Terbit: 16 November 2020 | Diperbarui: 17 November 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Rambut jagung yang biasanya kita buang, ternyata memiliki sejumlah manfaat yang bagus untuk kesehatan! Apa saja manfaat dan cara mengonsumsinya? Yuk simak informasi selengkapnya.

11 Manfaat Rambut Jagung, Kandungan, Efek Samping, dan Cara Membuat

Kandungan Rambut Jagung

Sejumlah nutrisi dan senyawa yang terkandung dalam corn silk membuatnya sangat bermanfaat sebagai pengobatan alami untuk berbagai macam penyakit, antara lain:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Kalium
  • Magnesium
  • Natrium
  • Vitamin
  • Serat 
  • Steroid (sitosterol dan stigmasterol)
  • Alkaloid
  • Saponin
  • Tanin
  • Flavonoid

Manfaat Rambut Jagung untuk Kesehatan

Corn silk atau rambut jagung adalah serat panjang mengkilap seperti rambut pirang pada bonggol jagung. Berkat berbagai kandungan nutrisi dan senyawa dalam bahan herbal ini, membuatnya menjadi salah satu pengobatan alami untuk sejumlah penyakit hingga pencegahan penyakit.

Berikut ini sejumlah manfaat rambut jagung untuk kesehatan:

1. Bekerja sebagai Obat Diuretik

Corn silk dalam bentuk teh sudah digunakan sebagai obat diuretik alami yang ampuh selama berabad-abad. Bahan ini membantu membuang kelebihan air dan limbah dari tubuh, sehingga bisa mengurangi komplikasi yang terkait dengan retensi air.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Menurut penelitian, penggunaan diuretik membantu mengusir beberapa bahaya kesehatan seperti gagal jantung kongestif dan penyakit ginjal dalam jangka panjang.

2. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Rambut jagung bekerja sebagai obat antiinflamasi alami untuk mengatasi infeksi saluran kemih (ISK). Ini pada dasarnya melapisi lapisan saluran kemih dan menghentikan iritasi lebih lanjut.

Mengonsumsi the corn silk bisa membantu menenangkan peradangan kandung kemih dan saluran kemih. Bahan alami ini merangsang buang air kecil,dan dengan demikian mengurangi risiko penumpukan bakteri pada saluran kemih.

3. Mencegah Batu Ginjal

Menggunakan corn silk bisa mencegah pembentukan batu ginjal. Batu ginjal adalah endapan berbentuk kristal kecil yang menyebabkan rasa sakit dan gangguan kesehatan.

Penggunaan obat herbal ini dapat meningkatkan aliran urine dan mengurangi kemungkinan pembentukan sedimen pada ginjal, yang pada akhirnya menyebabkan pembentukan batu ginjal. Namun, penggunaannya hanya pencegahan dan tidak mengobati batu ginjal yang sudah terbentuk.

4. Mengontrol Gula Darah

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manfaat rambut jagung dapat menurunkan gula darah dan membantu mengelola gejala diabetes.

Satu penelitian pada hewan menunjukkan bahwa tikus dengan diabetes yang diberi flavonoid corn silk secara signifikan telah mengurangi gula darah daripada tikus tanpa mendapatkan flavonoid.

Sementara penelitian tabung reaksi juga mengungkapkan bahwa antioksidan dalam kandungan jagung ini membantu mencegah penyakit ginjal diabetik. Meski begitu, masih memerlukan penelitian lebih lanjut, terutama pada manusia.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Corn silk menjadi salah satu bahan alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi) karena membantu mengurangi kelebihan cairan dalam tubuh. Dengan demikian, ini menjadi pengobatan alternatif alami untuk diuretik berdasarkan resep, yang biasanya untuk menurunkan tekanan darah.

Terlebih lagi, penelitian pada tikus menemukan bahwa ekstrak corn silk secara signifikan bisa mengurangi tekanan darah dengan menghambat aktivitas angiotensin-converting enzyme (ACE) atau enzim pengubah angiotensin. Namun, masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Menurunkan Kolesterol

Khasiat rambut jagung juga bisa menurunkan kolesterol. Menurut penelitian Universitas Jilin, China, menunjukkan bahwa konsumsi corn silk menurunkan kolesterol pada hewan pengerat.

Tikus yang mengonsumsi ekstrak corn silk mengalami penurunan kadar low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat, bersamaan dengan peningkatan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Kolesterol dalam aliran darah menyebabkan beberapa penyakit kritis dalam jangka panjang. Untuk itu, menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap rendah adalah hal penting untuk tetap sehat dan menghindari bahaya penyakit jantung. 

Baca Juga: 9 Manfaat Jagung bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Atasi Sembelit?

