Terbit: 9 Juli 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Banyak orang tua tidak menyadari bahwa terdapat berbagai manfaat berenang untuk bayi. Ketidaktahuan manfaat ini karena pada umumnya orang tua sudah memiliki kekhawatiran tentang aktivitas berenang. Pada dasarnya, bayi memiliki kemampuan alami untuk berenang, sehingga orang tua tidak perlu khawatir secara berlebihan. Simak penjelasan selengkapnya mengenai manfaat bayi berenang di bawah ini.

11 Manfaat Berenang untuk Bayi, Meningkatkan Fungsi Motorik hingga Kognitif

Manfaat Berenang untuk Bayi yang Harus Diketahui Orang Tua

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat bayi berenang, tahukah Anda bahwa bayi memiliki kemampuan alami untuk berenang? Hal ini terlihat dari refleks bayi ketika di dalam air: refleks berenang dan refleks menyelam. Refleks berenang terlihat saat bayi menggerakkan tangan dan kaki ketika perutnya menghadap ke bawah, sedangkan refleks menyelam terlihat saat bayi menahan napas dan membuka mata saat berada di bawah air.

Berikut adalah berbagai manfaat berenang untuk bayi, di antaranya:

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Gerakan lintas-pola bilateral yang menggunakan kedua sisi tubuh untuk melakukan suatu tindakan membantu otak bayi untuk tumbuh. Gerakan ini membangun neuron di seluruh otak, terutama di corpus callosum, bagian yang menghubungkan sisi kanan dan kiri otak. Pada akhirnya, manfaat berenang untuk bayi ini dapat meningkatkan:

  • Kemampuan membaca
  • Perkembangan bahasa
  • Kemampuan akademik
  • Kesadaran spasial

2. Mengurangi Risiko Tenggelam

Manfaat berenang untuk bayi berikutnya adalah mengurangi risiko tenggelam saat anak usia di atas 4 tahun. Meski begitu, klaim ini belum didukung oleh bukti yang cukup kuat. Penting untuk dicatat bahwa berenang saat bayi tidak mengurangi risiko tenggelam pada anak di bawah 1 tahun.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Sebuah penelitian mengungkapkan, manfaat berenang untuk bayi dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemandirian dibanding anak lain yang tidak berenang. Studi lainnya mengungkapkan, aktivitas berenang di usia prasekolah telah dikaitkan dengan;

  • Kemampuan mengontrol diri yang lebih baik
  • Memiliki keinginan yang kuat
  • Kemampuan sosial yang baik
  • Menghargai diri sendiri lebih baik

4. Meningkatkan Kedekatan dengan Orang Tua

Aktivitas berenang yang melibatkan orang tua di dalam air dapat meningkatkan ikatan dengan anak. Selama berenang, orang tua dan anak akan fokus satu sama lain, di mana hal ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan anak.

Menikmati pengalaman bersama anak dengan intens adalah sesuatu yang jarang terjadi di dunia yang sibuk dan serba cepat ini.

5. Membangun Otot

Bayi perlu mengembangkan otot yang diperlukan untuk mengangkat kepala, menggerakkan tangan dan kaki, serta melatih koordinasi dengan seluruh tubuh. Selain meningkatkan kekuatan dan kemampuan otot, manfaat bayi berenang juga baik untuk persendian bayi, memperkuat jantung, paru-paru, otak, dan pembuluh darahnya.

6. Meningkatkan Koordinasi dan Keseimbangan

Seiring dengan pembentukan otot, manfaat berenang untuk bayi juga dapat meningkatkan koordinasi dan keseimbangan. Bagi bayi, menggerakkan tangan dan kaki bersama-sama bukanlah perkara yang mudah. Gerakan kecil yang terkoordinasi adalah perkembangan bayi yang menakjubkan.

7. Memperbaiki Pola Tidur

Gerakan lintas-pola bilateral akan menyita banyak energi bayi. Saat berada di lingkungan yang baru bayi akan menggunakan seluruh anggota tubuhnya dengan cara yang benar-benar baru. Selain itu, bayi juga akan bekerja ekstra keras untuk menjaga tubuhnya tetap hangat.

Semua aktivitas ekstra itu menghabiskan banyak energi yang membuat si kecil lebih mengantuk setelah berenang. Jika Anda ingin menjadwalkan anak untuk tidur siang, maka anak harus berenang sebelum waktu tersebut.

8. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat berenang untuk bayi berikut ini juga terjadi pada orang dewasa yaitu munculnya perasaan lapar usai berenang. Semua aktivitas fisik di dalam air, serta energi yang dibutuhkan tubuh tetap hangat dapat membakar banyak kalori. Anda akan melihat peningkatan nafsu makan bayi jika aktivitas ini rutin dilakukan.

9. Meningkatkan Keterampilan Motorik

Bayi menyukai gerakan yang berulang-ulang, di mana gerakan ini memberikan stimulasi yang fantastis untuk sistem vestibular, sebuah sistem yang memungkinkan bayi untuk merasakan gerakan dan keseimbangan. Saat sistem ini sudah matang, hal itu membantu menjaga kepala tetap tegak, berdiri, menjaga keseimbangan, dan akhirnya berjalan.

Mengejar mainan yang cerah dan penuh warna di kolam renang, kemudian menggenggamnya untuk mendekatkannya ke mulut adalah latihan yang bagus untuk meningkatkan koordinasi mata dan tangan. Gerakan lintas lateral ini mengajarkan kedua sisi otak untuk bekerja sama, tidak hanya membantu mengoordinasikan gerakan fisik tetapi juga memperkuat jalur saraf antara kedua sisi otak.

10. Membuat Bayi Berjalan Lebih Cepat

Manfaat berenang untuk bayi tidak hanya terkait keterampilan motorik, tetapi juga kesehatannya secara keseluruhan karena berenang membuat bayi lebih bugar dan lebih kuat. Bahkan, kemampuannya untuk merangkak dan berjalan jauh lebih cepat dibanding anak-anak lainnya yang tidak berenang.

11. Berkembangnya Kemampuan Emosional

Ketika anak belajar cara bermanuver di air dengan caranya sendiri, kemandirian dan rasa percaya dirinya akan tumbuh. Keyakinan dan harga diri yang terlibat dalam aktivitas berenang dapat berguna bagi aspek lain dari kehidupannya.

Bagi seorang balita, sensasi menggenggam sesuatu yang baru atau mencapai sesuatu yang telah mereka upayakan, akan terlihat jelas di senyum lebarnya dan mungkin juga memberinya kepercayaan diri untuk mencoba yang hal-hal yang baru lainnya.

Nah, itulah berbagai manfaat berenang untuk bayi yang sayang untuk dilewatkan. Penting untuk diketahui, untuk anak yang berusia di bawah 4 tahun, pengawasan dari orang tua harus dilakukan dari jari jarak dekat. Selama Anda memberi perhatian penuh padanya, berenang adalah aktivitas yang sangat aman. Selain itu, bayi juga dapat dengan mudah kedinginan, sehingga mempertimbangkan suhu kolam adalah sesuatu yang penting.

 

  1. Boyle, Caitlin. 2019. 8 Benefits of Infant Swim Time. https://www.healthline.com/health/parenting/infant-swimming#TOC_TITLE_HDR_1. (Diakses pada 9 Juli 2020).
  2. Read-Dominguez, Jennifer. The Benefits of Swimming With Your Baby. https://www.baby-magazine.co.uk/benefits-swimming-with-baby/. (Diakses pada 9 Juli 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi