13 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan (Pria Wajib Baca)

manfaat-rambutan-doktersehat

DokterSehat.Com – Siapa tak kenal dengan buah yang satu ini? Disebut sebagai ´superfood’, manfaat rambutan tidak hanya terletak pada daging buahnya, melainkan juga kulit, daun, hingga bijinya sekalipun. Sejumlah zat bergizi terkandung di dalam buah tropis khas Asia Tenggara ini sehingga mengonsumsinya secara rutin merupakan langkah yang tepat jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat.

13 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan Tubuh

Kendati buah ini memiliki rasa manis nan pekat dan kandungan getah yang berpotensi menimbulkan radang tenggorokan, namun hal tersebut tertutupi oleh melimpahnya khasiat rambutan yang memiliki nama latin Nephelium lappaceum ini. Ini beberapa manfaat rambutan untuk kesehatan tubuh:

1. Mencegah Penyakit Jantung

Sebagaimana telah disebutkan di atas, rambutan memiliki kandungan vitamin C yang sangat banyak, yakni mencapai 40 persen untuk setiap 100 gram-nya. Persentase ini setidaknya telah memenuhi 66% dari angka kebutuhan gizi harian yang disarankan.

Namun, ada hal menarik lainnya terkait kandungan vitamin C pada buah rambutan tersebut. Ternyata, vitamin C ini menghasilkan manfaat rambutan untuk jantung. Ya, penyakit jantung memang menjadi momok menakutkan bagi setiap orang, khususnya mereka yang sudah berusia 30 tahun ke atas, oleh karena serangan jantung ini acap kali datang secara tiba-tiba.

Penyakit jantung utamanya disebabkan oleh dinding pembuluh darah yang mengalami kerusakan. Nah, disinilah vitamin C dalam rambutan berperan untuk memperbaiki dinding pembuluh darah yang mengalami kerusakan tersebut sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung.

2. Membersihkan dan Menjaga Fungsi Ginjal

Manfaat rambutan juga bisa dirasakan oleh Anda yang mengalami gangguan fungsi ginjal, atau ingin mencegah penyakit ginjal menyerang tubuh. Sebagai organ tempat terjadinya proses detoksifikasi, ginjal harus selalu berada dalam kondisi prima, atau racun-racun dalam tubuh akan menyebar dengan mudahnya dan bisa mengganggu jaringan tubuh lainnya.

Buah rambutan memiliki kandungan fosfor, di mana zat fosfor ini berfungsi untuk menyaring racun yang dihasilkan oleh tubuh tersebut. Selain itu, kandungan mineral pada rambutan berfungsi untuk menjaga agar ginjal dapat bekerja dengan baik.

3. Mengobati Morning Sickness Khusus Ibu Hamil

Morning sickness adalah gejala awam yang dialami oleh para ibu hamil berupa rasa pusing mual, dan lemas. Mengonsumsi rambutan bisa menjadi salah satu solusi untuk meredakan gejala morning sickness tersebut.

Ya, ini dia manfaat rambutan untuk ibu hamil. Kandungan zat besi yang terdapat di dalam buah rambutan ditengarai mampu mengatasi rasa pusing, mual, dan letih yang acap kali dialami para bumil, terutama pada pagi hari. Zat besi juga berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

4. Membentuk dan Menguatkan Tulang

Jika berbicara mengenai cara menguatkan tulang, maka biasanya kita akan mengonsumsi susu. Padahal, makan buah rambutan pun juga dapat membantu kita untuk membentuk dan menguatkan tulang-tulang, lho. Hal ini karena daging rambutan memiliki kandungan zat fosfor yang mana zat tersebut memang sangat baik untuk tulang. Jadi selain susu, Anda yang ingin memiliki tulang kuat juga bisa menambahkan rambutan ke dalam menu sehat.

5. Mengatasi Hipertensi

Anda mengidap penyakit hipertensi atau darah tinggi? Maka buah rambutan juga bisa jadi salah satu solusi untuk mengatasi gangguan kesehatan ini. Manfaat rambutan untuk darah tinggi ini dihasilkan oleh adanya kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah dengan kulit berambut tersebut.

