat tersebut belum terbukti dan malah berisiko terhadap kehamilan. Alih-alih ingin melancarkan proses persalinan, keselamatan jiwa Anda dan janin malah berada dalam bahaya.

4. Mengencangkan otot-otot vagina setelah melahirkan

Mungkin sudah tidak asing bila banyak orang yang menyarankan untuk minum air rendaman rumput fatimah ketika sudah tiba waktunya melahirkan. Air rendaman rumput fatimah biasanya diminum saat pembukaan sudah sekitar pembukaan 5.

Selain diklaim bisa memberikan manfaat ketika proses persalinan sedang berlangsung. Rumput fatimah juga dikatakan membawa manfaat setelah proses persalinan. Manfaat rumput fatimah bisa mengencangkan otot-otot vagina setelah melahirkan.

Otot-otot vagina menjadi kencang dan jalan lahir yang terbuka lebar karena melahirkan mulai mengecil. Para wanita yang sedang hamil mungkin banyak yang tertarik untuk mendapatkan manfaat yang satu ini. Akan tetapi, sebaiknya Anda berkonsultasi lebih dulu dengan ahli herbal.

5. Terapi gejala menopause

Tidak hanya untuk para wanita hamil, manfaat rumput fatimah juga bisa dirasakan oleh para wanita tua yang mulai memasuki fase manopause. Rumput fatimah telah lama digunakan dalam bentuk ramuan untuk membantu meredakan gejala menopause yang tidak nyaman pada bagian vagina dan payudara.

Baca Juga: 5 Makanan Terbaik untuk Wanita Menopause

Ekstrak rumput fatimah bisa memperbaiki saluran reproduksi wanita (saluran vagina) dan payudara. Ini disebabkan rumput fatimah mengandung estrogen yang dapat membantu perbaikan kondisi payudara dan saluran vagina tersebut.

6. Meredakan gejala nyeri

Perubahan terhadap hormon estrogen setelah mengonsumsi rumput fatimah juga membawa manfaat yang lain. Manfaat rumput fatimah yang lain adalah dapat meredakan gejala nyeri akibat peradangan yang terjadi.

Pengonsumsian air rendaman rumput fatimah atau ekstrak bubuk rumput fatimah bisa meredakan nyeri karena peradangan setelah melahirkan. Selain itu, manfaat rumput fatimah juga dapat meredakan gejala nyeri haid.

7. Meningkatkan gairah seks

Manfaat rumput fatimah juga disebutkan bisa meningkatkan libido atau gairah seks wanita. Kandungan di dalam rumput fatimah dapat merangsang peningkatan produksi hormon wanita yang mampu meningkatkan libido atau mengembalikan vitalitas seksual.

Bahaya rumput fatimah yang perlu diwaspadai

Rumput fatimah memang memiliki beberapa manfaat yang cukup mencuri perhatian dan menarik minat para wanita. Namun, informasi manfaat rumput fatimah perlu diimbangi dengan informasi mengenai efek samping atau bahaya rumput fatimah.

Apa saja bahaya rumput fatimah yang mungkin bisa terjadi?

1. Kelahiran prematur

Bahaya rumput fatimah bisa menyebabkan terjadinya kelahiran prematur. Ini bisa terjadi jika wanita mengonsumsi rumput fatimah jauh sebelum HPL (hari perkiraan lahir) bayi. Frekuensi kontraksi rahim bisa terjadi dan memicu kelahiran bayi yang belum waktunya.

Baca Juga: Atonia Uteri: Pengertian, Gejala, Risiko, Penanganan

2. Atonia uteri

Rumput fatimah yang dapat merangsang kontraksi rahim terus menerus juga dapat memicu terjadinya atonia uteri. Ada kemungkinan bagi otot rahim gagal mempertahankan kontraksi setelah melahirkan. Akibatnya pembuluh darah di area plasenta tidak dapat ditekan.

3. Pendarahan

Bahaya lanjutan dari terjadinya atonia uteri adalah pendarahan. Apabila ibu hamil yang baru saja melahirkan bayi mengalami atonia uteri setelah mengonsumsi air rendaman rumput fatimah maka besar kemungkinan bagi ibu tersebut mengalami pendarahan.

Setelah Anda mengetahui manfaat rumput fatimah dan bahayanya maka diharapkan Anda bisa memutuskan dengan bijaksana. Ada baiknya untuk melakukan konsultasi dengan ahli herbal untuk mendapatkan dosis dan waktu yang tepat mengonsumsi rumput fatimah.

 

Sumber:

  1. Neliti: Pengaruh Air Rendaman Rumput Fatimah Terhadap Frekuensi Kontraksi Otot Uterus Tikus Galur Sprague Dawley Pada Fase Estrus. Desiyani Nani. Jurnal. Purwokerto: Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. https://media.neliti.com/media/publications/105870-ID-pengaruh-air-rendaman-rumput-fatimah-ana.pdf [diakses pada 28 Desember 2018]
  2. Drugs: Kacip Fatimah. https://www.drugs.com/npp/kacip-fatimah.html [diakses pada 28 Desember 2018]