7. Antiinflamasi

Inflamasi atau peradangan adalah bagian dari respons alami dari kekebalan tubuh tubuh. Namun, peradangan yang berlebihan terkait dengan berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Menurut penelitian pada hewan telah menemukan bahwa ekstrak corn silk dapat mengurangi peradangan dengan menekan aktivitas dua senyawa inflamasi utama.

Kandungan magnesium dalam serat berserabut ini juga bisa membantu mengatur respons peradangan tubuh. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan.

8. Mencegah Obesitas

Khasiat rambut jagung bisa membantu mengurangi kelebihan air dan limbah dalam tubuh, sehingga dapat membantu mencegah obesitas alias kelebihan berat badan. Obesitas adalah kondisi kronis karena kelebihan lemak dan penumpukan racun dalam tubuh, yang menyebabkan gangguan kesehatan.

Guna mendapatkan manfaatnya secara maksimal, penderita obesitas bisa meminum teh rambut jagung sebanyak dua atau tiga kali sehari.

9. Membantu Pembekuan Darah

Kandungan vitamin K pada corn silk bisa membantu dalam proses pembekuan darah. Manfaat dari bahan herbal ini memastikan seseorang tidak mengalami kehilangan darah yang berlebihan jika terjadi cedera.

Kehilangan darah adalah kondisi yang dapat menyebabkan jantung tidak mampu mengalirkan darah ke seluruh tubuh atau bahkan mengakibatkan kondisi yang fatal.

10. Sumber Vitamin C

Corn silk juga mengandung vitamin C yang sangat ideal untuk meningkatkan kekebalan tubuh, yang dapat mencegah berbagai penyakit. Imunitas juga berperan penting dalam mengatur berbagai fungsi dalam tubuh manusia.

Manfaat vitamin C juga sangat bagus untuk kesehatan kulit, mengurangi risiko anemia, mengurangi risiko kerusakan sel akibat radikal bebas, dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. 

11. Membantu Pemulihan Edema

Menurut penelitian, khasiat rambut jagung dapat membantu pemulihan edema. Edema adalah kondisi yang terjadi ketika jantung gagal berfungsi atau menjadi lemah. Dalam kondisi ini, jantung tidak mampu memompa darah yang cukup ke beberapa bagian tubuh. Hal inilah yang menyebabkan ginjal melemah dan menyimpan cairan pada lutut dan paru-paru.

Efek Samping Rambut Jagung

Meskipun efek sampingnya sangat sedikit, tetapi corn silk mungkin tidak aman bagi siapa pun yang menggunakannya. Jika pernah mengalami reaksi alergi terhadap jagung atau produk jagung, sebaiknya hindari corn silk.

Corn silk juga tidak dianjurkan jika Anda sedang menggunakan salah satu dari beberapa obat, termasuk diuretik, pengencer darah, obat untuk tekanan darah, diabetes, dan antiinflamasi.

Selain itu, sebaiknya hindari corn silk jika mengonsumsi suplemen kalium atau telah mendapatkan perawatan akibat kadar kalium yang rendah, karena bahan almi ini dapat meningkatkan ekskresi kalium.

Cara Mengolah Rambut Jagung untuk Pengobatan

Corn silk organik atau segar dapat Anda konsumsi dalam bentuk bubuk untuk membuat teh. Berikut ini cara membuatnya.

Bahan-bahan:

  • corn silk segar atau kering.
  • Air.
  • Air lemon.

Cara membuat teh rambut jagung:

  • Rebus air selama beberapa waktu.
  • Tambahkan corn silk segar atau kering saat air mulai mendidih.
  • Biarkan hingga mendidih selama beberapa menit. Kemudian akan berubah warna menjadi cokelat seperti cairan.
  • Saring air rebusan dan sajikan dalam keadaan hangat.
  • Air lemon bisa Anda tambahkan untuk meningkatkan rasa.
  • Teh yang tersisa dapat Anda simpan pada lemari pendingin selama beberapa hari.

Selain mengonsumsinya dalam bentuk teh, Anda juga bisa menggunakan secara topikal atau mengoleskan pada kulit. Teh ini bisa mengatasi masalah kulit seperti bisul, ruam, meredakan gatal, dan nyeri akibat luka pada kulit.

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. Health benefits of Corn silk. https://www.healthbenefitstimes.com/corn-silk/. (Diakses pada 16 November 2020)
  2. Hill, Ansley. 2019. What Is Corn Silk, and Does It Have Benefits?. https://www.healthline.com/nutrition/corn-silk. (Diakses pada 16 November 2020)
  3. Daiwik. 2019. 10 Amazing Benefits Of Corn Silk. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-corn-silk/. (Diakses pada 16 November 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi