Terbit: 3 April 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Adrian Setiaji

Quinoa adalah makanan yang dihasilkan tanaman berbunga dari keluarga bayam. Jenis biji-bijian ini adalah salah satu bahan makanan yang kerap dikonsumsi selama menjalani diet sehat. Ini karena kandungan seratnya yang begitu tinggi, bahkan jumlahnya melebihi biji-bijian lainnya. Simak informasi lengkap tentang quinoa itu apa hingga manfaatnya bagi kesehatan tubuh di bawah ini.

10 Manfaat Quinoa untuk Kesehatan, Bikin Langsing hingga Cegah Kanker!

Apa Itu Quinoa?

Quinoa adalah salah satu biji-bijian yang juga termasuk ke dalam jenis makanan super. Hal ini lantaran beragamnya kandungan bahan aktif yang ada di dalamnya. Tidak hanya mengandung serat dan protein yang menyehatkan, makanan ini juga dilengkapi dengan antioksidan, vitamin B, dan sejumlah mineral. Ini yang membuat sebagian orang tertarik mengonsumsinya karena manfaat quinoa sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi Quinoa

Biji-bijian yang menyehatkan ini dilengkapi dengan berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh. Dalam secangkir quinoa saja mengandung 222 kalori dan kandungan lainnya berikut ini:

  • 4 gram lemak
  • 5 gram serat
  • 8 gram protein
  • 2 miligram mangan (58% AKG/Angka Kecukupan Gizi)
  • 118 miligram magnesium (30% AKG)
  • 281 miligram fosfor (28% AKG)
  • 78 mikrogram folat (19% AKG)
  • 4 miligram tembaga (18% AKG)
  • 8 miligram zat besi (15% AKG)
  • 2 miligram tiamin (13% AKG)
  • 2 miligram zinc (13% AKG)
  • 2 miligram riboflavin (12% AKG)
  • 318 miligram potasium/kalium (9% AKG)
  • 2 miligram selenium (7% AKG)
  • 2 miligram vitamin E (6% AKG)

Manfaat Quinoa untuk Kesehatan

Sama seperti gandum, quinoa juga makanan bergizi yang bagus untuk kesehatan. Bila rutin mengonsumsinya, berikut ini yang bisa kita dapatkan dari berbagai manfaat quinoa:

1. Menurunkan Berat Badan

Quinoa adalah salah satu makanan yang dapat membantu program diet untuk menurunkan berat badan. Ini karena kandungan seratnya yang tinggi. Satu cangkir biji quinoa mengandung 2,5 gram serat larut yang menurut penelitian dapat membantu penurunan berat badan.

Biji yang berukuran kecil ini dilengkapi 20-hydroxyecdysone, salah satu hormon yang dikenal bisa membantu mengendalikan berat badan. Senyawa ini membantu membakar kalori lebih banyak dan pada akhirnya dapat mengontrol berat badan. Selain itu, hormon ini juga membantu tubuh menyerap sedikit lemak dari makanan yang dikonsumsi.

2. Mencegah Peradangan

Manfaat quinoa dapat membantu mencegah inflamasi atau peradangan. Ini karena kandungan seratnya menghasilkan butyrate, asam lemak penting untuk membunuh gen yang terkait peradangan. Begitupun vitamin B di dalamnya dapat mengurangi kadar homocysteine (hormon inflamasi) dalam tubuh. 

Hal yang lebih menarik lagi, serat dalam makanan super ini dapat melepaskan asetat yang memberi sinyal ke otak untuk berhenti makan. Logikanya sederhana, jika makan lebih sedikit, kecil kemungkinan Anda mengalami inflamasi. 

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Quinoa adalah makanan kaya akan serat yang bagus untuk pencernaan dalam penyerapan nutrisi di usus kecil, sedangkan di usus besar dapat membantu mencegah sembelit.

Vitamin B di dalamnya juga berfungsi dalam pencernaan. Salah satunya adalah thiamin yang membantu memproduksi asam klorida (asam di perut yang membantu pencernaan).

Begitupun riboflavin membantu perkembangan sel-sel yang melapisi dinding saluran pencernaan. Sementara asam amino yang terkandung di dalamnya adalah asam glutamat yang diubah menjadi glutamin dalam tubuh. Glutamin bekerja untuk menjaga kesehatan lapisan mukosa lambung.

4. Mencegah Osteoporosis

Anda berusia di atas 50 tahun? Jika ya, Anda harus benar-benar peduli dengan kesehatan tulang. Ini karena seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang akan berkurang. Salah satu masalah tulang yang kerap terjadi adalah osteoporosis. Bagaimana cara mencegahnya?