6. Penambah Energi

Anda merasa akhir-akhir ini kurang berenergi? Jika ya, mengonsumsi suplemen dan buah-buahan adalah cara meningkatkan energi tubuh yang ideal. Rambutan menjadi pilihan buah yang cocok untuk hal ini oleh karena buah tersebut mengandung karbohidrat dan protein yang memang berfungsi untuk menghasilkan energi bagi tubuh.

7. Meningkatkan Metabolisme

Selain vitamin C, kandungan buah rambutan juga mencakup vitamin B. Adanya vitamin B ini baik sekali untuk meningkatkan metabolisme tubuh sehingga Anda dapat beraktivitas dengan semangat dan penuh tenaga.

8. Bisa Turunkan Berat Badan

Buah rambutan juga terbukti bisa menurunkan berat badan. Hal ini karena adanya kandungan serat di dalamnya. Kandungan serat tersebut berfungsi membasmi lemak dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi rambutan juga akan membuat Anda merasakan kenyang yang lebih lama oleh karena banyaknya kandungan air yang masuk ke dalam tubuh. Manfaat rambutan untuk diet ini tentu saja menjadi kabar baik bagi Anda yang kini tengah berjuang menurunkan berat badan, bukan?

9.  Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C pada buah rambutan juga menjadikan buah ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Manfaat rambutan untuk kulit yang dihasilkan dari kandungan vitamin C adalah menjaga kelembapan kulit dan meningkatkan kolagen.

Tak hanya itu, biji rambutan juga suka digunakan sebagai bahan untuk masker kulit oleh karena memiliki kandungan yang bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit muka, meskipun hal ini belum bisa dibuktikan secara kuat.

10. Mencegah Kanker

Siapa sangka, buah sekecil rambutan ternyata juga bisa jadi obat ampuh untuk mencegah penyakit kanker. Rambutan diklaim memiliki zat anti kanker yang bisa menghalau pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

11. Mengatasi Sembelit

Buah rambutan juga bisa jadi obat ampuh untuk mengatasi sembelit. Kandungan seratnya tentu akan sangat membantu guna melancarkan gerakan peristaltik yang berkaitan dengan proses pencernaan.

12. Mencegah Diabetes

Tak hanya daging buahnya, kulit rambutan juga diklaim memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, kali ini berkaitan dengan penyakit diabetes. Sebuah studi di Tiongkok berhasil membuktikan kalau kandungan fenolik pada kulit rambutan mampu menurunkan kadar glukosa darah yang menjadi penyebab utama munculnya diabetes.

13. Meningkatkan Kualitas Sperma

Ini dia manfaat buah rambutan untuk kesuburan yang bisa dirasakan oleh Anda para pria. Vitamin C pada rambutan nyatanya juga dapat memengaruhi peningkatan jumlah dan kualitas sperma! Nah, Anda yang kini sedang berjuang untuk memiliki buah hati mungkin juga bisa mulai mencoba mengonsumsi rambutan guna mempercepat terjadinya kehamilan.

Kandungan Buah Rambutan

Buah rambutan memiliki kandungan zat bergizi yang banyak, rendah kalori, serta kaya akan serat sehingga sangat aman dan pastinya menyehatkan untuk tubuh. Setiap 100 gram buah rambutan diklaim mengandung 84 kalori, 28 persen zat besi, dan 40 persen vitamin C. Selain itu, kandungan rambutan juga terdiri atas karbohidrat, protein, dan lemak.

Melihat kandungan nutrisi yang sedemikian rupa, maka tak heran jika rambutan dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, mengobati penyakit, hingga meningkatkan kesuburan!

Mengambil Manfaat Rambutan untuk Tubuh yang Sehat

Sama seperti jenis buah yang lainnya, rambutan pun memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kita, dan tentunya tidak terbatas hanya pada pria, namun juga wanita. Bisa kita lihat, bahkan resiko penyakit-penyakit kronis seperti jantung dan kanker bisa dicegah dengan mengonsumsi buah satu ini. Manfaat rambutan untuk kesehatan bisa Anda rasakan dengan mengonsumsinya secara rutin. Akan tetapi, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan asupan nutrisi lainnya juga, ya. Semoga bermanfaat.