Yuk Sarapan dengan Roti Bakar dan Rasakan Manfaatnya

manfaat-roti-bakar-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Apakah Anda termasuk orang yang gemar mengonsumsi roti saat sarapan di pagi hari? Roti tawar memang kerap dijadikan sebagai menu sarapan sebelum memulai aktivitas. Roti tawar bisa dikonsumsi secara langsung maupun di olah terlebih dahulu. Jika dikonsumsi secara langsung, Anda hanya perlu mengolekan mentega, cokelat, atau selai untuk menambah cita rasa manis pada roti. Namun, jika Anda ingin mengolahnya terlebih dahulu, Anda bisa memanggangnya atau membakarnya.

Roti bakar memang memiliki cita rasa yang lebih lezat dibanding dikonsumsi secara langsung. Maka tak heran, jika banyak yang menyukai roti bakar. Tahukah Anda, bahwa roti bakar ternyata memiliki manfaat baik bagi kesehatan? Sebuah studi yang dilakukan di India menemukan fakta bahwa ada beberapa manfaat baik yang bisa didapatkan saat mengonsumsi roti bakar. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

1. Mengatasi Diare

Diare atau buang air besar secara berkali-kali merupakan gangguan kesehatan yang dialami oleh banyak orang. Diare akan membuat tubuh menjadi lemas karena kekurangan cairan dan makanan di dalam tubuh. Untuk mengatasi diare, biasanya Anda akan minum campuran air putih dengan gula dan garam. Akan tetapi, Anda juga bisa melakukan cara lain yakni dengan mengonsumsi roti bakar. Cukup lezat, bukan? Sebab, roti bakar merupakan kudapan yang dianjurkan bagi penderita diare. Hal ini dikarenakan roti bakar lebih mudah dicerna dan juga lembut sehingga membuat lambung tidak perlu bekerja keras untuk menyerapnya.

2. Mengatasi Mual

Roti bakar cocok dikonsumsi sebagai menu sarapan bagi Anda yang sedang hamil muda dan sering mengalami morning sickness atau mual di pagi hari. Umumnya, saat mual Anda disarankan untuk makan dalam porsi yang kecil tapi sering. Sehingga, roti bakar merupakan pilihan terbaik sebagai makanan yang mengandung karbohidrat dan rendah lemak untuk dikonsumsi dan mengatasi rasa mual Anda di pagi hari.

3. Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang ingin memiliki bentuk tubuh ideal, terutama kaum wanita. Sehingga, mereka akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan tubuh ideal, seperti olaraga dan diet, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung sedikit kalori. Roti bakar bisa Anda konsumsi selama proses penurunan berat badan karena ternyata roti yang dibakar dapat menurunkan jumlah lemak di dalamnya. Sehingga, dapat membuat perbedaan yang berarti pada berat badan Anda jika dikonsumsi setiap hari.