Selain minum susu atau suplemen lainnya untuk mencegah atau mengatasi osteoporosis, Anda bisa mendapatkan manfaat quinoa yang kaya akan magnesium sebagai pembentuk struktur tulang. Biji-bijian ini juga mengandung protein yang tinggi, nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk tulang.

Nutrisi lainnya yang tak kalah penting adalah kandungan 9 asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, yang juga membantu menyehatkan tulang. Tidak hanya itu lho, magnesium dan mangan di dalamnya juga memiliki manfaat yang sama.

5. Memperkuat Folikel Rambut

Berkat kandungan protein di dalamnya, manfaat quinoa dapat membantu memperkuat folikel rambut yang pada akhirnya mencegah rambut rontok. Protein terhidrolisis yang diekstraksi dari biji-bijian ini bekerja sebagai lapisan alami dan lembut yang melindungi dan memelihara folikel rambut dari dalam. Protein yang diekstrak dari biji-bijian ini juga bisa menghasilkan rambut berkualitas tinggi.

Sembilan asam amino esensial quinoa juga bertindak sebagai penguat alami, melindungi batang rambut, memperbaiki rambut yang rusak, dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

6. Membantu Mengobati Anemia

Seperti disebutkan sebelumnya, superfood ini kaya akan zat besi. Satu cangkir quinoa matang (185 gram) mengandung sekitar 3 miligram zat besi yang merupakan 15 persen dari kebutuhan harian. Tubuh yang cukup zat besi dapat membantu mencegah anemia.

Nutrisi lainnya dalam quinoa adalah riboflavin yang bisa membantu mengatasi anemia. Anemia juga dapat disebabkan karena kurangnya riboflavin atau yang juga dikenal sebagai vitamin B2.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Quinoa dilengkapi protein dan karbohidrat berkualitas tinggi dengan nilai glikemik rendah, serta asam lemak omega-3, omega-6, dan antioksidan. Kandungan tersebut dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular di masa depan dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. 

8. Mengontrol Diabetes

Manfaat quinoa dapat membantu mengendalikan diabetes dan kadar kolesterol dalam darah. Sebuah penelitian yang dilansir dalam laman Organic Fact tentang tikus yang diberi fruktosa tinggi menunjukkan bahwa konsumsi biji-bijian ini dapat membantu mengurangi efek buruk fruktosa (gula buah) pada tingkat glukosa dan profil lipid.

9. Menurunkan Kolesterol

Kandungan serat quinoa dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Ini karena serat membantu pencernaan yang membutuhkan asam empedu yang sebagian dibuat dengan kolesterol. Saat pencernaan membaik, hati mengambil kolesterol dari darah untuk membuat lebih banyak asam empedu, sehingga mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL/low-density lipoprotein).

Satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Plant Foods for Human Nutrition menemukan bahwa tikus yang telah mengonsumsi fruktosa tingkat tinggi dan kemudian diberi quinoa, hasilnya mengurangi kolesterol LDL hingga 57 persen.

10. Membantu Melawan Kanker

Manfaat quinoa selanjutnya bisa mencegah atau melawan perkembangan kanker. Menurut penelitian di Universitas Harvard, makan semangkuk setiap hari dapat mengurangi risiko kematian dini akibat kanker.

Sebuah penelitian di Polandia juga berbicara tentang khasiat makanan ini yang bisa menjadi penyelamat selama kanker. Namun ini tentang khasiat ekstrak daunnya yang memberikan efek pencegahan kanker.

Begitupun laporan lain oleh Yale Cancer Centre yang merekomendasikan untuk menambahkan makanan ini ke dalam menu harian untuk melawan kanker. Ini karena kandungannya yang kaya akan antioksidan, senyawa untuk melawan radikal bebas dan zat berbahaya lainnya sebagai penyebab kanker.

_

Itu dia berbagai manfaat dari quinoa yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda. Jika ingin mengonsumsinya secara rutin, alangkah baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang kondisi medis atau alergi yang mungkin memberikan dampak yang tidak baik bagi tubuh. Semoga bermanfaat ya, Teman Sehat!

 

  1. Nagdeve, Meenakshi. 2020. 10 Incredible Benefits Of Quinoa. https://www.organicfacts.net/health-benefits/seed-and-nut/health-benefits-of-quinoa.html. (Diakses 3 April 2020)
  2. Tadimalla, Ravi T. 2019. 15 Amazing Benefits Of Quinoa For Skin, Hair, And Health. https://www.stylecraze.com/articles/benefits-of-quinoa-for-skin-hair-and-health/#HowToIncorporateQuinoaInYourDiet. (Diakses 3 April 2020)
  3. Szalay, Jessie. 2018. Quinoa: Health Benefits & Nutrition Facts. https://www.livescience.com/50400-quinoa-nutrition-facts.html. (Diakses 3 April 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi